Jenis Tinta Sablon – Salah satu bahan utama dalam membuat pencetakan manual dan layar digital adalah tinta. Tinta ini berlaku untuk berbagai jenis media, seperti kain, keramik dan kertas untuk membentuk gambar atau pola khususnya.
Tinta sablon berdasarkan zat campuran untuk tinta dibagi menjadi dua jenis, yaitu, tinta berbasis air dan plastisol tinta. Dua jenis tinta ini memiliki kekurangan dan kelemahan mereka sendiri.
Tinta berbasis air
Tinta berbasis air memiliki kapasitas atau cakupan kapasitas rendah. Karena tidak disarankan untuk menggunakan tinta jenis ini untuk menulis kain gelap karena hasilnya tidak optimal. Hasil akhir dari tinta ini ketika diterapkan pada kain yang sangat lembut seperti seragam sekolah.
Keuntungan dari tinta ini hormat dengan lingkungan, cocok untuk bahan-bahan cerah, dan hasil akhirnya lunak. Sementara kekurangan tidak cocok untuk bahan gelap dan juga presisi antara warna yang dipilih dengan warna saat dicetak tidak begitu baik.
Tinta berbasis plastisol
Tinta ini adalah tinta paling umum yang digunakan dalam proses penyabulonan karena warnanya akurat untuk berbagai jenis bahan dan juga beberapa warna cerah dan gelap. Hasil akhir dari jenis tinta ini tebal dan kasar.
Plastisol tinta ini memiliki keunggulan, yaitu tingkat cakupan tinggi sehingga Anda dapat menutup material dengan sempurna dan dapat digunakan dalam semua jenis bahan. Kerugiannya adalah hasil akhir yang kasar. Selain itu, tinta ini juga penuh hormat dengan lingkungan.
Selain tipe campuran, tinta sablon juga umumnya dibagi dengan tipe tergantung pada karakter tinta dan hasil akhir yang dibuatnya. Tinta ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti yang dijelaskan di bawah ini.
Cetak layar karet
Jenis tinta ini biasanya disebut tinta sablon karet. Jenis tinta ini mampu menutup pori-pori kain dengan hasil akhir yang lembut dan elastis.
Sablon superwhite
Tinta sablon superwhite memiliki kemampuan untuk menyerap jaringan bermotor sehingga hasil akhir sablon duduk lebih lembut dan nyaris tidak terasa ketika tersentuh. Jenis tinta ini akan menghasilkan tampilan bagus untuk baju olahraga.
Sablon bersinar
Pencetakan layar kecerahan saat diterapkan pada kain akan menghasilkan gambar yang cerah. Adapun tekstur ada yang sulit dan halus. Oleh karena itu, sesuaikan hanya keinginan Anda untuk memilih jenis tinta sablon kecerahan apa.
Celah sablon.
Crack Sablon adalah jenis tinta sablon dengan hasil akhir yang terlihat seperti tanah yang retak selama musim kemarau. Dengan jenis layar jenis jenis ini, jenis sablon layar cocok untuk digunakan untuk menulis desain graffity.
Unduh sablon.
Sablon Pencetakan Penemuan ini adalah jenis air berbasis air, sehingga tidak akan merusak kain serat. Saat menggunakan jenis ini, warna asli kain akan dihapus dan akan diganti dengan warna sablon tinta.
Cetak layar plastisol.
Tinta dalam sablon plastisol akan terasa tebal dan kasar saat disentuh. Jenis ini tidak menyerap pada kain yang dilin. Jenis plastisol tinta ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu suede plastisol alami (hasil akhir tidak seperti sablon, tetapi lebih seperti kain), HD plastisol (hasil akhir yang tebal dan ujung dan elegan terdengar), dasar Plastisol Cork (tekstur akhirnya mirip dengan Cork), pangkalan batuan plastisol (hasil akhir tampaknya efek batu alam), dan basis teddy dari plastisol (tekstur lunak sebagai Valvet).