Kini smartphone menjadi salah satu penunjang dalam aktivitas sehari-hari. Bisa dibilang perangkat ini menawarkan berbagai macam fungsi untuk pekerjaan kantoran, hiburan dan masih banyak lagi.

Namun smartphone ini sendiri memiliki banyak tipe dengan spesifikasi hardware, fitur dan harga tergantung dari kelas yang ditawarkan, baik di atas, menengah, dan bawah. Untuk kelas atas menawarkan spesifikasi hardware yang mumpuni, fitur paling menarik, dan harga paling mahal.

Smartphone kelas menengah biasanya menawarkan smartphone dengan perangkat keras dan fitur yang mendekati kisaran kelas atas, tetapi dengan harga yang terjangkau. Sementara itu, smartphone yang lebih murah akan menjadi yang paling murah, namun harganya bisa dibilang terjangkau.

Bagi kamu yang ingin membeli smartphone baru, berikut beberapa tips agar tidak salah membeli dan menyesal di kemudian hari.

1. Tentukan sistem operasi terbaik

Sistem operasi adalah salah satu yang bisa dibilang sangat penting saat memilih smartphone. Ini karena fitur dan dukungan berbeda-beda. Biasanya, versi yang lebih baru memiliki fitur yang lebih baru dan lebih menarik.

Selain itu, smartphone dengan sistem operasi terbaru lebih cepat dari yang lama. Pada 2017, sistem operasi Android dan iOS mendominasi pasar smartphone. Hampir semua provider menggunakan sistem operasi Android. Sedangkan iOS biasanya hanya cocok untuk perangkat Apple seperti iPhone, iPad dan iPod.

Smartphone dengan sistem operasi Android dipilih karena varian kelas atas hingga bawah lebih beragam. Sedangkan perangkat Apple dengan sistem operasi iOS biasanya dibeli oleh kelompok tertentu karena harganya yang mahal.

2. Merek yang dapat dipercaya

Tidak bisa dipungkiri bahwa merek merupakan salah satu jaminan kualitas dari smartphone yang dibeli. Bisa dibilang brand dengan reputasi yang baik, customer service (service center dan garansi) dan build quality menjadi tolak ukur saat membeli smartphone.

Misalnya, Samsung dan LG memiliki reputasi yang baik dan pusat layanan yang baik. Bahkan perusahaan smartphone asal China seperti OPPO, Vivo, Huawei dan Xiaomi sudah memiliki nama global untuk penjualan smartphone yang menarik.

3. Harga yang pas di kantong Anda

Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat membeli smartphone, karena smartphone dengan spesifikasi dan fitur perangkat keras yang menarik dengan harga terjangkau atau rendah menarik calon pembeli.

Setelah membandingkan spesifikasi hardware dan fitur smartphone yang akan dijual, sebaiknya Gadgeter memilih harga yang paling murah dan memasukkannya ke dalam kantong agar dengan bijak dapat menemukan yang tepat tanpa penyesalan.

4. Prosesor terbaik

Kini prosesor juga menjadi patokan saat membeli smartphone, karena sangat menentukan performa dari perangkat itu sendiri. Ada banyak prosesor melingkar yang banyak digunakan oleh smartphone, mulai dari Qualcomm Snapdragon, MediaTek, Exynos, Hi Silicon Kirin hingga Spreadtrum.

Prosesor yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Qualcomm Snapdragon karena kinerjanya yang menarik, penggunaan baterai, dan fiturnya. MediaTek kini dikenal dengan harga murah dan performa bagus. Sayangnya, GPS MediaTek sering mengalami masalah.

Prosesor Exynos sama baiknya dengan Samsung dan biasanya ditemukan di smartphone Samsung. Sedangkan Hi Silicon Kirin buatan Huawei dan bisa dibilang bagus karena dibuat oleh Huawei dan digunakan untuk smartphone Huawei.

5. Kapasitas RAM

Prosesor yang cepat dan bertenaga perlu diimbangi dengan kapasitas RAM yang banyak karena biasanya dapat menahan beban aplikasi yang berjalan di smartphone. Untuk hari ini, Anda harus membeli smartphone dengan RAM 3GB dan banyak lagi. Namun, jika bujet Anda terbatas, sebaiknya pilih RAM 2GB agar harganya lebih irit. Namun, jangan memilih smartphone dengan RAM kurang dari 2GB karena saat ini lebih terbatas untuk menjalankan aplikasi.

6. Penyimpanan internal yang besar

Untuk gadget yang ingin mengambil foto, menyimpan lagu, video atau memasang berbagai aplikasi game. Tentunya Anda perlu memilih penyimpanan yang besar karena kapasitas file dan aplikasi yang disimpan sangat besar sehingga memakan banyak ruang penyimpanan internal.

Saat ini gadget sebaiknya memilih penyimpanan internal dengan kapasitas minimal 16GB. Namun disarankan memiliki kapasitas 32GB ke atas karena smartphone akan membuat Anda merasa nyaman dan lega.

Artikel ini dipersembahkan untuk tekno farm dengan url resminya teknofarm.net, terima kasih sudah membaca artikel ini.