Kayu banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Bahkan sebagian furniturnya terbuat dari kayu. Bahan yang satu ini memang menjadi bahan baku yang ideal karena tahan lama dan ringan. Namun, kayu sering digunakan sebagai tempat bersarang rayap hingga menjadi keropos dan rapuh.

Rayap kayu merupakan salah satu serangga yang sering merusak furnitur kayu atau furnitur rumah. Rayap kayu ini tidak hanya hidup atau bersarang di bingkai kayu rumah atau furniture, tapi juga memakan dari kayu tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika serangga yang satu ini sangat buruk bagi perekonomian.

1. Sediakan ventilasi yang memadai

Rayap adalah serangga yang menyukai tempat lembab dan minim paparan sinar matahari. Jika Anda memiliki rumah kayu, lakukan ventilasi di dalam rumah dan tingkatkan. Hal ini dilakukan agar sinar matahari bisa masuk ke setiap sudut rumah.

Jika Anda terkena rayap, keringkan di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, jika Anda memiliki rumah dengan bangunan kayu, selalu perhatikan jarak antara material kayu dengan lantainya. Cara ini berguna untuk membasmi rayap tanah yang biasa menyerang bangunan dengan media kayu.

2. Bersihkan rumah dari genangan air

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rayap suka tinggal di tempat yang lembab. Rayap berkembang biak di tempat air menggenang. Cara membasmi rayap dari luar rumah adalah dengan mencegah genangan air baik di pekarangan maupun selokan.

Cara membasmi rayap ini harus dilakukan terutama pada musim hujan. Sebaiknya teras memiliki tangki air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan. Jangan lupa untuk membersihkan talang air secara rutin. Selain membunuh rayap, nyamuk juga bisa dibunuh.

3. Gunakan kapur barus

Anda juga bisa membasmi rayap kamper. Bahan kimia ini telah terbukti ampuh dan efektif untuk mengusir rayap. Kandungan naftalen dalam kapur barus mematikan bagi serangga kecil seperti rayap.

Tak hanya itu, pemberantasan rayap dengan kapur barus di rumah juga bisa membasmi berbagai serangga lain seperti kecoa dan semut. Cukup menempelkan segenggam kapur barus pada furnitur kayu di rumah bisa membuat rayap enggan berjalan di atasnya. Menurut beberapa orang, metode membasmi rayap dengan kapur barus adalah yang paling efektif dari semuanya.

4. Tuang air cucian beras

Air cucian beras dipercaya memiliki banyak manfaat. Air ini tidak hanya cantik, tapi juga bisa mengusir rayap. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menghemat air saat mencuci beras. Kemudian tuangkan ke area yang ditempati rayap.

Karena ibu rumah tangga biasanya memasak nasi setiap hari, Anda bisa menuangkannya setiap hari jika ada rayap. Anda juga bisa menuangkan air cucian langsung ke rayap bawah tanah yang bersarang di sekitar rumah Anda.

5. Perbaiki retakan di rumah

Hal terpenting bagi yang memiliki rumah adalah rutin mengecek kondisi rumah. Anda tidak akan pernah melihat celah jika Anda tidak melihat dengan cermat. Retakan yang muncul dapat memberikan akses rayap ke dalam rumah. Jadi perhatikan baik-baik sisi rumah Anda.

Selain dinding, keramik yang rusak juga harus diperhitungkan. Keramik yang rusak bisa memudahkan kelembapan meresap ke dalam rumah. Ini membuat rumah lembap. Belum lagi saat pipa tertentu di rumah Anda bocor, kelembapan di dalam rumah pun meningkat. Jadi jangan heran jika rayap terpikat ke rumah Anda. Jadi jangan remehkan kerusakan kecilnya.

6. Furnitur kayu sering kering

Cara membasmi rayap adalah dengan melindungi material kayu dari kelembapan. Makanya, furnitur yang Anda miliki perlu dijemur secara rutin. Jemur dalam waktu lama agar Furtinur tidak lembap. Selain itu, gunakan pernis kayu pada furnitur.

Lakukan ini secara teratur untuk mencegah kelembapan masuk ke furnitur. Selain itu, selalu bersihkan dan singkirkan ranting-ranting kayu kering yang menumpuk di sekitar rumah. Jika memungkinkan, bakar kayu kering menjadi abu untuk mencegah rayap mengeringkan koloni Anda.

7. Semprotkan larutan garam cair

Padahal, ada cara membasmi rayap melalui penggunaan bahan-bahan di dapur. Salah satunya menggunakan garam. Garam yang bisa digunakan adalah garam halus atau garam kasar. Anda bisa menambahkan garam dengan air secukupnya. Masukkan ke dalam botol, lalu semprotkan ke sarang rayap.

Lagi butuh jasa anti rayap bandung? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.

Pilihan lainnya adalah dengan merendam kapas dalam air garam dan meletakkan kapas di area yang dilewati rayap. Solusi ini aman dan tidak mengotori dinding rumah, karena mudah mengering. Selain di dinding, cara ini bisa dilakukan untuk membasmi rayap di area lantai.