Percetakan merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat saat ini. Karena sekarang terlalu mudah dan tidak ribet untuk bisa cetak semuanya.

Ini dibantu oleh teknologi dan alat yang memungkinkan sesuatu seperti printer mencetak dengan cepat. Selain itu, saya yakin Anda termasuk orang yang menggunakan alat bantu berupa printer untuk mengerjakan tugas sekolah dan pekerjaan, bukan?

Printer pada umumnya dapat berupa perangkat keras yang tugasnya mencetak sesuatu di atas kertas. Jika Anda ingin mencetak data penjualan dan pendapatan di Microsoft Excel atau Word, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan alat printer ini. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menuliskan semuanya di atas kertas.

Printer sendiri sudah ditemukan sejak tahun 1980-an. Pada masa itu printer telah menjadi pengganti mesin ketik yang mengalami banyak perubahan tergantung dari jenis dan teknologi yang digunakan.

Dulu, printer membutuhkan waktu lama untuk mencetak dokumen dan hanya bisa mengeluarkan tinta hitam putih. Pada saat itu, printer membuat perubahan ke yang dulunya sangat tua, secepat sekarang. Dan variasi warna yang dihasilkan sangat bagus.

Untuk bisa membeli printer, Anda perlu mengikuti tips di bawah ini agar printer yang Anda beli akan tahan lama dan mendapatkan hasil yang bagus. Berikut beberapa tip memilih printer yang baik:

1. Beli printer baru

Untuk tip yang satu ini, Anda harus melakukan ini karena printer dikenal sebagai salah satu perangkat keras atau perangkat keras yang sering rusak.

Apalagi jika tidak dirawat dengan baik, sangat disayangkan bila Anda mendapatkan printer bekas atau second yang sudah tidak dalam kondisi baik.

Untuk alasan ini, Anda disarankan untuk membeli printer baru. Buat diri Anda nyaman, printer saat ini tidak semahal itu. Ketika Anda membeli printer baru, Anda tidak hanya mendapatkannya dalam kondisi baik, tetapi Anda juga mendapatkan garansi dari produsen dan dealer yang membuat printer tersebut.

2. Pertimbangkan dan pilih merk printer yang berkualitas baik

Ada banyak sekali merk printer di luar sana, ada yang dari merk ternama hingga merk yang jarang kita kenal. Namun disarankan untuk membeli printer dari merk ternama karena merk terkenal tersebut biasanya memiliki kualitas yang sangat baik. Merk printer yang sudah lama dikenal sudah teruji kualitasnya.

Beberapa merk yang Anda rekomendasikan untuk dibeli adalah Canon, Epson, HP dan beberapa merk printer yang telah berkecimpung di bisnis printer sejak lama. Anda dapat memilih salah satu merek printer berikut, tetapi Anda juga perlu memeriksa spesifikasi printer untuk mengetahui apakah printer tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

3. Perhatikan garansi printer

Saat membeli printer, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah garansi printer. Garansi ini diberikan oleh dealer.

Dan jika garansinya singkat, Anda perlu mencari printer dengan garansi panjang. Masa garansi yang lama menunjukkan keseriusan produsen atau distributor terkait dengan kualitas produk yang mereka produksi dan jual.

4. Belilah printer yang memenuhi kebutuhan Anda

Selanjutnya, Anda perlu memikirkan untuk apa Anda membeli printer tersebut. Jika Anda hanya perlu mencetak dokumen dalam jumlah kecil di Excel atau Word, Anda dapat membeli printer Deskjet dengan kartrid.

Karena printer jenis ini sangat mudah perawatannya dan memiliki umur pakai yang lebih lama, terutama jika menyangkut volume cetak yang kecil. Namun, jika Anda membutuhkan printer multifungsi, pertimbangkan untuk membeli printer laser tinta warna.

5. Periksa kondisi printer

Saat membeli printer, penting untuk memeriksa kondisi printer. Meskipun Anda telah membeli printer baru, Anda tetap harus melakukannya.

Printer baru mungkin gagal berfungsi karena cacat produk. Selain itu, Anda perlu memeriksa apakah printer berfungsi dengan baik atau tidak.

Teman-teman juga bisa baca selengkapnya mengenai printer drivers & epson driver pada tautan tersebut, semoga bermanfaat yaa.