main image

Apple Inc merupakan perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Cupertino, California. Kita lebih mengenal perusahaan teknologi ini dengan nama Apple. Smartphone yang bernama iPhone adalah salah satu lini produk Apple yang sangat terkenal.

Tak heran, sebab Apple tidak pernah main – main soal kualitasnya. Perusahaan ini selalu menciptakan produk terbaik. Bahkan, mereka selalu memberi inovasi pada setiap seri iPhone terbarunya. Termasuk juga iPhone XR. Seri iPhone ini memiliki spesifikasi yang terbilang lengkap. Fiturnya juga disediakan spesial bagi pengguna.

Daripada penasaran, mari kita simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi iPhone XR dibawah ini :

  1. Waktu Rilis

iPhone XR untuk pertama kalinya diperkenalkan pada 12 September 2018 lalu. Kemudian, ponsel pintar ini dirilis pada 26 Oktober 2018.

  1. Dimensi

iPhone XR hadir dengan desain bodi slim berukuran 150,9 x 75,7 x 8,3 mm, dan dengan berat 194 gram. Selanjutnya, bagian depan dan belakangnya dilindungi kaca Gorilla Glass. Sementara, tepian bodi perangkat ini menggunakan alumunium frame. Kemudian untuk kartu sim, iPhone XR hadir dengan pilihan slot single SIM dan dual SIM. Smartphone ini juga berstandar level IP67, yakni tahan debu dan tahan air, sampai kedalaman 1 meter selama 30 menit.

  1. Tampilan

iPhone XR menggunakan tipe layar Liquid Retina IPS LCD. Ukuran layarnya seluas 6,1 inci dengan rasio layar-ke-bodi 79%. Sementara, resolusi layarnya yakni 828 x 1792 piksel. Tidak hanya itu, ada juga perlindungan kaca anti-gores serta lapisan olephobic.

  1. Performa

Smartphone dari Apple ini juga mendukung sistem operasi iOS 12 yang bisa diperbarui menjadi iOS 14.4. Kemudian, untuk chipset menggunakan Apple A12 Bionic (7 nm). Lalu, CPU Hexa-Core dan juga Apple GPU (4-core graphics) yang siap mendukung performanya.

  1. Memori

Tidak ada slot kartu SD pada iPhone XR ini. Namun, Apple membenamkan memori internal dan RAM besar didalamnya. Ada sejumlah pilihan memori internal dan RAM tersebut, yakni 64GB 3GB RAM, 128GB 3GB RAM.

  1. Kamera Utama

Ada satu kamera utama beresolusi 12 MP dibelakang. Kameranya dilengkapi dengan fitur Quad-LED dual-tone flash, HDR foto atau panorama. Kamera utama ini juga mampu merekam video 4K pada 24/30/60fps, 1080p pada 30/60/120/240fps, dengan fitur HDR dan stereo sound recording.

  1. Kamera Selfie

Dibagian depan ada kamera selfie berlensa 7 MP yang dilengkapi fitur HDR. Kamera depan ini mampu merekam video berkualitas 1080p pada 60 fps.

  1. Sound

Smartphone ini dilengkapi dengan loudspeaker dan stereo loudspeaker, tanpa 3.5mm jack.

  1. Konektivitas

Pada iPhone XR sudah ada koneksi WLAN Wi-Fi, dual-band, dan hotspot. Selain itu, ada juga Bluetooth 5.0, GPS dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan QZSS. Ada juga NFC namun tidak memiliki fitur radio. Dan ada USB 2.0 untuk kelengkapan koneksi.

  1. Fitur Tambahan

Untuk daya performanya, ponsel pintar ini dilengkapi dengan baterai Li-Ion 2.942 mAh non-removable. Tersedia juga fitur fast charging 15W, USB Power Delivery 2.0, dan Qi Wireless Charging.

  1. Pilihan Warna

Kamu bisa memilih warna iPhone XR yang simple nan elegan. Tersedia dalam 6 varian warna yaitu Black, Red, Yellow, Blue, Coral, dan White.

  1. Tes Ketahanan

Berdasarkan tes performa, salah satu kelebihan dari iPhone XR adalah daya baterainya yang bisa bertahan hingga 78 jam.