Makanan Anak Kucing Bolehkah Diberi Makanan Kucing Dewasa

Ketika anda mencari makanan instan kucing, akan dibagi menjadi dua jenis. Yaitu makanan untuk anak kucing dan makanan kucing dewasa.  Makanan yang diberikan untuk anak kucing berbeda dengan kucing dewasa. Karena kebutuhan nutrisi keduanya berbeda.  Makanan anak kucing teksturnya lebih lembut dan kandungan gizinya lebih tinggi. lalu apakah anak kucing boleh diberi makanan kucing dewasa.

Syarat Makanan Anak Kucing

Anak kucing masih dalam masa pertumbuhan. Dia membutuhkan nutrisi yang lebih banyak daripada kucing dewasa. Jenis nutrisi yang dibutuhkan pun sedikit berbeda. Kucing disebut anak kucing, jika berusia 1-12 bulan. di awal kelahiran anak kucing hanya minum susu dari induknya saja. minggu ke empat, sudah bisa dikenalkan makanan padat dengan tekstur yang lembut.

Makanan untuk anak kucing harus mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan kucing dewasa. Karena kebutuhan energinya masih tinggi. selain itu untuk membantu pertumbuhannya, dibutuhkan protein dan kalsium tinggi. sehingga tulang dan giginya dapat tumbuh dengan baik. anak kucing bisa memproduksi vitamin c sendiri. namun untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya, anda bisa memberikan tambahan vitamin B dari makanan.

Bolehkah Anak Kucing Diberi Makanan Kucing Dewasa

Lalu apakah boleh anak kucing diberi makanan kucing dewasa? Kalau anak kucing tidak sengaja memakan makanan kucing dewasa, tidak akan mempengaruhi kesehatannya. Anak kucing tidak akan sakit. Namun bila anda memberikannya terus menerus, akan membuat asupan gizinya kurang. Karena kandungan nutrisi di makanan kucing dewasa tidak sesuai dengan kebutuhan anak kucing.

Ini akan membuat tumbuh kembangnya terganggu. padahal makanan untuk anak kucing diberikan, supaya dia bisa tumbuh sehat dan lincah saat dewasa. Apalagi tekstur makanan kucing dewasa masih terlalu keras untuk gigi anak kucing. Akan membuat ia kesulitan menelan dan mengunyah.

Jadi lebih baik berikan makanan yang sesuai dengan usianya. Anak kucing harus diberikan makanan untuk anak kucing, hingga ia berusia 12 bulan. setelah itu anda bisa mulai mengenalkan makanan padat khusus kucing dewasa. Namun ada beberapa ras kucing, yang  memasuki usia dewasa setelah berusia 18 bulan. oleh karena itu penting untuk mengetahui ras kucing anda.

Saat mengganti dari makanan untuk anak kucing ke makanan kucing dewasa. Anda bisa menggantinya secara perlahan-lahan. Jangan langsung menggantinya secara drastis. Cobalah campurkan makanan khusus anak kecil dengan makanan kucing dewasa. Bisa dimulai dari 75:25, kemudian 50:50, hingga 100 persen makanan dewasa semua.

Jangan lupa untuk memilih makanan anak kucing yang berkualitas. Apalagi sekarang ada banyak merk makanan khusus kucing di pasaran. Anda bisa menggunakan produk pro plan yang sudah terjamin kualitasnya. Mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan anak kucing.