Hiroshima dan Nagasaki ialah kota yg mempunyai sejarah besar pada Jepang dan dunia. Pengeboman yang dilakukan sang sekutu tahun 1945 menghasilkan perang global kedua akhirnya terselesaikan. peristiwa ini akhirnya menghasilkan Indonesia menyatakan diri untuk merdeka di lepas 17 Agustus meski sekutu tidak menerimanya.

Saat pengeboman dilakukan pada Hiroshima serta Nagasaki, Jepang menjadi lumpuh. Transportasi ke dua kota terputus, bahan makanan langka, kelaparan, dan kematian ribuan orang dan orang yang kerja Jepang tetapi, sejarah Hiroshima Nagasaki mencatat bila keterpurukan ini tidak berjalan usang. dalam saat singkat, Hiroshima serta Nagasaki mampu bangkit.

 

Hiroshima dan Nagasaki Pasca Dijatuhi Bom

 

Setelah sekutu menjatuhkan bom, kematian demi kematian terus terjadi di 2 kota tersebut serta sekitarnya. Kematian terbesar terjadi pada Nagasaki sebab kontur tanahnya landai serta dekat pelabuhan. sementara itu di Hiroshima, kematian lebih mampu ditekan mengingat lokasinya cukup berbukit-bukit.

 

Saat pengeboman terjadi, total terdapat sekitar 75 ribu orang mangkat pada Hiroshima. kemudian pada Nagasaki ada kurang lebih 150 orang yang mangkat . Jumlah ini hanya asumsi saja mengingat poly korban yg musnah lebur saat terkena ledakan bom.

 

Selain korban yg tewas waktu insiden, pasca pengeboman jua banyak problem yg terjadi. Mereka yg terkena serpihan benda ke tubuh akan mati perlahan-huma. Selain itu, terdapat jua yang mati dampak kelaparan atau diare. Pasca kejadian, sulit sekali mendapatkan kuliner serta air higienis.

 

Kebangkitan Hiroshima dan Nagasaki

 

Seseorang ilmuwan bernama Dr. Harold Jacobsen mengatakan kalau daerah yang baru saja kena bom sulit buat bangkit. diperlukan saat 70 tahun lebih supaya kembali mirip semula. namun, kebangkitan pada Hiroshima serta Nagasaki berjalan cepat. lebih kurang 4 tahun pasca ledakan pembangunan mulai dilakukan besar -besaran.

 

Bantuan terus mengalir asal semua Jepang serta global. Pemerintah setempat bahkan membentuk undang-undang buat akselerasi pembangunan. Hasilnya, kota ini mulai pulang mirip semula serta banyak penambahan elemen infrastruktur. jika Hiroshima pembangunan monumen dilakukan, pada Nagasaki pembangunan pelabuhan terus digalakkan.

 

Saat ini Hiroshima sudah menjadi kota yang dikenal menjadi pusat perdamaian dunia. terdapat poly taman, monumen, dan museum yang terdapat di sini. seluruh berisi sisa -residu pengeboman pada masa kemudian. Setiap tahunnya, jutaan orang tiba ke sini buat mengenang.

 

Hiroshima berubah sebagai kota pariwisata yang maju. Sektor makanan, akomodasi, hingga transportasi berjalan dengan baik sampai kini . Kota ini mirip menghilangkan bekas serta cacat jelek kota bekas pengeboman.

 

Nagasaki yang berada pada pinggiran laut jua mengalami kemajuan. Kota sudah berdiri menggunakan tepat ketika ini. Sektor industri perikanan sampai ke angkutan barang tidak mengalami penurunan. Kota ini pula menjadi sentra wisata meski tidak sebanyak pada Hiroshima.

 

Jepang memang pernah menjajah Indonesia secara keji semenjak 1942 sampai akhirnya menyerah. tetapi, asal sejarah Jepang terkait Hiroshima dan Nagasaki kita bisa belajar banyak hal. Keterpurukan yg terjadi di masa lalu bukan halangan buat bangkit. Menyerah dulu sebelum berusaha akan membentuk kehidupan tidak bisa maju.

 

Kota yang hancur akibat bom atom super besar umumnya sulit ditinggali. Butuh waktu selama puluhan tahun buat mengembalikan semua, termasuk dampak bahan kimia pada tubuh. Jepang mampu mengatasi hal itu menggunakan cepat. saat ini Hiroshima dan Nagasaki jadi kota yang cemerlang dan pusat industri dan pariwisata.