Pengguna kendaraan di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya terutama kendaraan bermotor.  Maka dari itu menjual alat bengkel atau bahkan membuka usaha bengkel sendiri memiliki peluang yang cukup baik di Indonesia. Ada beberapa hal hal-hal lain selain skill dan juga pengetahuan yang dibutuhkan apabila kamu ingin membuka bisnis bengkel motor kamu sendiri.

Persiapan ini dibutuhkan agar kamu tidak mengalami  banyak kerugian di tahap awal kamu membuka bisnis. Tanpa berbasa-basi lagi ini dia beberapa hal yang harus kamu Siapkan untuk membuka bisnis bengkel motor kamu sendiri.

 

  1. Melakukan Survei  

Ada beberapa hal yang harus kamu riset terlebih dahulu agar kedepannya tidak terlalu memberatkan kamu dalam menjalankan usaha tersebut yaitu adalah survei tempat,  pasar,  kompetitor,  dan suppliersparepart.  Jangan terburu-buru dalam membuka usaha Adakalanya kamu perlu melakukan survei agar tindakan yang kamu ambil tepat dan kamu bisa mengeluarkan belajar secara efisien. Setelah kamu memiliki  hasil survei akan empat hal di atas,  tas baru kamu bisa mengambil langkah yang tepat seperti mencari kabel rak yang bagus dan murah,  mendapatkan supplier sparepart yang murah dan sebagainya.

 

  1. Keahlian

Untuk membuka bisnis bengkel kamu sendiri idealnya kamu harus memiliki keahlian atau pengalaman di bidang tersebut. Apabila memang kamu tidak memiliki pengalaman dan keahlian di bidang otomotif maka kamu membutuhkan orang lain yang ahli di bidangnya, selain jadi mekanik kamu juga perlu orang yang mengerti akan otomotif untuk mengontrol pengeluaran biaya dan pembelian barang agar dapat menggunakan budget dengan efisien.

 

 

  1. Lokasi

Kamu juga memerlukan lokasi yang strategis agar orang-orang mudah menemukan tempat kamu. Lokasi strategis yang bisa kamu coba di antaranya adalah Wah di sekitar kampus,  sekolahan,  dekat dengan perumahan  dan tempat ramai.  kamu juga bisa memilih lokasi yang mana banyak penduduk di daerah tersebut menggunakan kendaraan bermotor. Ada beberapa kawasan perumahan yang banyak penduduknya tidak menggunakan motor tetapi menggunakan mobil,  hal tersebut dinilai kurang strategis apabila kamu ingin membuka bengkel motor di daerah itu.

 

  1. Pemasaran

Kamu juga bisa menyiapkan konsep pemasaran terlebih dahulu sebelum kamu membuka bengkel kamu. Konsep  pemasaran meliputi desain tempat seperti ruang tunggu,  fasilitas,  kartu  member itu bisa kamu siapkan sebelum kamu membuka bengkel kamu. untuk pemasaran digital Kamu bisa menyiapkan sosial media dan website agar lebih mudah untuk dihubungi oleh calon pelanggan.

membuka bisnis bengkel sendiri Memang memiliki potensi keuntungan yang besar,  akan tetapi hal tersebut juga memiliki resiko yang cukup tinggi.  Maka dari itu Alangkah baiknya apabila kamu memiliki pengalaman yang cukup sebelum kamu membuka bisnis bengkel kamu sendiri. Jangan lupa juga untuk menyiapkan 1 nomor khusus seperti contact center untuk bengkel kamu agar memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan pelanggan.