Atap baja adalah jenis atap logam yang mirip dengan atap yang terbuat dari seng, aluminium, terna, dll. Ringan dan mudah dipasang jika dibandingkan dengan atap slate atau sistem atap konvensional lainnya. Baja, baja tahan karat, baja galvalumin, baja berlapis seng galvanis dan beberapa baja berkualitas tinggi lainnya digunakan untuk membuat bahan atap semacam ini. Lembaran atap ini tersedia dalam bentuk seperti profil kotak, lembaran kelongsong, lembaran paduan, lembaran stainless, lembaran bergelombang, kelongsong baja kulit tunggal, kelongsong baja kulit ganda, dan lembaran yang dilapisi dengan bahan seperti poliester. Beberapa bahan atap ini berguna untuk menutupi dinding bangunan seperti gudang, pabrik atau bangunan komersial lainnya.

Baja tahan karat untuk atap banyak digunakan di gedung komersial, kantor, bangunan rumah tangga karena dapat mencapai bentuk yang dibutuhkan dalam arsitektur modern, yang melibatkan banyak kaca tidak seperti atap tradisional. Stainless steel memiliki sifat anti korosi yang lebih baik. Namun, mereka lebih mahal daripada beberapa sistem atap lainnya. Atap paduan stainless steel bahkan lebih tahan lama, tahan korosi, dan hemat termal.

Agri-steel cladding adalah atap baja termurah yang banyak digunakan pada bangunan pertanian. Atap baja berlapis batu memiliki kekuatan lebih dan dapat menahan hujan es dengan lebih baik. Atap baja lebih mudah untuk bermanuver karena sifat logamnya. Dengan lapisan warna yang bagus, sirap baja atau ubin memiliki tampilan yang mirip dengan sirap konvensional lainnya. Sirap baja yang saling rak back panel mengunci membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk dipasang karena bagian yang dapat dikunci sebelumnya telah dibuat. Mereka akan memberikan tampilan akhir yang lebih baik daripada sirap konvensional. Itu tidak akan retak, terangkat, melengkung atau membusuk. Sirap baja dengan lapisan batu memiliki tampilan dan kekuatan yang estetis.

Atap baja ringan jika dibandingkan dengan atap batu tulis, genteng, atau beton. Itu tidak memerlukan dukungan struktural tambahan untuk menampung beban tidak seperti rekan-rekan yang lebih berat. Ini mencerminkan radiasi berbahaya. Ini tahan api dan dapat menahan perubahan kondisi cuaca. Itu tidak memungkinkan sedimentasi salju. Itu tidak mendukung pertumbuhan ganggang atau jamur. Panel baja komposit atau lembaran baja dengan insulasi dapat mencegah kondensasi, yang biasanya terjadi pada atap baja kulit. Dengan insulasi yang baik, atap ini dapat mencapai efisiensi termal yang lebih baik serta pengendalian kebisingan.

Atap baja membutuhkan sekrup atau pengencang lain untuk mengencangkannya dengan kuat ke struktur pendukung. Beberapa bagian dari baja bergelombang atau baja jenis kotak saling tumpang tindih selama pemasangan. Biaya pemasangan atap ini tergantung pada fitur arsitektur bangunan. Atap baja biasa membutuhkan lapisan seng, atau cat berkualitas tinggi atau bahan kimia lainnya untuk mencegahnya berkarat. Umumnya, biaya atap ini tergantung pada gaya, jenis profil, warna, jenis cat, kompleksitas yang terkait dengan desain atap dll. Kelongsong bergelombang galvanis atau lembaran baja profil kotak lebih murah, dibandingkan dengan varietas kelas baja lainnya. Untuk menggantikan atap konvensional, atap jenis ini merupakan alternatif yang murah. Mereka membutuhkan perawatan tahunan yang rendah. Anda dapat memanfaatkan jaminan untuk atap saat membelinya. Mereka ramah lingkungan karena baja 100% dapat didaur ulang dan dapat bertahan hingga 50 tahun atau lebih.