Geram dengan Kelakuan Netizen Indonesia Soal Guyonan Upin & Ipin, Warga  Malaysia: Kami Membencinya! - Pikiran Rakyat Tasikmalaya

Dewasa ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kartun bagi anak-anak, terutama mengenai jalan cerita dan karakter di dalam kartun tersebut. Sebaiknya menyeleksi tayangan kartun-kartun sebelum mempertontonkannya ke anak, karena mungkin saja di dalam kartun tersebut terdapat adegan perkelahian dan menggunakan kata-kata kotor yang tidak baik ditonton oleh anak-anak. Selain memastikan keterangan usia yang tercantum, pilihlah kartun anak yang memiliki nilai edukasi dan kisah yang inspiratif. Dengan begitu, anak bisa meneladani karakter baik sang tokoh utama dan memahami pesan yang hendak disampaikan dalam kartun tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi kartun anak yang mendidik dan layak ditonton oleh anak-anak.

  • Nussa

Kartun anak yang merupakan karya anak bangsa ini mendapat respons yang baik sejak rilis di akun YouTube Nussa Official. Serial kartun Nussa mengisahkan tentang kaka beradik bernama Nussa dan Rara yang sangat inspiratif. Pesan dalam serial kartun ini bisa mengedukasi anak-anak muslim untuk rajin beribadah. Selain itu, terdapat lagu-lagu Islami yang dikemas dengan baik sehingga mudah dihafal oleh anak-anak.

  • Upin Ipin

Serial kartun anak yang diproduksi Les Copaque Malaysia ini sudah lama tyang di Indonesia. Rating yang di dapatkan dari serial kartun Upin Ipin pun sangat tinggi. Sebagian besar adegan serial kartun Upin Ipin banyak mengandung edukasi, seperti mengenai persahabatan, adab terhadap orang tua, toleransi, maupun agama dan budaya. Serial kartun Upin Ipin ini mengisahkan dua anak kembar yang bernama Upin dan Ipin beserta kawan-kawan di suatu desa yang bernama Kampung Durian Runtuh.

  • Tayo: the Little Bus

Serial kartun anak Tayo: the Little Bus juga menjadi tontonan yang baik untuk anak. Melalui serial kartun Tayo: the Little Bus ini, anak-anak dikenalkan pada jenis-jenis kendaraan dan aturan lalu lintas. Kisah dalam serial kartun ini juga mengajarkan anak-anak untuk saling membantu sesama teman.

  • Pada Zaman Dahulu

Sama seperti serial kartun Upin Ipin, serial kartun Pada Zaman Dahulu juga diproduksi di Malaysia yang menarik untuk disaksikan oleh anak-anak. Karena, saat anak-anak yang menontonnya akan merasa seperti didongengi oleh sang kakek. Setiap episode pada serial kartun ini selalu menghadirkan kisah-kisah para binatang lucu yang bisa diambil pelajaran. Misalnya seperti mengajarkan anak untuk tidak bersikap sombong, bersikap rendah hati, dan selalu berkata jujur.

  • Sofia The First

Serial kartun anak yang sempat tayang di layar kaca Indonesia ini adalah tontonan untuk anak-anak, terutama untuk anak perempuan. Berpusat pada tokoh putri bernama Sofia, serial kartun Sofia The First  mengajarkan anak-anak untuk mencontoh sikap baik dari sang tokoh utama. Sofia digambarkan memiliki sifat yang rendah hati, ceria, penolong, ramah, dan selalu pandai dalam menyelesaikan masalah. Dalam setiap episodenya, Sofia sering dibantu oleh para princess Disney lain lho, misalnya seperti Cinderella, Belle, Snow White, dan masih banyak lagi.

  • Finding Nemo

Film kartun Finding Nemo cocok ditonton berbagai kalangan usia, termasuk anak-anak. Selain mengenalkan berbagai macam hewan-hewan laut, pesan yang terkandung dalam film Finding Nemo juga sangat inspiratif. Film yang diproduksi oleh Pixar ini, berusaha memperlihatkan cinta kasih dari orang tua kepada anaknya, pada film Finding Nemo cinta kasih sang ayah kepada anaknya, Nemo. Hal ini tergambar pada karakter ikan badut bernama Marlin yang sanggup melintasi lautan demi mencari dan menyelamatkan anaknya.

  • Lion King

Film kartun Lion King yang memiliki kisah mengenai Simba, anak singa yang berusaha merebut kembali tahta yang dirampas oleh pamannya. Film kartun ini juga mengajarkan pada anak-anak untuk bersikap berani dalam menegakkan keadilan. Sifat kepemimpinan yang ada dalam diri Simba juga mengajarkan anak-anak senantiasa bertanggung jawab terhadap tugasnya.