Apabila bicara soal material bangunan, tentunya anda akan sangat familiar dengan yang namanya pipa. Yang mana, pipa ini biasanya digunakan sebagai sarana untuk mengalirkan air pada sebuah bangunan.

Sekarang ini sudah banyak pipa yang dijual di pasaran dengan berbagai jenis, salah satunya adalah pipa PVC yang terbuat dari bahan baku polivinil klorida. Selain harga pipa PVC relatif terjangkan dan juga ini juga mudah dipasang sehingga tidak heran kalau benda yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat.

Pemasangan pipa saluran air pada rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal ini dikarenakan jika pasokan air bersih maupun pembuangan air limbah terhambat, dapat menyebabkan masalah kebersihan pada rumah yang nama bisa berdampak pada masalah kesehatan anggota keluarga.

Dengan demikian, instalasi pipa air ini sangat penting guna memastikan kenyamanan rumah anda, Dengan perencanaan instalasi yang tepat, ketersediaan air bersih untuk kebutuhan pokok seperti mandi, memasak, minum, mencuci piring dapat terpenuhi dengan baik.

Selain instalasi pipa saluran air bersih, anda juga harus mempertimbangkan pemasangan pipa saluran air limbah. Dengan adanya instalasi saluran limbah, air kotor hasil pembuangan mandi, memasak, dan mencuci bisa disalurkan ke tempat semestinya.

Merawat Saluran Pipa PVC Agar Tidak Mudah Tersumbat

Akibat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak jarang pipa akan mengalami masalah, seperti tersumbat. Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Menuangkan Air Panas Ke Dalam Pipa

Salah satu penyebab pipa PVC menjadi tersumbat adalah adanya kotoran. Meskipun anda tidak membuang sampah ke dalam saluran, akan tetapi terkadang kotoran berupa lumut dapat menjadi penyebabnya. Lumut yang bertumpuk akan membuat aliran air menjadi tidak lancar, maka dari itu anda harus membersihkannya dengan teratur supaya pipa bisa berfungsi dengan maksimal.

Namun jika anda ingin lebih praktis dan tidak ribet dalam membersihkannya, ada cara yang lebih mudah yang bisa anda lakukan. Caranya adalah dengan menyiramkan air panas ke dalam pipa tersebut. Hal ini dilakukan supaya kotoran berupa lumut tersebut bisa luruh sehingga pipa tidak tersumbat lagi. Selain mudah, cara ini juga tidak akan membuat rusak pipa.

  1. Mengeluarkan Kotoran

Faktor utama penyebab pipa saluran air menjadi tersumbat adalah kotoran yang mengendap dan menumpuk. Jika anda sudah coba menuangkan air panas namun tidak behasil, maka bisa jadi kotoran tersebut sangat tebal sekali sehingga tidak bisa dihilangkan dengan hanya menuangkan air panas saja.

Jika kondisi tersebut terjadi, maka cara lainnya yang bisa anda coba adalah dengan mengeluarkan kotoran tersebut. Adapun caranya adalah dengan menyodoknya menggunakan alat khusus sehingga kotoran tersebut bisa luruh.  Memang cara ini cukup merepotkan, namun sangat efektif untuk membersihkan kotoran yang membandel di dalam pipa.

  1. Jangan Membuang Sampah

Salah satu cara pencegahan yang paling efektif  agar pipa tidak tersumbat adalah jangan membuang sampah. karena memang, salah satu penyebab utama saluran air adalah rentan sekali tersumbat akibat adanya kotoran. Kotoran ini bisa berupa sampah yang anda buang. Masih banyak orang membuang sampah pada pipa saluran air dengan alasan lebih praktis. Namun, hal ini justru bisa menyumbat pipa air.

Jika sudah tersumbat, maka untuk membersihkannya cukup merepotkan, apalagi jika pipa tersebut sangat panjang karena anda harus menyodoknya atau bahkan harus membongkarnya. Oleh karena itu, supaya hal itu terjadi pada anda, mulai hari ini stop kebiasaan buruk membuang sampah pada saluran air di rumah anda.