Masker masih menjadi barang wajib yang dikenakan dan dibawa oleh masyarakat saat bepergian ke luar rumah. Sebab virus corona belum sepenuhnya hilang di tengah tengah masyarakat. Hal tersebut dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan cara memasarkan masker bedah medis palsu. Maka dari itu, yuk kenali perbedaan surgical mask yang asli dan palsu berikut ini.

Perbedaan Surgical Mask Asli dan Palsu

1. Lakukan Tes Visual

Surgical mask umumnya dibuat lebih dari satu lapis. Itu karena masker ini dirancang untuk memberikan proteksi optimal terhadap paparan virus dan bakteri. Sehingga umumnya surgical mask memiliki minimal 3 lapis, bahkan ada pula yang menawarkan 4 lapis untuk perlindungan lebih maksimal.

Namun untuk masker yang palsu tentunya tidak benar benar menawarkan 3 sampai 4 lapis tersebut. Jadi anda bisa melakukan tes visual untuk melihat perbedaannya. Ambil saja satu masker sebagai contoh. Coba robek atau buka lapisannya, jika memang asli maka di sana anda akan menemukan 3 atau 4 lapisan yang jelas. 

2. Lakukan Uji Air

Selain melakukan tes visual, anda bisa membedakan masker bedah asli dan palsu dengan cara melakukan uji air. Yang dimaksud di sini adalah masker tersebut memiliki karakteristik yang tahan air. Sebab surgical mask dibuat bukan hanya untuk melindungi orang lain dari batuk dan bersin anda.

Melainkan memberikan perlindungan kepada anda dari batuk dan bersin orang lain. Jadi coba lakukan uji air dengan cara melipat masker sampai bagian luarnya berbentuk corong. Setelah berbentuk corong, tuangkan air ke dalam masker tersebut. Masker nantinya akan menahan air apabila itu merupakan masker yang asli.

3. Lakukan Uji Bakar

Berikutnya, anda bisa melakukan uji bakar untuk melihat perbedaan antara masker yang asli dan palsu. Sebab ketiga atau keempat lapis surgical mask tidak akan mudah terbakar. Sebab setiap filternya memang berupa masker bukan sekadar kertas tambahan semata. Jadi harusnya masker yang asli tidak terbakar ketika dilakukan uji bakar ini.

4. Perhatikan Tekstur Masker

Selain melakukan beberapa pengujian seperti pada poin pertama sampai ketiga, cara membedakan masker bedah medis yang asli dan palsu juga dapat dilakukan dengan memperhatikan teksturnya. Sebab masker yang asli biasanya berbahan material non woven spunbond, meltblown, spunbond (SMS).

Serta berbahan spunbond, meltblown, meltblown, spunbond (SMMS) dengan tiga sampai empat lapisan. Sehingga teksturnya tampak jelas dengan warna yang jelas. Sebaliknya, masker yang palsu biasanya jauh lebih buram. Selain itu, tali maskernya juga lebih gampang putus.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membedakan antara masker asli dan palsu. Supaya tidak repot melakukan pengecekan, maka sebaiknya anda membeli masker di tempat yang terpercaya seperti Olaif. Surgical mask Olaif terdiri dari 4 lapisan dan sudah terbukti asli. Menariknya, anda dapat memesan masker secara online sehingga sangat praktis.