Jasa Perawatan Setelah Melahirkan – Bukan hanya anak, ibu memerlukan perawatan yang intensif sesudah selesainya proses persalinan. Karena, pengubahan terus akan terjadi di badan ibu. Perawatan saat melahirkan perlu dilaksanakan, supaya ibu bisa sembuh secara baik, secara fisik atau mental.

Perawatan Sesudah Melahirkan untuk Mempercepat Masa Penyembuhan

Perawatan saat melahirkan bisa berlainan di antara ibu yang melahirkan secara normal dan operasi Caesar. Berikut tips nya untuk Anda.

Perawatan Sesudah Melahirkan Secara Umum

Bagus untuk proses persalinan normal atau dengan operasi Caesar, ada banyak hal yang penting dilaksanakan untuk percepat proses pemulihan, yakni:

1. Istirahat dengan cukup

Sesudah melahirkan, upayakan supaya Anda memperoleh beberapa waktu istirahat. Persalinan ialah proses yang meletihkan. Maka yakinkan Anda bisa “balas sakit hati” untuk penuhi jam tidur Anda yang raib.Saat baru mempunyai bayi, memang tidak gampang mengambil waktu untuk tidur. Sang Kecil juga sering terjaga tiap dua sampai tiga jam sekali untuk menyusu. Hingga, untuk memburu waktu istirahat, tidurlah saat bayi Anda sedang tidur.

2. Jangan ragu meminta bantuan orang-orang terdekat

Jadi ibu baru bukan hal yang gampang. Hingga, tidak boleh sangsi untuk minta dana untuk orang sekeliling untuk kerjakan beberapa hal lain seperti bersihkan rumah, mengolah, atau belanja keperluan setiap hari. Pusatkan energi Anda untuk menjaga Sang Kecil yang baru lahir.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang sehat bisa menolong percepat proses pemulihan. Karenanya, untuk saat ini, jauhi makanan kurang sehat seperti makanan cepat sajian atau makanan paket yang memiliki kandungan banyak gula dan garam.Makanlah makanan yang lebih sehat seperti beberapa bijian, buah dan sayur, dan protein. Anda pun perlu menambahkan konsumsi cairan dengan beberapa konsumsi air putih, terlebih bila menyusui.

4. Mulai olahraga

Pasti, olahraga yang bisa dilaksanakan oleh ibu yang baru melahirkan bukan olahraga berat, seperti latihan kardio. Bila dokter telah meluluskan Anda untuk mulai melakukan aktivitas fisik, lakukan latihan enteng seperti berjalan pada tempat seputar rumah.Menyaksikan panorama seputar sesudah beberapa lama cuman ada dalam rumah, bisa membuat Anda lebih fresh dan tambah energi.

5. Hindari hubungan intim sementara waktu

Pasca melahirkan, seharusnya Anda menghindar jalinan intim beberapa waktu untuk menahan berlangsungnya infeksi.Biasanya, penyuplai service kesehatan Anda akan memberitahu jika jalinan intim bisa dilaksanakan kembali sesudah tempat perineum Anda sudah pulih (atau sisa cedera perut karena persalinan sesar sudah pulih), dan saat pendarahan saat persalinan telah lenyap.

6. Buat janji temu dengan dokter kandungan

Penyedia service kesehatan Anda biasanya akan mengagendakan lawatan tindak lanjut dalam kurun waktu 4 sampai 6 minggu sesudah melahirkan.Beberapa penyuplai service kesehatan kemungkinan merekomendasikan Anda untuk lakukan lawatan bisa lebih cepat, seperti dua minggu sesudah melahirkan.

Perawatan Sesudah Melahirkan Normal

Melahirkan secara normal lewat vagina akan memunculkan beberapa pengubahan dalam tubuh ibu. Tiap pengubahan yang terjadi, membutuhkan perawatan yang lain. Berikut, panduan untuk perawatan saat melahirkan yang bisa Anda coba.

1. Perawatan untuk nyeri pada vagina

Saat proses persalinan, susunan perineum yang ada antara vagina dan rektum, dapat melebar dan sobek, hingga mengakibatkan ngilu pada vagina. Ngilu yang muncul akan lebih kronis jika saat proses persalinan, dokter perlu lakukan episiotomi atau pengguntingan pada perineum untuk melebarkan lajur keluar bayi.Untuk meredakakan ngilu saat melahirkan, langkah-langkah ini dapat Anda kerjakan:

  • Kompres tempat itu dengan kompres dingin
  • Jangan duduk di bangku yang keras, selalu alasi tempat duduk dengan bantal
  • Bersihkan vagina sama air hangat sesudah buang air kecil
  • Setelah bab, pencet tempat cedera dengan kain bersih lalu baru membersihkan tempat seputar sama air dan seka dengan tisu dari arah depan ke belakang.

2. Perawatan untuk perdarahan

Sesudah melahirkan, ialah hal yang normal jika masih terjadi sedikit pendarahan. Pendarahan bisa terjadi sepanjang beberapa minggu dengan volume terbanyak dan pekat, pada beberapa hari awal sesudah persalinan.Makin lama, cairan yang keluar dari vagina tak lagi terlihat seperti darah, tetapi seperti cairan keputihan. Walau demikian, bila darah yang keluar banyak, dan membuat pembalut yang Anda pakai penuh cuman dalam kurun waktu 1/2 jam, seharusnya selekasnya kontak dokter.Perawatan dokter kemungkinan diperlukan jika pendarahan yang terjadi, dibarengi dengan ngilu pinggang, demam, dan nyer pencet pada kandungan.

3. Perawatan untuk kontraksi

Anda masih tetap dapat rasakan kontraksi sekian hari sesudah persalinan. Kontraksi yang terjadi akan berasa seperti kram saat menstruasi. Keadaan ini dapat terjadi saat menyusui. Untuk menanganinya, dokter umumnya akan memberi obat penurun ngilu.

4. Perawatan untuk gangguan buang air kecil

Persalinan secara vaginal akan membuat kandungan kemih Anda melebar dan mengakibatkan kerusakan otot dan saraf, untuk beberapa waktu. Keadaan ini mempersulit untuk buang air kecil, walau Anda telah berasa kepingin. Saat buang air kecil juga, akan ada sedikit rasa ngilu.Untuk menanganinya, siramkan air ke tempat genital saat duduk di toilet untuk menolong kurangi rasa ngilu.Disamping itu, proses persalinan dapat memacu keluarnya urine Anda sering keluar dengan tidak menyengaja walau dengan jumlah yang sedikit. Senam kegel dapat menolong percepat emulihan untuk keadaan ini.

5. Perawatan untuk payudara

Bengkak pada payudara ialah keadaan yang umum terjadi pada ibu menyusui. Untuk kurangi rasa ngilu pada payudara karena bengkak ini, menyusui atau memompa ASI jadi jalan keluar yang paling efisien.Anda dapat mengompres payudara memakai kompres dingin saat tidak sedang menyusui. Jika Anda tidak menyusui, pakai bra yang ketat dan jauhi meraba payudara. Karena, meraba payudara bisa menggairahkannya untuk produksi semakin banyak ASI.

6. Perawatan untuk rambut dan kulit

Sesudah persalinan, rambut Anda akan alami kerontokan, sampai 5 bulan lama waktunya. Stretch mark yang berada di kulit pun tidak langsung akan raib, tetapi akan menghilang dari warna kemerahan jadi putih keperakan. Bintik hitam di kulit yang ada saat hamil berangsur menghilang.

7. Menstabilkan emosi

Untuk ibu yang alami sindrom baby blues atau stres postpartum, suport dari suami, rekan, dan keluarga sangat bermakna. Disamping itu, tidak boleh sangsi untuk konsultasi dengan psikiater atau psikolog bila keadaan ini tidak surut.

Perawatan Sesudah Melahirkan Caesar

Saat itu, sebagai perawatan saat melahirkan dengan operasi caesar, berikut banyak hal yang penting diingat untuk percepat proses persalinan.

1. Pencegahan gumpalan darah

Salah satunya resiko paling besar dari persalinan lewat operasi Caesar ialah terciptanya gumpalan darah di kaki. Untuk menghindarinya, dokter bisa memberi alat kompresi khusus yang bakal membuat saluran darah di badan masih lancar. Disamping itu, Ibu dianjurkan untuk banyak mulai bergerak.

2. Perawatan untuk kram pasca persalinan

Pada 24 jam pertama pascaoperasi, rasa ngilu biasanya akan ada di posisi operasi. Kecuali ngilu, rasa kram di perut dapat terjadi karena kandungan yang berkurang setelah persalinan. Untuk menanganinya, dokter bisa memberi resep obat penurun ngilu.

3. Pencegahan infeksi pada luka operasi

Sesudah proses persalinan usai, ada satu perihal yang penting dicurigai, yakni pertanda infeksi pada cedera sisa operasi. Untuk menahan berlangsungnya infeksi, Anda perlu jaga kebersihan cedera sisa operasi dan waspada tanda infeksi, seperti demam, bengkak, dan ngilu. Selekasnya konsultasi sama dokter jika tanda-tanda infeksi mulai ada.

4. Resiko pada minggu pertama pasca persalinan

Minggu awal saat operasi Caesar, sebagai waktu paling beresiko pada pendarahan. Untuk menghindarinya, Anda perlu batasi rutinitas fisik sampai 6-8 minggu sesudah melahirkan.

5. Keadaan psikis saat persalinan

Baik pada ibu yang melahirkan secara vaginal atau Caesar, kondisi mental sangat penting untuk jadi perhatian. Jika ada pengucapan famili atau rekan yang di rasa menyentuh, bahas pada suami atau orang-tua, untuk kurangi beban pemikiran. Tidak boleh sangsi untuk konsultasi dengan psikiater atau psikolog, untuk ketahui lebih detil langkah hadapi saat-saat awalnya jadi seorang ibu, dari segi persiapan psikis.

Perawatan pasca persalinan perlu dilaksanakan untuk tiap ibu sesudah melahirkan. Pasangan harus juga memberikan dukungan seutuhnya, supaya periode pemulihan bisa berjalan secara baik. Janganlah lupa untuk periksa ke dokter dengan teratur, untuk pastikan tidak ada kompleksitas yang atau akan terjadi. 

Baca Juga : Paket Pasca Melahirkan