Kanker lidah merupakan tipe kanker yang diawali di sel- sel lidah, serta bisa menimbulkan lesi ataupun tumor di lidah Kamu. Ini sejenis kanker kepala serta leher.

Kanker lidah bisa terjalin di bagian depan lidah, yang diucap kanker lidah oral, ataupun dapat pula terjalin di dasar lidah, di dekat tempat melekat ke bagian dasar mulut. Ini diucap kanker orofaringeal.

Karsinoma sel skuamosa merupakan tipe kanker lidah yang sangat universal. Tipe kanker ini terjalin:

Di permukaan kulit

Di susunan mulut, hidung, laring, tiroid, serta tenggorokan

Di susunan saluran respirasi serta pencernaan

Seluruh bagian badan ini ditutupi sel- sel skuamosa.

Tahapan serta klasifikasi kanker lidah

Kanker lidah diklasifikasikan memakai tahapan serta nilai. Riwayat menampilkan seberapa jauh kanker sudah menyebar. Tiap sesi mempunyai 3 klasifikasi potensial:

T mengacu pada dimensi tumor. Tumor kecil merupakan T1 serta tumor besar merupakan T4.

N mengacu pada apakah kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening leher. N0 berarti kanker belum menyebar, sedangkan N3 berarti sudah menyebar ke banyak kelenjar getah bening.

Meter mengacu pada apakah terdapat metastasis( perkembangan bonus) di bagian badan lain.

Tingkatan kanker mengacu pada seberapa kasar serta seberapa besar penyebarannya. Kanker lidah dapat:

Rendah( perkembangan lelet serta tidak bisa jadi menyebar)

Moderat

Besar( sangat kasar serta cenderung menyebar)

Indikasi kanker lidah

Pada sesi dini kanker lidah, paling utama dengan kanker di dasar lidah, Kamu bisa jadi tidak memandang indikasi apa juga. Indikasi dini yang sangat universal dari kanker lidah merupakan sakit di lidah yang tidak sembuh serta gampang berdarah. Kamu bisa jadi pula merasakan sakit mulut ataupun lidah.

Indikasi lain dari kanker lidah:

Bercak merah ataupun putih di lidah yang bertahan lama

Cedera lidah yang bertahan lama

Sakit dikala menelan

Kebas mulut

Sakit kerongkongan yang berlanjut

Pendarahan dari lidah tanpa pemicu yang jelas

Tonjolan di lidah yang terus berlanjut

Pemicu kanker lidah serta orang yang berisiko

Pemicu kanker lidah tidak dikenal. Tetapi, sikap serta keadaan tertentu bisa tingkatkan risikonya, tercantum:

Merokok ataupun mengunyah tembakau

Minum berat

Terinfeksi human papillomavirus( HPV), penyakit meluas seksual

Mengunyah sirih, yang sangat universal di Asia selatan serta tenggara

Riwayat keluarga ataupun kanker mulut lainnya

Riwayat individu kanker tertentu, semacam kanker sel skuamosa lainnya

Diet yang kurang baik– terdapat sebagian fakta kalau diet rendah buah serta sayur- mayur tingkatkan resiko seluruh kanker mulut

Kebersihan mulut yang kurang baik– iritasi konstan dari gigi bergerigi ataupun gigi palsu yang tidak cocok bisa tingkatkan resiko kanker lidah Anda

Kanker lidah pula lebih kerap terjalin pada laki- laki yang lebih tua daripada pada perempuan ataupun orang yang lebih muda. Kanker mulut sangat universal terjalin pada orang yang berumur di atas 55 tahun.

Penaksiran kanker lidah

Buat mendiagnosa kanker lidah, dokter hendak terlebih dulu mengambil riwayat kedokteran. Mereka hendak bertanya tentang keluarga ataupun riwayat kanker individu, apakah Kamu merokok ataupun minum serta berapa banyak, serta apakah Kamu sempat dites positif buat virus HPV.

Setelah itu mereka hendak melaksanakan pengecekan raga mulut buat mencari isyarat kanker, semacam bisul yang tidak dipulihkan. Mereka pula hendak mengecek kelenjar getah bening di dekatnya, buat mengecek pembengkakan.

Bila dokter memandang isyarat kanker lidah, mereka hendak melaksanakan biopsi di zona yang dicurigai kanker. Biopsi insisi merupakan tipe biopsi yang sangat kerap digunakan. Dalam tipe biopsi ini, dokter hendak mengangkut sebagian kecil dari kanker yang dicurigai. Ini umumnya dicoba dengan anestesi lokal di kantor dokter Kamu.

Alih- alih biopsi insisi, dokter bisa jadi melaksanakan tipe biopsi yang lebih baru yang diucap biopsi gosok. Dalam biopsi ini, mereka hendak menggosokkan gosok kecil di atas zona yang dicurigai kanker. Ini menimbulkan pendarahan kecil serta membolehkan dokter Kamu mengumpulkan sel buat diuji.

Sel- sel dari kedua tipe biopsi hendak dikirim ke laboratorium buat analisis. Bila Kamu mengidap kanker lidah, dokter bisa jadi melaksanakan CT scan ataupun MRI buat memandang seberapa dalam serta seberapa jauh penyebarannya

Metode menjaga kanker lidah

Perawatan buat kanker lidah bergantung pada seberapa besar tumor lidah serta seberapa jauh kanker sudah menyebar. Kamu bisa jadi cuma membutuhkan satu perawatan ataupun Kamu bisa jadi membutuhkan campuran perawatan.

Kanker mulut dini yang belum menyebar umumnya bisa diatasi dengan pembedahan kecil buat mengangkut wilayah yang terserang. Tumor yang lebih besar umumnya butuh dinaikan dengan pembedahan yang diucap glossectomy parsial, di mana bagian lidah dihilangkan.

Bila dokter mengangkut sebagian besar lidah, Kamu bisa jadi menempuh pembedahan rekonstruksi. Dalam pembedahan ini, dokter hendak mengambil sepotong kulit ataupun jaringan dari bagian lain dari badan Kamu serta memakainya buat membangun kembali lidah Kamu. Tujuan dari kedua pembedahan glossectomy serta rekonstruksi merupakan buat mengangkut kanker sembari mengganggu mulut sesedikit bisa jadi.

Glossectomy bisa menimbulkan dampak samping yang parah, tercantum pergantian dalam metode Kamu makan, bernapas, berdialog, serta menelan. Pengobatan wicara bisa menolong Kamu belajar membiasakan diri dengan pergantian ini. Tidak hanya itu, pengobatan bicara bisa menolong mengatasinya.

Bila kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening, mereka mungkin hendak dihilangkan dengan pembedahan.

Bila Kamu mempunyai tumor besar di lidah ataupun kanker sudah menyebar, Kamu bisa jadi wajib mempunyai campuran pembedahan buat mengangkut tumor serta radiasi buat membenarkan kalau seluruh sel tumor dihilangkan ataupun dibunuh. Ini bisa menimbulkan dampak samping semacam mulut kering serta pergantian rasa.

Dokter pula bisa merekomendasikan chemotherapy buat menyembuhkan kanker, dalam campuran dengan pembedahan ataupun radiasi.

Menghindari kanker lidah

Kamu bisa kurangi resiko kanker lidah dengan menjauhi aktivitas yang bisa menimbulkan kanker lidah serta dengan menjaga mulut Kamu. Berikut perihal yang wajib dicoba serta dihindari buat kurangi resiko:

Jangan merokok ataupun mengunyah tembakau

Tidak minum alkohol, ataupun cuma minum sesekali

Tidak mengunyah sirih

Miliki kursus lengkap vaksin HPV

Berlatih seks yang nyaman, paling utama seks oral

Makan banyak buah serta sayur- mayur dalam diet Anda

Yakinkan Kamu menggosok gigi tiap hari serta pakai benang secara teratur

Kunjungi dokter gigi tiap 6 bulan sekali, bila memungkinkan

Metode melindungi kebersihan serta perawatan lidah

1. Metode mebersihan mulut

Metode terbaik melindungi lidah senantiasa sehat merupakan dengan mempunyai mulut yang sehat. Melaksanakan kerutinan menjaga gigi yang baik hendak melindungi lidah dan gusi serta gigi. Peruntukan keahlian berikut selaku kerutinan tiap hari:

Gosok gigimu 2 kali satu hari. Pakai gosok gigi berbulu lembut ataupun lagi, serta gosok paling tidak sepanjang 2 menit tiap kali. Kamu pula bisa memakai gosok gigi elektrik, namun senantiasa yakinkan tingkatkan metode menggosok gigi sehingga Kamu bisa melindungi kesehatan gusi.

Bilas gigi sangat tidak sekali satu hari. Pakai floss ataupun benang gigi 18 inci, serta Pakai floss di tiap- tiap celah gigi.

Bilas dengan air ataupun obat kumur sehabis flossing. Bila mengidap mulut kering, pakai obat kumur leluasa alkohol.

Bilas gigi palsu sehabis makan, serta sikatlah paling tidak satu kali satu hari buat kurangi jumlah kuman yang bisa menimbulkan bisul mulut ataupun iritasi mukosa yang lain.

2. Gosok lidah

Kala menggosok gigi semacam biasa, Kamu pula wajib menggosok lidah buat melenyapkan kuman yang bisa menimbulkan kehancuran gigi ataupun bau mulut. Memakai gosok dengan bulu lembut sampai lagi, gerakkan gosok gigi dengan lembut di permukaan atas lidah dari balik ke depan.

Bila menggosok lidah merangsang refleks muntah, Kamu bisa berupaya mencondongkan kepala ke depan dikala menggosok. Kamu bisa jadi pula mau memakai gosok gigi yang lebih kecil buat meminimalkan ketidaknyamanan.

Bila mempunyai sakit di mulut, berhati- hatilah dikala menggosok gigi. Jauhi menggosok cedera itu sendiri, serta jangan memakai pasta gigi yang memiliki sodium lauryl sulfate. Cedera umumnya hendak lenyap dengan sendirinya.

3. Sikat lidah Anda

Scraper merupakan perlengkapan plastik yang dijual di toko obat serta apotek buat melenyapkan susunan atas kuman serta plak dari lidah Kamu. Pakai sekali satu hari sehabis menggosok gigi. Mulailah dari bagian balik lidah, serta lama- lama tarik pengikis ke depan. Bilas sehabis memakai air keran, obat kumur ataupun apalagi larutan garam.

Jauhi menggerogoti lidah bila Kamu merasakan sakit mulut di lidah. Tunggu hingga sakit sembuh saat sebelum menggerogoti lagi.

4. Kunjungi dokter gigi secara rutin

Dokter gigi bisa membagikan mulut Kamu pembersihan mendalam yang hendak menolong menghindari peradangan serta perkembangan kuman. Mereka pula bisa mendiagnosis peradangan serta permasalahan semenjak dini. Supaya lidah senantiasa sehat serta bersih, jadwalkan kunjungan ke dokter gigi paling tidak sekali ataupun 2 kali setahun.