Metrik untuk Mengukur Jumlah Pengunjung Website

Digital marketing metrics merupakan kumpulan nilai yang dipakai untuk melacak dan mengukur kesuksesan sebuah usaha pemasaran produk memakai digital marketing. Biasanya, pengukuran ini dilakukan dengan menggunakan tools, misalnya Google Analytics.

Metrik untuk Mengukur Jumlah Pengunjung Website

Metrik yang diukur dapat dijadikan sebagai petunjuk apakah usaha digital marketing anda berhasil atau tidak. Sehingga, anda dapat menentukan strategi selanjutnya. Nah, berikut ini kami akan memberikan daftar metrik untuk mengukur jumlah pengunjung website.

  1. Overall traffic

Overall traffic merupakan jumlah keseluruhan traffic website. Baik dari organic traffic, direct traffic, affiliate, paid search dan lainnya. Untuk mengetahui metrik ini maka anda dapat memakai tool digital marketing ubersuggest, google analytics dan lainnya.

  1. Channel metric

Traffic yang masuk pada web anda bisa berasal dari beberapa channel atau sumber. Setiap channel dapat menyumbang banyak traffick dan bisa tidak. Dengan melihat channel metric maka anda  bisa menentikan sumber mana yang potensial meningkatkan traffic dan mana yang memerlukan perbaikan.

  1. New vs Returning Visitor

Pengunjung web bisa dibagi menjadi dua yakni pengunjung baru (new) serta pengunjung yang pernah hadir sebelumnya (returning). Tools ini akan dibedakan sesuai hostoris kunjungan pada website.

Data pengunjung New vs Returning bisa memberi gambaran seberapa berhasil usaha digital marketing, membuat visitor kembali berkunjung ke website dan menambah jumlah pengunjung baru.

  1. Exit rate

Exit rate merupakan metrik yang menunjukkan jumlah pengunjung mengunjungi satu halaman website ke halaman lain dan meninggalkannya.

Dari data ini, anda bisa mengevaluasi halaman yang sering ditinggalkan pengunjung. Misalnya, mengaudit dari segi tampilan, kecepatan dan memperbarui konten pada halaman tertentu supaya lebih menarik.

  1. Bounce rate

Merupakan persentase pengunjung yang meninggalkan page website tanpa melakukan aktifitas apapun. Baik untuk mengklik CTA, mengisi formulir, melakukan pembelian atau berlangganan newsletter.

Demikian ulasan mengenai metrik untuk mengukur jumlah pengunjung website. Bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan website Batam terbaik maka anda bisa menghubungi I-Development. Kami sebagai jasa pembuatan website profesional selalu siap menjawab segala kebutuhan anda baik untuk website bisnis maupun kepentingan yang lain.