Pada kesempatan kali ini Materi Bindo akan membagikan artikel tentang Billboard yg mencakup pengertian, ukuran, Billboard Sign Bali fungsi, karakteristik, keunggulan & kelemahan, jenis & model billboard.

Billboard sendiri asal dari kata bills yg berarti kertas & board yang berarti papan kayu. Dahulu billboard acapkali disebut menggunakan kata outdoor advertising. Kini kata itu berubah menjadi out-of-home advertising atau dikenal pula dengan istilah OOH.

Awalnya komunikasi dalam bentuk billboard berupa poster-poster kertas yg ditempel di papan kayu dan diletakkan di tempat yang strategis. Apa yang dimaksud dengan Billboard? Billboard adalah galat satu media promosi yang banyak digunakan sang perusahaan di masa sekarang ini. Billboard umumnya dapat Anda lihat pada tiap sudut lampu merah atau jika Anda melintasi sebuah mall. Dengan berukuran & rona yang mencolok, billboard sanggup menarik perhatian siapa pun yg melintasinya.

Dari segi teknis perancangan desainnya, billboard sanggup dianalogikan sebagai poster dalam ukuran super besar. Karena dengan kemajuan teknologi mesin cetak berukuran akbar (large scale printer), maka billboard tak jarang kali dibuat menggunakan bahan stiker, sehingga sewaktu-ketika materi iklan pada billboard mampu diganti-ganti.Pengertian BillboardApa itu Billboard? Pengertian billboard adalah papan iklan luar ruangan berukuran super besar. Biasanya diletakkan pada loka yang tinggi agar mampu dicermati & dibaca berdasarkan jauh, atau dalam lokasi yg dilalui lalu lintas dalam jumlah banyak.

Di Indonesia, billboard mempunyai definisi sendiri. Pengertian billboard yaitu reklame yang berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari kayu, plastik, kain, kaca, logam, fiberglass, & sebagainya yg pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, & papan reklame tadi bersifat tetap.

Setelah kita mengetahui pengertian billboard secara umum, selanjutnya kita pula harus mengetahui pengertian billboard dari para ahli

Pengertian billboard menurut Sigit Santosa (2009:168) merupakan seluruh iklan yang menjangkau konsumen waktu mereka sedang berada diluar tempat tinggalatau kantor. Jadi billboard membujuk konsumen ketika mereka sedang pada loka-tempat generik, pada bepergian, pada ruang tunggu (misalnya apotik), dan jua di tempat-tempat terjadinya transaksi.

Sedangkan menurut Wikipedia, Papan reklame (dalam bahasa Inggrisnya: Billboard) merupakan keliru satu media luar ruang yg bertujuan membicarakan pesan mengenai suatu produk atau jasa bahkan individu-individu yg ingin mendongkrak popularitas.

Fungsi Billboard

Adapun fungsi berdasarkan billboard merupakan menjadi berikut:Billboard berfungsi menjadi media promosi luar ruang (out-of-home advertising).Sebagai pengingat, penguat, pengenal suatu merk/produk.Menampilkan warta dalam sekejap mata, seringkali kita hanya melihat sekilas ketika melewatinya.Memberikan penekanan dalam orang yang melihat supaya mengetahui suatu merk/produk.Sebagai media liputan yg ditujukan bagi khalayak atau konsumen.Memperlihatkan secara pribadi atau tak pribadi objek yg ingin di promosikan.Media kenaikan pangkatyang paling tak jarang dipakai oleh perusahaan.Dapat menaikkan penjualan “market”.

Ciri-Ciri Billboard

Adapun karakteristik-karakteristik billboard merupakan sebagai berikut.Biasanya memiliki berukuran tinggi dan besar2 : 3, menggunakan rona paradoksal sebagai akibatnya mudah ditinjau & dibaca.Ilustrasi & huruf ukuran akbar.Biasanya dipasang di pertigaan atau perempatan jalan besaryg banyak dilalui orang.Biasanya buat kenaikan pangkatmerk/produk.Dapat pula berisi fakta iklan layanan warga .Bahasanya yang singkat, padat, kentara, & menarik perhatian.

Keunggulan Billboard

Ada beberapa keunggulan media iklan billboard, yaitu:Menjangkau Sasaran Billboard yg dipasang pada loka-tempat generik niscaya akan terlihat khalayak. Khalayak nir bisa mematikan atau menghidupkan iklan ini seperti televisi atau radio. Mereka juga nir sanggup membuangnya. Dengan demikian billboard dapat dipastikan menjangkau khalayaknya.