Pertama kali dirilis pada tahun 1995, SolidWorks dengan cepat menjadi perangkat lunak pemodelan solid standar industri, dan Dassault Systèmes membelinya pada tahun 1997. Pada tahun 2001, ia memasukkan simulasi ke dalam fitur CAD-nya, yang menjadi kekuatan khasnya.

Jenis desain dengan bantuan komputer yang digunakan oleh SolidWorks menggunakan fitur teknik standar seperti bos, lubang, dan slot. Ini disatukan dalam desain tertentu dan ditampilkan menjadi model dunia nyata.

SolidWorks terkenal dengan pemodelan 3D, tetapi menggunakan sistem gambar 2D untuk memulai pada setiap desain, sehingga fungsi tersebut juga tersedia. Mereka tidak sepenuhnya disadari seperti di AutoCAD, yang menggunakan penyusunan 2D sebagai fokus utamanya.

  • Fitur inti: Opsi simulasi
  • Fitur lain: pemodelan solid 3D, pengelasan, gambar 2D, desain konseptual, desain cetakan, bill of material, desain perakitan besar, otomatisasi desain, eliminasi interferensi, permukaan lanjutan, konfigurasi, kolaborasi, dan simulasi lembaran logam
  • Kegunaan: Basis pengguna terbesar untuk SolidWorks adalah insinyur. Mereka menggunakannya untuk menguji desain dalam simulasi aplikasi stres di dunia nyata, seperti lalu lintas tinggi di atas rel dan jembatan kereta, dan untuk mengevaluasi prototipe sebelum membuang bahan fisik pada sesuatu yang mungkin tidak berfungsi.
  • Penggunaan profesional: Insinyur mekanik merupakan basis pengguna SolidWorks terbesar karena kemungkinan pembuatan prototipe. Ini termasuk perancang perangkat keras komputer serta mereka yang merancang mesin yang lebih tradisional. Perusahaan perangkat medis serta teknisi otomotif dan kedirgantaraan menggunakan SolidWorks untuk alasan yang sama ini – untuk memastikan desain mereka berfungsi di bawah tekanan dunia nyata yang akan mereka hadapi. Industri pertambangan juga memanfaatkan kemampuan pemodelan 3D SolidWorks untuk membuat area kerja yang dapat diakses.
  • Biaya: Biaya lisensi satu kali sebesar $ 3.995, dan $ 1.295 untuk langganan tahunan untuk dukungan dan peningkatan teknis
  • Kompatibilitas OS: khusus Windows