Pada umumnya untuk flow meter yang menggunakan teknology terbaru flow meter air limbah mampu membaca hasil aliran dengan satuan unit yang bisa di setting. Satuan yang bisa di tampilkan adalah :

  • Satuan kecepatan aliran yang berupa satuan jarak per waktu
  • satuan Kapasitas aliran yang sering disebut dengan flow rate dengan satuan Volume Per Waktu atau mass per waktu
  • Satuan Totalizer yang berupa total Volume atau mass yang mengalir lewat flow meter dengan satuan volumetrik atau mass

Satuan velocity bisa digunakan meters,  km, inchi, feet per waktu yaitu detik, menite amupun jam seperti m/s, m/minute, km/jam. Sedangkan untuk satuan flow rate bisa menggunakan LPM, MPH, M3/detik, BPD, GPM, GPH atau lainnya. Sedangkan satuan totalizer bisa menggunakan M2, Liters, Gallon, Barrel, atau lainnya sesuai dengan standart yang di inginkan

Satuan flow rate merupakan satuan yang banyak di gunakan karena ini berhubungan dengan kapasitas aliran. Pada aplikasinya banyak yang berhubungan dengan kapasitas mesin, kapasitas pompa, kapasitas sistem pendingin serta kapasitas produksi.

Flow Gauge

Flowmeter yang digunakan untuk pengukuran flow rate tanpa perlu total volume atau totatl masas sering disebut dengan flow gauge. Kebanyakan flow gauge ini dipakai pada jenis flow meter variable area pada proses produksi dan jenis venturiyang diapaki untuk mengetahui performa dan kapasitas dari sistem pemadam kebakaran.

Flow gauge ini biasanya menggunakan sistem penunjukan gauge dengan cara mekanikal dimana jarum bergerak sesuai dengan esar kecilnya flow rate. Namun ada juga yang menggunakan semacam bandul ( float) yang dapat kita lihat ketinggian bandul,  karena adanya dorongan aliran dalam tabung dari bawah ke atas.

Flow Switch

Flow switch merupakan sjenis switch yang bekerja karena adanya suatu aliran fluida.Fungsi dari flow switch adalah untuk mencegah suatu kerusakan mesin atau sistem proses dikarenakan adanya aliran yang berhenti atau kapasitas aliran tidak sesuai dengan settingS