teknik seo

Berinvestasi dalam SEO organik adalah strategi penting untuk membangun bisnis kecil yang sukses baik online maupun offline. Strategi SEO yang solid akan membantu Anda menempati sudut baru pasar Anda dan membangun kesadaran seputar produk, layanan, atau merek Anda. Namun, mendominasi SEO bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan banyak kesabaran dan komitmen.

Jika Anda seorang pemilik usaha kecil, Anda mungkin sudah menjadi individu yang sibuk. Dan siapa yang punya waktu untuk mengoptimalkan situs web – terutama jika pekerjaan DIY Anda menghasilkan kinerja yang buruk?

Kabar baiknya adalah, ada beberapa teknik SEO sederhana yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan keberadaan pencarian organik Anda dan mengembangkan merek Anda secara online. Jadi, mari kita lihat beberapa strategi SEO yang mudah dilakukan yang dapat Anda lakukan sebagai SBO.

1. Buat Konten Berkualitas

Alat pemasaran konten bisnis kecil teratasKualitas konten yang Anda buat sangat memengaruhi peringkat pencarian situs web Anda. Yang terpenting, relevansi konten situs Anda dalam kaitannya dengan audiens target Anda, atau pelanggan potensial.

Tujuan Anda dengan pemasaran konten sebagai pemilik usaha kecil adalah membuat konten yang benar-benar bermanfaat, dengan tujuan membangun hubungan yang berharga dengan calon pelanggan.

Untuk menyediakan konten yang relevan bagi pengguna Anda, sangat penting bagi Anda untuk memiliki wawasan yang lebih dalam tentang minat mereka dan apa yang mereka anggap berharga. Anda harus secara teratur memantau dan mengaudit situs web Anda untuk melacak pola penggunaan.

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri untuk membantu Anda menemukan data kunci untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan upaya SEO Anda secara keseluruhan.

Berapa jumlah pengguna yang mengunjungi situs Anda?

Sumber lalu lintas situs web Anda (organik, sosial, langsung, dll.) mana yang menghasilkan konversi terbanyak?
Bentuk konten digital mana yang menghasilkan lalu lintas paling banyak – blog, halaman arahan, video?

Kategori dan halaman web mana yang paling populer?

Berapa banyak pengunjung situs yang dikonversi menjadi prospek bisnis atau pelanggan sebenarnya?
Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang membuat konten pembunuh sebagai SBO, baca: “ Panduan Pemasaran Pemilik Usaha Kecil: Cara Memanfaatkan Konten ”

2. Tingkatkan Eksposur Online

Kutipan adalah daftar online untuk perusahaan Anda, dengan informasi seperti URL situs web, nomor telepon, lokasi fisik, dan peringkat atau ulasan. Kutipan lokal adalah faktor peringkat utama untuk usaha kecil – karena banyak dari situs ini, seperti Yelp of Yellow Pages sangat dipercaya oleh Google, halaman perusahaan Anda kemungkinan akan berada di peringkat teratas hasil mesin pencari (kadang-kadang bahkan di atas situs web Anda sendiri!) Anda harus memperluas referensi online untuk bisnis Anda dengan mencari penyertaan di berbagai direktori online.

Penting untuk memastikan semua informasi untuk bisnis Anda – termasuk logo merek, lokasi kantor, nomor telepon, alamat, tautan ke situs web dan jam layanan Anda – konsisten di semua cantuman. Ini membantu meminimalkan kebingungan di mesin telusur, sehingga memudahkan situs web Anda muncul untuk kueri penelusuran yang relevan.

3. Fokus pada Pertanyaan Long Tail

Sampai baru-baru ini, kami dulu percaya bahwa penggunaan sejumlah kata kunci tertentu dalam posting blog 500 kata adalah semua yang diperlukan untuk mengarahkan lalu lintas pencarian.

Sayangnya, penargetan kata kunci telah berubah dalam beberapa tahun terakhir . Algoritme pencarian hari ini memberikan lebih banyak kredibilitas ke situs yang menargetkan kata kunci dengan lebih dari dua kata dalam kueri, atau dikenal sebagai kata kunci ekor panjang. Jenis kata kunci ini secara lebih jelas menyatakan maksud pengguna, dan meskipun mungkin memiliki lebih sedikit penelusuran secara keseluruhan, kata kunci tersebut kurang kompetitif untuk ditargetkan dan jauh lebih ramah konversi.

Sebagai pengusaha kecil, Anda harus fokus pada kueri ekor panjang untuk menarik lalu lintas organik dalam niche Anda, terutama karena bersaing dengan perusahaan besar untuk peringkat kata kunci ekor pendek sulit dilakukan tanpa sumber daya yang diperlukan.

Pastikan untuk membaca panduan kami tentang penelitian kata kunci YouTube untuk kiat menemukan peluang kata kunci terbaik.

4. Optimalkan Metadata

Metadata mengacu pada informasi “di balik layar” spesifik tentang sebuah situs web. Bot pencarian merayapi hal-hal seperti teks ALT, deskripsi meta, dan tag heading sehingga Google dapat mengembalikan hasil pencarian yang sesuai kepada penggunanya.

Dengan mengoptimalkan metadata ini dengan kata kunci, Anda akan meningkatkan peringkat halaman web Anda di hasil pencarian. Jika Anda mencari informasi lebih lanjut tentang meningkatkan aspek teknis situs web Anda, baca: “ Jangan Takut SEO Teknis – Rangkullah, Dengan 4 Taktik Ini Yang Dapat Dilakukan Siapapun ”

Contoh cara seseorang melihat konten situs web secara berbeda dari cara perayap penelusuran melihatnya.

Ini dapat dengan mudah dicapai dengan meneliti frasa kunci yang dapat ditindaklanjuti dan memasukkannya ke berbagai tempat di seluruh situs web Anda. Inilah yang harus Anda lakukan:

Temukan kueri yang paling banyak ditelusuri dan optimalkan gambar, header, dan deskripsi meta Anda dengan frasa kunci yang dapat ditindaklanjuti tersebut.

Hindari menjejali metadata Anda dengan terlalu banyak kata kunci.

Buat deskripsi tetap sederhana dan deskriptif.

Munculkan meta tag dan deskripsi meta yang relevan dan persuasif.
Lihat posting kami tentang plugin SEO gratis terbaik untuk WordPress . Mereka akan mempermudah pengoptimalan metadata Anda.

5. Bangun Halaman Arahan yang Ramah Seluler

Dengan lebih dari empat miliar pengguna ponsel di seluruh dunia, pemasar tidak dapat mengabaikan dampak penggunaan web seluler. Lebih banyak orang akan menggunakan ponsel cerdas untuk menelusuri halaman arahan dan melakukan riset online daripada komputer desktop dan laptop.

Oleh karena itu, penting untuk membuat laman landas yang ramah seluler untuk situs web Anda guna menyambut pengguna di ponsel cerdas, phablet, dan tablet. Laman landas yang ramah seluler harus sederhana dalam desain dan berfokus pada laser pada konten yang dapat ditindaklanjuti.

Lagi pula, pengguna seluler memiliki lebih sedikit ruang untuk menggunakan informasi, membuat layar itu menjadi lebih berharga – hanya menyajikan informasi paling penting yang membuat pengguna ingin mengambil tindakan, seperti mengklik tombol, mengunduh ebook, atau mengirimkan formulir kontak , antara lain.