5S merupakan program utama yang akan dijalankan. 5S itu sendiri merupakan suatu metode sistematik housekeeping, yang terdiri dari lima istilah kata bahasa Jepang berawalan huruf “S” yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke.

Sistem ini umumnya digunakan sebagai manajemen sistem pemeliharaan, ketertiban, efisiensi, serta disiplin di lokasi kerja sekaligus meningkatkan kinerja organisasi secara menyeluruh. Program utama ini dijalankan di Balai Kampung Pantai Perlak, Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang. 5S penting untuk diterapkan guna meningkatkan efisiensi dan kualitas di tempat kerja.

aksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan training 5S ini adalah memberikan pengetahuan akan pentingnya menjaga lingkungan kerja, meningkatkan produktivitas sehingga tempat kerja menjadi lebih efisien, meningkatkan kenyamanan untuk menciptakan tempat kerja yang bersih dan luas, serta menghilangkan berbagai pemborosan di tempat kerja serta penyegaran kembali area kerja di Balai Kampung Pantai Perlak.

Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  • Aparatur Kampung memahami pentingnya 5S dan penerapan budaya 5S di Balai Kampung Pantai Perlak serta dapat disebarluaskan kepada masyarakat.
  • Aparatur maupun tamu yang datang merasa nyaman saat berada di Balai Kampung.
  • Lingkungan kerja yang nyaman dan tertata dengan rapi.
  • Membersihkan ruangan, menyusun barang sesuai dengan tempatnya serta menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan.
  • Aparatur selalu sadar akan pentingnya menjaga dan merawat area kerja untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja
  • Aparatur selalu mengingat untuk membereskan area kerja sebelum meninggalkan gedung.