Rumah kontrakan menjadi salah satu properti yang menjanjikan hingga sekarang, karena mengusahakan agar kontrakan cepat laku kepada pembeli merupakan hal yang harus dilakukan pemilik. Apalagi jika daerah yang Anda tawarkan cukup terkenal, misalnya kontrakan Jakarta Barat, maka Anda harus memberikan penawaran yang spesifik dan menarik.

 

Ketahui Cara agar Rumah Kontrakan Jakarta Barat Segera Laku

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar rumah yang dikontrakan cepat laku, berikut merupakan teknis dan tips yang bisa Anda ikuti, diantaranya adalah:

 

1. Pastikan Rumah Layak Huni

Ketika hendak menyewakan rumah, pastikan bahwa rumah tersebut memang layak untuk dihuni dan dalam keadaan yang baik. Rumah merupakan properti yang rentang dengan kerusakan, karena itu pastikan bahwa keadaan selalu rapi dan terawat.

Jika sebelumnya rumah pernah tidak dihuni selama bertahun-tahun, luangkan waktu sejenak untuk merenovasi dan membersihkannya. Bisa dengan mengecat ulang warna cat pada dinding atau pagar, merapikan taman, atau memperbaiki bagian rumah yang rusak dan rapuh.

Apabila rumah yang Anda jual mengalami kerusakan dan tidak ada keinginan untuk diperbaiki, maka bisa dipastikan bahwa rumah tersebut akan sulit untuk dijual. Tidak hanya bagian luar saja yang tampak cantik, namun ia juga harus rapi, kuat, dan terawat di bagian dalam pula.

 

2. Lokasinya Memang Strategis

Lokasi rumah yang lebih dekat dengan jalan penghubung, instansi dan layanan umum, serta tempat untuk belanja memiliki kemungkinan disewa lebih tinggi. Untuk kontrakan Jakarta Barat, pastikan lokasinya tidak berada terlalu jauh dari pusat kota.

Selain aktivitas yang lebih mudah untuk dilakukan, lokasi yang strategis juga bisa meningkatkan harga sewa yang dimiliki rumah tersebut. Banyak orang tertarik untuk menyewa rumah yang mudah diakses kendaraan agar mobilitas tidak terganggu.

Misalkan rumah yang Anda miliki berada di dalam gang, usahakan gang tersebut masih bisa dilalui oleh kendaraan, baik keluar atau masuk. Rumah yang berada di gang sempit, jauh dari perkotaan dan mobilitasnya terbatas memiliki harga sewa yang lebih rendah dan kemungkinan sulit untuk menarik penyewa.

 

3. Sesuaikan Harga dengan Fasilitas yang Ada

Di Jakarta Barat, rumah yang disewakan cukup banyak sehingga persaingannya cukup ketat. Karena itu, sebelum menyewakan rumah dan memasang harga, pastikan Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu di pasaran mengenai harga rumah yang ada. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan fasilitas yang terdapat di rumah tersebut.

Kalau perlu, sebelum menetapkan harga, bandingkan harga satu rumah dengan rumah yang lain, tentunya dengan fasilitas yang serupa, di situs agen properti. Periksa dengan seksama berapa biaya untuk menyewa rumah tersebut dan berapa biaya pembelian jika memang dimungkinkan.

Anda bisa melihat berbagai jenis rumah yang disewakan di situs Rumah.com, yang bisa diakses dengan mudah untuk perangkat mobile atau desktop. Pilih lokasi di wilayah Jakarta Barat, kemudian dari sana Anda bisa mulai mempertimbangkan berapa kiranya harga yang tepat dan sesuai dengan harga pasar.

 

4. Pasang Iklan secara Online

Ketika hendak menyewakan rumah di kontrakan Jakarta Barat, Anda tentu harus mempromosikan iklan terebut untuk menarik minat pelanggan. Cara konvensional yang paling mudah untuk dilakukan adalah memasang banner pada pagar rumah atau di dekat rumah tersebut.

Namun dengan perkembangan teknologi, ada baiknya Anda menggunakan media online untuk menjangkau peminat yang lebih luas. Saat ini sudah banyak agen properti yang membuka website, situs, grub, ataupun forum untuk menawarkan rumah di Jakarta Barat atau wilayah lain secara umum.

Anda bisa mendaftarkan rumah Anda di dalam marketplace tersebut untuk memudahkannya dilihat oleh pelanggan. Untuk menarik minat pembeli, usahakan menggunakan gambar yang menarik, jelas, dan tidak kabur. Jangan lupa berikan rincian mengenai rumah yang Anda sewakan tersebut.

 

5. Tentukan Target Penyewa

Menentukan target penyewa juga penting untuk dilakukan, sebab fasilitas yang terdapat di rumah tersebut bisa mempengaruhi minat penyewa. Pastikan bahwa penyewa bisa menikmati fasilitas yang Anda sediakan di rumah tersebut.

Apabila Anda memasang target untuk penyewa yang sudah berkeluarga, pastikan bahwa rumah tersebut memiliki kamar yang cukup dan ukuran yang lebih luas. Untuk keluarga kecil sekalipun, rumah dengan ukuran yang lebih lapang banyak dipilih untuk memudahkan beraktifitas.

Namun jika target Anda adalah penyewa yang masih single, rumah dengan gaya dan ukuran minimalis bisa Anda tawarkan. Mereka biasanya lebih mementingkan fasilitas dan kenyamanan untuk tinggal, serta menomor duakan ukuran rumah yang sedang dipakai.

 

6. Siapkan Berkas Rumah

Proses penyewaan tidaklah sederhana, karena terdapat dokumen dan berkas yang harus Anda lengkapi terlebih dahulu. Beberapa calon penyewa kadang juga menanyakan dokumen legalitas rumah untuk memastikan bahwa rumah yang Anda sewakan memang milik Anda.

Karena itu, persiapkan dokumen yang sekiranya penting agar mudah ditemukan ketika diperlukan. Surat kepemilikan tanah dan rumah merupakan salah satunya, sehingga penting untuk mempersiapkannya sejak awal.

Banyak agen properti yang akan menanyakan hal yang sama, terkait dengan dokumen legalitas rumah sebelum Anda memasukannya di situs iklan. Mempersiapkannya sejak dini akan membuat Anda bisa lebih mudah memproses periklanan secara daring di situs iklan properti tersebut.

Demikianlah berbagai tips yang bisa Anda lakukan agar rumah kontrakan Jakarta Barat yang Anda miliki lekas disewa. Semoga informasi tersebut membantu dan menambah pengetahuan Anda, apalagi yang sedang menawarkan rumah kepada pelanggan saat ini.