Pentingnya Oli yang Tepat untuk Motor

Motor Matic jadi salah satu tipe kendaraan yang banyak masyarakat Indonesia minati. Selain murah, motor tipe ini juga cenderung mudah dalam perawatan dan punya spare part yang mudah kita peroleh. Bukan cuma servis bulanan, kamu juga harus memperhatikan oli motor matic. Oli berfungsi sebagai pelumas agar mesin saling bergesekan satu sama lain. Karena peran oli yang penting, kamu harus mengerti rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Nah, supaya tak penasaran lagi, silahkan liat artikel berikut, ya!

 

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Ada banyak oli matic yang tersedia di Indonesia. Tetapi, ada baiknya kamu mengerti rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia untuk menemukan mana yang paling tepat. Kamu harus membeli merk yang sudah terpercaya dan teruji di Indonesia. Berikut adalah daftar rekomendasi oli motor Matic.

1. Yamalube Super Matic

Harga: Rp 37.000 – Rp 72.000

Yamalube merupakan oli khusus untuk motor matic Yamaha. Kelebihan oli yang satu ini terletak pada kestabilannya di suhu tinggi. Yamalube Super Matic bisa meredam suhu mesin motor agar performa motor senantiasa maksimal. Produk satu ini masuk dalam kategori full sintetik sehingga cocok untuk motor matic terkini. Yamalube Super Matic ada di dalam kemasan 800 ml dan 1 liter.

 

2. Motul Scooter LE 10w30

Harga: Rp 70.000

Punya harga yang relatif mahal daripada oli lain, Motul Scooter LE 10w30 punya kualitas yang sebanding sebagai salah satu rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Pelumas ini bisa kamu fungsikan untuk motor Matic baru dan lama. Motul Scooter LE 10w30 ada di dalam kemasan 800 ml.

 

3. Syntetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB

Harga: Rp 69.000

Daftar rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia berikutnya adalah Syntetic MTAIC API SN 10W-30 JASO MB. Oli satu ini cocok untuk pengendara yang menempuh perjalanan lumayan jauh. Syntetic MATIC API SN 10W-30 JASO MB hadir dengan kemampuan meredam panas sekaligus melindungi mesin selama bekerja. Selain itu, oli ini juga punya teknologi Multi Active Technology. Fitur ini berfungsi untuk melindungi kekentalan oli supaya masa pakainya lebih panjang.

 

4. AHM Oil SPX 2

Harga: Rp 67.000

Diproduksi oleh Honda R&B Jepang, AHM Oil SPX 2 merupakan oli paling safe untuk motor matic-mu. Sebagai salah satu rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia, oli ini punya jaminan kemampuan performa mesin yang cocok untuk berkendara. AHM Oil SPX 2 ada di dalam kemasan 800 ml dan 1 liter.

 

5. Castrol Activ Matic

Harga: Rp 41.000 – Rp 59.000

Rekomendasi oli motor berikutnya dari Castrol, yakni seri Activ Matic. Oli satu ini cocok kamu gunakan untuk motor matic yang mobilitasnya di dalam perkotaan. Sebab, motor di kota sering terlibat macet sehingga berdampak ke suhu mesin. Castrol Activ Matic punya kemampuan melindungi mesin dari aus dan penumpukan deposit berbahaya di suhu ekstrem. Hal ini berkat Kedatangan fitur ZipBoosters. Saat ini, Castrol Activ Matic ada di dalam kemasan 800 ml dan 1 liter.

 

6. Shell Advance Matic AX7

Harga: Rp 46.000 – Rp 55.000

Shell Advance Matic AX7 masuk dalam rekomendasi oli motor Matic terbaik berkat kemampuan menjaga kemampuan dan ketahanan mesin motor. Selain itu, oli ini tersemat Self Cleansing Technology yang sanggup memberikan perlindungan ke mesin motor dari kotoran. Tak ketinggalan, standarisasi API dan JSO MB juga ada di sini.

 

7. BM1 PC 1500 Matic

Harga: Rp 54.000

Daftar rekomendasi oli motor selanjutnya adalah BM1 PC 1500 Matic. Oli satu ini merupakan salah satu pelumas yang banyak pemotor Indonesia pakai. Selain terjamin, kualitasnya juga teruji waktu.

 

8. Top 1 Action Matic

Harga: Rp 45.000 – Rp 53.000

Oli Top 1 Action Matic merupakan merk oli asal Amerika yang banyak pemotor Indonesia gunakan. Sebagai salah satu rekomendasi oli motor Matic terbaik di Indonesia, oli ini sudah mencukupi standarisasi API dan JASO MB. Sehingga, oli ini sudah cocok untuk motor Matic keluaran terbaru. Hadir di dalam kemasan 800 ml dan 1 liter, Top Action Matic punya viskositas SAE 10W-30 Jaso MB, 10W-40 JASO MB, dan 20W-40 Jaso MB. Top Action Matic juga tersemat teknologi Smooth Riding Additive yang mebuat pengalaman berkendara lebih nyaman dan halus. Dengan begitu, tarikan motor akan lebih baik.

 

9. Federal Matic Ecomaxx 30

Harga: Rp 48.000

Pelumas lain yang tidak kalah bagus untuk motor Matic adalah Federal Matic Ecomaxx 30. Dengan formula syntetic special, pelumas satu ini akan membuat mesin senantiasa awet. Sebagai salah satu rekomendasi, oli ini punya tiga keunggulan diantaranya:

• Active moly (menjaga mesin dari gesekan dan irit BBM) 

• Viscoelastic molecules (meningkatkan kinerja dan melindungi akselerasi mesin)

• Double ACT cleaner (daya bersih 2x lipat).

Federal Matic Ecomaxx 30 cocok untuk motor Matic 125 CC sampai 150 CC dengan pemakaian di bawah 5 tahun. Namun, untuk penggunaan oli ini kamu harus rutin ganti tiap 2.000 km (2 bulan sekali).

 

10. Castrol POWER1 Scooter 10W-40

Harga: Rp 45.000

Power Release Technology di dalam Castrol POWER1 Scooter 10W-40 akan membantu mesin teteap di performa terbaik. Selain itu, akselerasi mesin juga akan maksimal. Oli ini cocok untuk kamu yang senang berkendara dengan kecepatan tinggi. 

 

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor

Waktu yang tepat untuk ganti oli motor berbeda-beda untuk tiap orang. Hal ini berkaitan dengan cara pemakaian tiap-tiap pengguna.

Berikut adalah waktu yang tepat untuk mengganti oli motor:

• Oli ganti setiap menempuh jarak 2.000 km. Jika melebihi jarak tersebut, oli tidak layak pakai.

• Untuk motor yang jarang terpakai, ganti oli adalah tiap 6 hingga 12 bulan sekali. Pemilik motor perlu mengganti oli teratur karena bisa saja bercampur dengan komponen mesin.

• Untuk motor yang sering dipakai, misal 200 km per hari, ganti oli dilakukan setiap 2 minggu sekali.