Sebagian besar bisnis dapat memperoleh manfaat dari inovasi teknologi yang akan membantu mereka lebih memahami pasar bisnis mereka untuk meningkatkan produktivitas dan menghasilkan pendapatan. Salah satu metode teknologi pengumpulan dan pengukuran data lokasi untuk lebih memahami pasar dan pelanggan di kawasan tertentu adalah istilah yang disebut Solusi Kecerdasan Lokasi. Istilah ini mengacu pada penggunaan teknologi khusus seperti GIS untuk mengumpulkan data relevan yang berisi konten lokasi yang dapat dipercaya untuk lebih memahami pelanggan, pasar, dan layanan. Tujuan akhir dari solusi intelijen lokasi adalah untuk meningkatkan kinerja bisnis dan meningkatkan keuntungan.

Sebagian besar bisnis memiliki banyak data yang dikumpulkan dari lokasi geografis tertentu yang dapat membantu meningkatkan keuntungan mereka. Misalnya, jarak antara supermarket dan pinggiran kota akan sangat memengaruhi jumlah pelanggan yang datang ke toko dibandingkan dengan supermarket lain yang jaraknya satu atau dua mil. Berikut adalah sejumlah manfaat menggunakan Solusi Intelijen Lokasi:

Solusi Verifikasi Alamat

Sebuah bisnis dapat mengambil keputusan yang lebih baik dengan memanfaatkan Location Intelligence menggunakan teknologi inovatif seperti solusi verifikasi alamat. Teknologi ini memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan layanan, memperkaya database mereka dengan membuat visual dari satu alamat dan area sekitarnya, dan geocoding beberapa alamat properti hunian dan bisnis di area sekitarnya. Strategi yang digarisbawahi adalah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan mempertahankan pelanggan saat ini dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan untuk menganalisis dan menerapkan strategi pemasaran dengan lebih baik di area tersebut yang akan menarik pelanggan dan mendapatkan keunggulan kompetitif atas bisnis serupa di area tersebut.

Solusi Sistem Informasi Geografis (GIS)

Inti dari Location Intelligence adalah Sistem Informasi Geografis (GIS). Ini adalah sistem pengumpulan informasi berteknologi canggih dan menggabungkannya untuk tujuan penyimpanan, analisis, distribusi, dan peragaan informasi geografis. Data GIS dapat menampilkan fitur-fitur seperti jaringan transportasi, lokasi perumahan dan komersial, ketinggian, medan, dan fitur pemetaan penting lainnya. GIS akan terdiri dari berbagai pemetaan dan teknologi pengumpulan data seperti penginderaan jauh, foto udara, survei tanah, pemetaan geografis yang luas, verifikasi alamat yang mencakup kode pos, dan banyak lagi.

Solusi Analisis Demografi

Sehubungan dengan strategi pemasaran bisnis, bisnis dapat menggunakan sistem GIS untuk menganalisis data demografis guna menemukan wilayah untuk menjual produk atau layanan mereka. Ini dapat membantu pembentukan bisnis dan keadaan calon pekerjaan potensial di daerah tersebut. Tujuan GIS adalah untuk mengidentifikasi tren pasar baru dari penelitian yang dianalisis untuk mengembangkan konten pemasaran. Misalnya, ini dapat dicapai dengan memperoleh alamat yang sebelumnya tidak diketahui di lokasi yang diminati yang menghasilkan daftar prospek pelanggan yang disesuaikan. Selain itu, ini akan secara efisien mengelola konten alamat dengan menggabungkan data untuk menemukan alamat yang umum dan kontras. Selain itu, bisnis dapat melihat munculnya pola penting dan relevan. Data yang dikumpulkan menggunakan Sistem Informasi Geografis akan membantu bisnis memperoleh gambaran pasar yang lebih baik dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Maksimalkan Model Bisnis

Dengan memadukan konten lokasi yang berlaku seperti pemetaan kode pos ke dalam strategi dan alur kerja bisnis saat ini, intelijen lokasi dapat membantu bisnis mengoptimalkan investasi modal, meningkatkan kepatuhan, dan menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, masuk akal bagi bisnis untuk mengidentifikasi tren saat ini menggunakan solusi intelijen lokasi logistik karena mereka lebih mampu menentukan strategi apa yang perlu diterapkan, serta mengembangkan strategi pemecahan masalah yang lebih baik. Location Intelligence memberi perusahaan kemampuan untuk membuka nilai bisnis mereka dengan memanfaatkan konten lokasi yang menghasilkan kinerja bisnis yang lebih baik.

Solusi Business Location Intelligence memerlukan peta kode pos, perangkat lunak geocoding, perangkat lunak verifikasi alamat, dan kecerdasan lokasi untuk bekerja sama untuk satu paket lengkap.