Memahami Desain Grafis – Di media sosial, tidak jarang kita melihat postingan dari pekerja seni yang mengeluhkan kliennya. Seorang pelanggan yang memesan gambar logo perusahaan menuntut hasil yang maksimal dalam waktu singkat dan dengan anggaran yang ketat.

Desainer secara otomatis akan menolak permintaan tersebut. Karena mendesain tidak mudah. Seorang desainer tidak hanya harus memiliki bakat dan kompetensi, tetapi juga kecerdasan, kreativitas, dan selera visual yang tinggi untuk menghasilkan karya yang bagus.

Pada artikel kali ini kita akan mendalami tentang profesi desainer grafis mulai dari apa itu pengertian desain grafis, fungsi, elemen, prinsip dan contoh jenis software yang biasa digunakan oleh desainer grafis.

Pengertian Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis adalah kegiatan merancang ide dan menghasilkan informasi melalui suatu media dengan menggunakan elemen visual, seperti titik, garis, huruf, bidang, tekstur, spasi, dan warna.

Desain grafis adalah bagian dari ilmu seni visual. Dalam bahasa grafis itu terdiri dari dua kata. Artinya desain yang berarti bentuk suatu desain atau struktur. Ini adalah grafik yang merupakan kombinasi dari titik, garis, bidang atau huruf visual untuk mengkomunikasikan pesan tertentu.

Dalam desain grafis terdapat dua jenis media yang umum digunakan yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Media 2D, seperti kertas, karton, kain, dan lain sebagainya. Sedangkan media 3D termasuk perangkat yang mampu menampilkan gambar bergerak.

Fungsi Desain grafis

Desain grafis sebenarnya identik dengan hal-hal yang berkaitan dengan periklanan dan promosi suatu produk. Namun pada dasarnya bidang kesenian ini memiliki dua fungsi utama, salah satunya adalah promosi. Berikut ulasan lengkap fitur desain grafis tersebut.

Fungsi Identifikasi

Identifikasi adalah proses mengenali sesuatu. Desain grafis dapat menjadi metode untuk membangun identitas dan membenamkan ingatan penonton pada identitas tersebut.

Contoh penerapan desain grafis yang paling umum adalah pada desain logo yang merupakan identitas utama suatu merek atau perusahaan. Melalui logo ini masyarakat dapat langsung mengetahui dari siapa informasi tersebut berasal.

Desain grafis adalah kunci bagaimana audiens mendapatkan kesan terhadap sesuatu. Desainnya yang menarik membuat orang tertarik dan ingin tahu lebih banyak. Di sisi lain, desain yang buruk menghasilkan identitas yang negatif, bahkan tidak melekat di benak publik.

Fungsi Instruksi

Desain grafis juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan informasi dalam bentuk arah atau arah. Melalui informasi ini semoga penonton termotivasi untuk merespon dan melakukan sesuatu yang diinginkan oleh presenter.

Disinilah desain grafis menjadi sarana promosi, publikasi dan presentasi. Tujuan yang lebih kompleks tentu saja membutuhkan aplikasi desain yang lebih eye catching. Desainer harus mampu menyampaikan informasi secara efektif, dengan cara yang mudah dipahami dan diingat.

Fungsi pernyataan sangat erat kaitannya dengan fungsi identitas. Misalnya, sebuah produk memiliki logo yang didominasi warna merah. Kemudian iklan produk tersebut akan berisi warna yang sama, untuk selanjutnya melekatkan identitasnya.

Aplikasi desain grafis dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yang penting adalah mengkomunikasikan ide atau informasi dengan cara yang paling menarik, untuk membangkitkan minat publik terhadap pesan tersebut.

Apakah kalian tau apa itu powerpoint? powerpoint adalah…. eitss selengkapnya bisa langsung kunjungi tautan tersebut, disana juga tersedia beberapa template ppt lucu untuk kamu.