Mengenal Jenis-Jenis Mortar dan Keunggulannya untuk Mendirikan Bangunan! Seandainya Anda belum meiliki tempat tinggal yang tetap maka alangkah bahagianya jika mempunyai rumah sendiri, bukan? Baik rumah besar atau kecil maka rumah tersebut adalah surga dunia yang tidak ada duanya. Sebab rumah merupakan tempat berlindung dari panas, hujan, angin, dan berbagai kejahatan. Rumah yang kuat adalah yang salah satu bahan bangunannya menggunakan mortar.

Dengan memiliki rumah maka Anda akan memiliki perasaan yang tenang dan nyaman karena tidak lagi harus memilikirkan uang kontrakan. Memang tidak enak kalau setiap bulan pikiran dikejar dengan bayang-bayang membayara kontrakan setiap bulan atau tahun.

Saat Anda dianugerahi rezeki oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk membangun rumah maka Anda pun bersyukur. Namun kini Anda mendapat masalah mengenai bagaimana cara membangunnya. Selain itu, Anda bingung mencari bahan-bahan yang berkualitas dan hemat, bukan?

Anda tidak perlu khawatir karena sekarang semen instan. Semen instan ini menggunakan bahan-bahan terbaik sehingga menghasilkan semen homogen yang berkualitas tinggi.

Jenis Mortar

Untuk memudahkan penggunaan mortar pada bangunan maka semen ini dibuat sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, semen instan memiliki beberapa jenis sesuai dengan kegunaannya yaitu:

  • Bonding mortar atau mortar perekat

Jenis mortar perekat yaitu untuk merekatkan bata ringan, bata merah, perekat tembok, perekat lantai, dan anchorage mortar.

  • Decoration mortar atau mortar dekorasi

Yang termasuk ke dalam mortar dekorasi adalah decorative plester atau plester penghias, dempul untuk tembok dalam dan luar, semen berwarna, dan lain-lain.

  • Protection mortar atau mortar pelindung

Sedangkan yang termasuk kedalam mortar pelindung yaitu, mortar anti korosi, mortar kedap air, self-leveling mortar, mortar untuk insulasi panas, mortar untuk meningkatkan daya tahan, mortar untuk perbaikan, mortar anti jamur, mortar pelindung, dan lain-lain.

Keunggulan Mortar Dibanding Semen Konvensional

Mortar instan atau dry mortar dirancang khusus untuk membuat bangunan yang kuat dan berkualitas. Ada pun keungulan dari semen instan ini adalah:

  • Meningkatkan efisiensi waktu dalam pengerjaannya karena semen ini hanya tinggal dicampur air saja.  Maka dari itu, semen ini sangat hemat biaya pengerjaannya.
  • Semen instan ini meminimalisir kesalahan takaran dalam nmembuat adukan bahan bangunan

Bahan Dasar Mortar

Kenapa semen instan ini bisa membuat bangunan kokoh dan kuat? Sebab semen ini terdiri dari tiga bahan yaitu semen, pasir, dan kapur. Ketiga bahan ini adalah super dalam membuat bangunan yang berkualitas karena semen ini menyesuaikan diri dengan cuaca di sekitar.

Dengan memahami banyak pengetahuan tentang semen instan maka tidak ada lagi pikiran bahwa semen ini mahal. Sebab dengan menggunakan semen instan ini maka Anda dapat menghemat waktu dan biaya pengerjaan. Selain itu, bangunan yang dihasilkan lebih kuat dan lebih berkualitas. Wujudkan impian Anda membangun rumah dengan mortar, yuk!