Menjadi seorang pekerja yang berkualitas mengandung banyak tantangan. Salah satu hal yang dibutuhkan pekerja agar bisa bertahan lama di perusahaan tempatnya bekerja sekarang adalah empati. Apa itu empati? Empati adalah kondisi di mana seseorang menempatkan dirinya pada posisi orang lain untuk memahami kondisi orang lain. Hal ini memudahkan proses penyampaian ekspresi dan saran yang tepat. 

Menyampaikan tujuan

Empati memudahkan kita menyampaikan tujuan. Kita dapat dengan lebih mudah mengungkapkan pada orang lain dan juga dapat mendengarkan apa yang ingin mereka ceritakan. Bila kita tidak memiliki empati, maka kita akan sulit berkomunikasi dengan orang lain dan sulit mendengarkan apa yang ingin mereka ceritakan.

Menghargai keberagaman di tempat kerja.

Empati membuat kita menghargai satu sama lain di tempat kerja. Jika kamu ingin melamar ke rumah sakit, maka carilah contoh surat lamaran kerja ke rumah sakit. Lalu tuliskan juga sedikit mengenai empatimu di sana.

Menciptakan pekerja yang lebih baik.

Memiliki empati juga akan membantu kamu bertemu orang-orang baru dengan penuh antusias dan percaya diri. Empatinya akan membuatmu lebih mampu untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka, sehingga kamu tidak terkesan bersikap keras atau egois di depan mereka.

Meningkatkan efektivitas dalam komunikasi dan kooperatif.

Empatilah orang lain, hal ini dapat membantu kalian menyadari bagaimana mereka memandang situasi dan kemungkinan mengerti apa yang sedang dipikirkan oleh orang lain. Dengan empati dapat membuat komunikasi dan kooperasi lebih baik. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan hubungan kerja dengan rekan kerja sebagai seseorang yang lebih nyaman dengan situasi sekitarnya.

Melancarkan wawancara kerja

Wawancara kerja merupakan cara untuk mengetahui kualitas personel yang akan diterima. Dalam wawancara kerja, anda harus selalu berupaya menunjukkan empati dengan cara mengagumi perilaku kerja teman-teman disekitar anda.

Jika dalam situasi tertentu anda adalah orang yang terutama, maka ikuti saja pola pikir mereka dan tentukan bagaimana cara membuat seluruh teman-teman senang. Anda harus berbagi sukses dengan rekan kerja agar mereka juga bisa mendapat kesempatan yang sama besarnya seperti dirimu.

Konklusi

Dengan kata lain, empatismu tidak hanya akan membantu Anda untuk menyampaikan maksud Anda, tetapi juga dapat memperluas keuntungannya kepada orang lain. Dengan begitu, diharapkan bisa memperkuat hubungan antara Anda dengan rekan kerja yang baru dan lebih baik.