Backlink memang merupakan salah satu teknik optimasi yang sangat perlu dilakukan untuk mendongkrak traffic pengunjung agar cepat naik ke peringkat atas halaman pertama Google. Namun, bukan berarti bisa dilakukan kapan saja. lantas kapan waktunya memerlukan backlink?

Kapan Waktunya Memerlukan Backlink

Kapan Waktunya Memerlukan Backlink?

Optimasi backlink harus dilakukan di waktu yang tepat agar hasilnya maksimal. Karena jika tidak memperhatikan waktu yang tepat untuk mencantumkan backlink, bukan traffic yang didapatkan namun malah kerugian. Berikut ini beberapa waktu yang tepat untuk melakukan backlink.

  1. Tunggu Saat Konten Website Masuk Halaman 3 atau 5 Google

Bagi Anda pemilik website baru, jangan buru-buru untuk melakukan backlink pada website tersebut. Setidaknya upayakan untuk membuat konten website Anda masuk ke halaman 3 atau maksimal halaman 5 laman pencarian Google secara organik melalui teknik SEO dan lainnya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jika website Anda masih masuk di halaman yang sangat jauh, maka akan kesulitan bagi Google untuk memasukkan website tersebut ke halaman pertama. Maka, lebih baik pelan-pelan lakukan secara organik hingga bisa masuk ke halaman awal.

  1. Optimalkan Traffic Secara Organik Terlebih Dahulu

Bukannya melarang untuk langsung membuat backlink saat website awal berdiri, namun membangun website tidak bisa sekejap mata. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dan tahap awal lakukan semuanya secara organik terlebih dahulu untuk menggaet traffic pengunjung.

Anda bisa mulai melakukannya dengan mempromosikan website yang dibuat melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun aplikasi chatting seperti WhatsApp. Jika konten Anda menarik, orang-orang tak akan segan untuk melihat dan membaca artikel di website tersebut.

  1. Rutin Posting Artikel

Backlink secara maksimal tanpa disertai kedisiplinan posting artikel maka hanya akan berakhir sia-sia. Hal ini dikarenakan Google akan menganggap bahwa website Anda kurang diurus dengan baik. Apalagi jika postingan artikel dilakukan sebulan sekali.

Maka, langkah awal sebelum benar-benar menggunakan jasa backlink kampus adalah rutinkan untuk memposting artikel setiap hari minimal 2 – 3 artikel sesuai topik website tersebut. Percuma juga jika traffic banyak namun artikel yagn terposting di website hanya sedikit.

  1. Desain dan Template Sudah Dibuat Semenarik Mungkin

Selain konten artikel, faktor lain yang akan membuat pembaca betah berlama-lama membuka website Anda adalah desain dan template yang user friendly. Maka dari itu, buatlah desain dan template website yang sederhana dan nyaman saat dibaca.

Anda bisa mempelajari karakter dari niche market website yang Anda buat. Sebagai contoh, jika website yang dibuat adalah tentang anak-anak, maka buatlah desain website yang colorful dan menarik agar anak-anak suka.

Jika Anda tidak memperhatikan kapan waktunya memerlukan backlink yang tepat, dikhawatirkan teknik ini tidak akan optimal untuk menaikkan traffic pengunjung. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan backlink jika website Anda benar-benar sudah siap.