Matematika adalah salah satu pelajaran yang paling banyak dipelajari dalam dunia les terutama untuk kebutuhan pendidikan anak sekolah. Mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah, matematika adalah mata pelajaran favorit yang banyak diminta untuk diajarkan secara kelompok maupun secara privat di luar jam sekolah.

Karena itu tidak sulit untuk menemukan guru privat matematika karena permintaannya banyak. Di tingkat sekolah dasar, materi les privat matematika SD tentunya harus dipersiapkan dengan baik oleh guru atau tutor sebelum melakukan sesi belajar agar target atau tujuan siswa ikut les privat bisa tercapai dengan maksimal.

Bagi Anda yang saat ini memiliki pekerjaan sebagai guru privat matematika untuk anak sekolah dasar, berikut adalah beberapa tips yang bisa jadi referensi untuk mempersiapkan materi les privat matematika SD dari tutor-tutor yang sudah berpengalaman.

 

 

1.             Mengikuti pelajaran di sekolah

 

Pertemuan pertama dengan siswa saat sesi les sebaiknya dimanfaatkan untuk berdiskusi mengenai materi yang ingin dipelajari atau didalami oleh siswa. Anda bisa menanyakan sudah sampai mana pelajaran matematika yang diberikan di sekolah dan bagian mana yang menurut siswa terasa sulit dan tidak begitu paham dengan penjelesan dari guru sekolah.

Dari sini Anda bisa membuat materi les privat matematika SD di MyLesprivat yang bisa digunakan untuk siswa agar bisa memahami bab atau topik yang sedang dibahas di sekolah sehingga siswa memiliki penguasaan materi yang mumpuni sebelum akhirnya masuk ke bab selanjutnya. Di sesi pertama Anda juga bisa melihat seberapa jauh kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika yang sedang dipelajari dengan memberikan latihan soal. Dari sini bisa dilihat mana yang jadi kelemahan dan mana yang sudah dipahami dengan baik.

 

2.             Mindset seorang pembimbing

 

Di sekolah, bisa jadi siswa sudah mendapatkan perlakuan yang negatif karena kurangnya kemampuan dalam mengerjakan soal matematika baik dari guru maupun dari teman-temannya. Kata-kata yang keluar dari seorang guru sekolah bisa jadi menimbulkan emosi negatif dari dalam dirinya ditambah dengan anak SD yang biasanya belum bisa mengontrol apa yang sebaiknya tidak diucapkan pada temannya.

Ketika belajar bersama dengan Anda sebagai tutor, sebaiknya posisikan diri sebagai pembimbing dan teman belajar. Tidak menghakiminya ketika mengerjakan soal dengan salah, tidak membuatnya merasa jadi orang paling bodoh dengan ucapan yang menyalahkan, namun memberikan dukungan sambil membimbing untuk mengerjakan soal dengan benar.

 

3.             Berikan motivasi

 

Selanjutnya adalah mencari  cara kreatif untuk menjaga motivasi siswa  agar tetap semangat belajar. Kadang hasil ujian yang tidak bagus membuat seoarang siswa jadi berkurang semangatnya untuk belajar. Butuhkan waktu serta usaha yang lebih banyak sehingga nilainya membaik dan lebih tinggi dari teman-temannya yang selalu juara.

Salah satu motivasi yang bisa diberikan adalah dengan memberikannya hadiah jika ia berhasil meningkatkan nilainya ketika ada tes di sekolah. Hadiah yang diberikan tidak perlu muluk-muluk bisa dengan membelikannya eskrim, atau mengajaknya untuk menonton , dan sebagainya.

 

4.             Gunakan alat peraga

 

Matematika juga bisa diajarkan dengan cara menggunakan alat peraga. Misalnya untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai materi geometri sehingga siswa tahu mana yang disebut dengan panjang, lebar, tinggi, diameter, dan sebagainya.

Ia juga memiliki gambaran yang jelas mengenai ruang dari sebuah benda geometri karena gambar yang ada di buku hanya bersifat dua dimensi sehingga kadang agak sulit untuk membayangkan dimensi ruangnya. Siapkan materi les privat matematika SD yang disertai dengan menggunakan berbagai macam alat peraga matematika agar sesi belajar juga tidak membosankan hanya berkutat dengan buku saja.