Pernahkah kamu bertanya, untuk apa XML itu digunakan?. Apa data yang akan ditampungnya?. Apakah semua situs web butuh menggunakan XML? Berikut ini akan kita jelaskan mengenai kegunaan fungsi dari XML dengan langsung pada studi kasusnya.

Contohnya pada perusahaan A adalah sebuah media lokal yang menyajikan informasi seputar berita lokal yang cukup dikenal. Perusahaan yang mempunyai web portal berita online yang menampilkan berita terbaru di setiap harinya. Semua data atau artikel tersimpan dalam database yang diletakkan pada webserver.

Kemudian ada salah satu perusahaan B yang juga akan menyajikan kumpulan berita dari semua web media lokal menjadi satu pada website miliknya. Website yang juga menampilkan berita yang tersedia pada web perusahaan A untuk update artikel miliknya. Dimana data artikel yang didapatnya dari web perusahaan A lalu dimasukkan ke dalam database web perusahaan B secara manual oleh admin supaya dapat ditampilkan pada halaman website perusahaan B.

Sudah mendapat gambaran betapa repotnya untuk menampilkan data yang selalu up to date, karena setiap data pada perusahaan A diubah maka admin pada perusahaan B harus mengedit data yang ada di dalam databasenya. Tentu hal itu akan memakan waktu dan kinerja yang sangat besar juga merepotkan.

Dengan adanya teknologi XML ini maka hal tersebut tidak akan terjadi. Semua pekerjaan meng-update data terbaru tidak perlu dilakukan, karena harga XML mobile akan mengambil dan mentransfer data yang dibutuhkan untuk ditampilkan pada situs kamu.

Dengan adanya XML, jika data pada situs perusahaan A di update maka informasi pada web perusahaan B juga akan ikut ter-update.

XML adalah segalanya tentang manajemen data memungkinkan untuk ketersediaan format yang sesuai dengan keinginan kita.