Beberapa garis di Waze telah berubah warna menjadi kemerahan. Bahkan di jalur mouse, kecepatan kendaraan hanya 4 km per jam. Alamat Anda terjebak dalam kemacetan panjang yang menyebabkan sakit punggung. Hanya menatap jalan atau membunyikan klakson mobil lain hanya akan membuang waktu Anda dan menambah masalah. Nyatanya, ada hal lain yang lebih bermanfaat yang bisa dilakukan: sedikit olahraga di dalam mobil.

Di Jakarta, mengemudi dalam kemacetan bisa memakan waktu berjam-jam. Anda sebenarnya bisa memanfaatkan waktu ini dengan meregangkan tubuh Anda.

Anda ingin mendapatkan info setiap waktu tentang sepatu vans atau sneaker? Silahkan bisa kunjungi tautan tersebut.

Dan itu sangat berguna untuk tubuhmu. Karena meregangkan lengan atau memelintir leher dapat membuat otot Anda tegang. Padahal, bisa membakar kalori dan menghilangkan rasa lelah. Gerakan yang berulang juga membuat aliran darah ke tubuh Anda lancar.

Nah, berikut tips meregangkan tubuh yang bisa dilakukan saat mengendarai mobil.

Latihan leher

1. Ambil posisi duduk tegak dan putar kepala Anda ke kanan. Tahan selama lima detik. Kemudian kembalikan kepala Anda ke posisi semula. Lakukan gerakan ini lima kali. Kemudian ulangi gerakan ke kiri.

2. Duduk tegak dengan mata menghadap ke depan. Kemudian miringkan kepala Anda ke kanan sehingga telinga Anda lebih dekat ke bahu Anda. Dalam posisi ini Anda akan merasakan otot-otot meregang. Tahan selama lima detik dan ulangi prosesnya lima kali. Kemudian ulangi proses ini di sebelah kiri.

3. Tetap duduk tegak, miringkan kepala ke belakang. Kemudian tahan selama lima menit. Ulangi gerakan tersebut lima kali juga.

4. Terakhir, tekuk dalam posisi duduk tegak sampai Anda merasakan regangan di bagian belakang kepala dan leher Anda. Kemudian tahan selama lima detik dan ulangi gerakan tersebut lima kali.

Fungsi dari gerakan ini adalah untuk mengendurkan otot leher, mengendurkan dan menyegarkan pikiran. Namun, pastikan untuk melakukan gerakan ini saat kendaraan terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Selain itu, waspadalah jika mobil di depan melaju lurus ke depan.

Pelatihan tubuh

Di sini, luruskan tubuh bagian atas Anda. Seperti halnya meregangkan otot leher, Anda perlu mempertahankan posisi duduk tegak. Kemudian putar tubuh ke satu arah. Tahan tombol selama lima detik dan ulangi proses ke arah lain. Anda bisa melakukan gerakan yang sama dan mengulanginya sebanyak lima kali. Ini untuk mengendurkan otot punggung yang kaku karena duduk terlalu lama.

Latihan punggung

Untuk latihan yang satu ini, sebaiknya Anda tidak hanya duduk tegak. Namun, ada beberapa posisi berbeda seperti:

1. Duduk dalam posisi rileks. Dari posisi duduk normal, gerakkan tubuh Anda ke depan secara perlahan sehingga menjauhi bagian belakang jok mobil. Tahan tombol selama lima detik dan kembalikan tubuh Anda ke posisi semula sehingga bersandar di kursi. Ulangi proses ini beberapa kali. Gerakan ini membantu meregangkan punggung, terutama jika Anda tidak bisa duduk dalam waktu lama karena sakit punggung.

2. Pada set kedua, ambil posisi duduk sambil bernapas dengan benar. Saat Anda menarik napas, kencangkan perut ke arah tulang belakang. Jaga punggung tetap lurus dan tahan napas selama lima detik. Kemudian buang napas dan biarkan perut Anda kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut lima kali. Cara ini juga membuat Anda rileks, tenang, dan tidak mudah stres.

3. Latihan punggung terakhir adalah memijat glutes Anda. Ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah, meredakan mati rasa, dan meredakan nyeri punggung bawah. Kencangkan otot bokong Anda selama lima detik dan lepaskan secara perlahan. Ulangi hingga lima kali.

Latihan lengan

Sebagai pengemudi, Anda dapat menggunakan setir sebagai alat bantu latihan lengan. Jika Anda berada di kursi penumpang, Anda dapat menggunakan dashboard atau kursi belakang di depan Anda.

Tentunya dengan latihan ringan seperti ini, Anda tidak akan stres, meski Waze menunjukkan warna “api”. Anda juga akan mencapai tujuan Anda dengan tubuh yang segar dan hati yang ringan. Apakah kamu ingin mencoba?