Keunggulan Bayi Prematur 7 Bulan yang Wajib Diketahui

Tidak bisa dipungkiri apabila setiap orangtua pasti menginginkan bayi lahir secara normal dan bukannya prematur bukan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena bayi yang lahir prematur memang cukup identik dengan keberadaan penyakit. Padahal sebenarnya terdapat banyak keunggulan bayi prematur 7 bulan lho yang wajib untuk anda ketahui.

Persalinan prematur sendiri terjadi apabila kontraksi teratur menghasilkan pembukaan serviks setelah 20 minggu dan sebelum 37 minggu kehamilan. Ini artinya usia bayi ketika masih berada didalam kandungan masih berusia  7 bulan. Ketika bayi prematur tersebut lahir, maka biasanya akan dibantu dengan menggunakan alat pernapasan.

Tidak sampai disitu saja, asupan nutrisi yang diperoleh mereka juga harus dilakukan melalui pipa kemudia akan dimasukkan melalui mulut atau hidung yang akan menuju ke perut. Tidak sedikit pula asupan nutrisi tersebut harus melalui infus.

Kelebihan bayi prematur 7 bulan

Bayi lahir prematur 7 bulan sebenarnya tidak perlu khawatir begitu saja. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena mereka ternyata memiliki banyak kelebihan lho. Tidak sedikit pula dari mereka yang memiliki fisik lebih prima hingga dewasa. Penasaran dengan keunggulan bayi prematur 7 bulan? Berikut penjelasannya.

  1. Lebih memiliki ikatan dengan orangtua

Berdasarkan dengan beberapa riset yang dilakukan, bayi yang lahir secara prematur ternyata memiliki kedekatan yang lebih baik dengan orangtua. Bayi yang lahir secara prematur ini biasanya memang tidak akan menangis sekencang seperti bayi pada umumnya. Tidak hanya itu saja, mereka pasti akan dimasukkan ke ruang incubator terlebih dahulu.

Karena itulah, maka orangtua pasti akan selalu memberikan pengawasan terbaik buat mereka bukan? terlebih lagi, bayi prematur memang lebih rentan.

  1. Respon otak lebih peka terhadap sentuhan

Kelebihan lainnya dari bayi yang lahir secara prematur adalah memiliki respon otak yang lebih peka terhadap adanya sentuhan. Tentunya ini melalui kontak fisik dengan orangtua maupun oleh para perawat. Melalui proses skin-to skin inilah ternyata juga menjadi salah satu cara bayi belajar melakukan komunikasi.

  1. Bisa tumbuh dengan optimal

Siapa sangka bayi prematur lahir dengan berbagai macam masalah? Keunggulan bayi prematur 7 bulan yang berikutnya adalah kemampuannya yang dapat tumbuh dengan optimal. Orangtua tidak perlu khawatir karena mereka juga akan memiliki tinggi badan normal ketika beranjak besar.

  1. Membutuhkan interaksi khusus

Bayi yang lahir secara  prematur biasanya memang membutuhkan bimbingan maupun interaksi khusus dengan orangtuanya ketika tengah menghadapi masala social maupun emosional. Disinilah peran para orangtua memang sangat dibutuhkan untuk mereka. Beberapa anak yang lahir prematur biasanya juga menunjukkan beberapa kondisi seperti hiperatif deficit perhatian.

Demikian beberapa keunggulan bayi prematur 7 bulan yang wajib diketahui. Sebagai orangtua, tugas anda tidak hanya menjaga mereka tetap juga harus menjaga asupan gizi yang dimiliki mereka agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.