Satu Viral – Jeff Bezos adalah seorang pengusaha, investor, dan filantropis asal Amerika Serikat. Ia dilahirkan pada tahun 1964 di Albuquerque, New Mexico, dan menyelesaikan studinya di Princeton University. Pada tahun 1994, Bezos bekerja di Wall Street sebagai analis teknologi informasi. Namun, pada tahun 1995, ia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan memulai Amazon.com, sebuah toko online yang awalnya hanya menjual buku, namun kemudian diperluas menjual berbagai produk lainnya.

 

Amazon.com diluncurkan pada tahun 1995 dan dengan cepat menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Bezos menjabat sebagai CEO dan pemegang saham mayoritas perusahaan. Ia juga menjabat sebagai presiden dan CEO perusahaan. Pada tahun 1997, Amazon.com menjadi perusahaan publik dan sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Nasdaq.

 

Selain Amazon, Bezos juga terlibat dalam berbagai proyek lain, termasuk Blue Origin, sebuah perusahaan yang fokus pada teknologi ruang angkasa, dan The Washington Post, sebuah surat kabar yang dibeli oleh Bezos pada tahun 2013.

 

Bezos juga dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih yang diperkirakan sekitar $150 miliar. Ia juga aktif dalam filantropi melalui Bezos Day One Fund, yang didirikan pada tahun 2018 dan fokus pada pendidikan dan perlindungan pengungsi.

 

Selain itu, Bezos juga terlibat dalam berbagai inisiatif dan proyek lain. Pada tahun 2000, ia mendirikan Blue Origin, sebuah perusahaan ruang angkasa yang bertujuan untuk membuat ruang angkasa tersedia untuk semua orang dan membuat penerbangan ruang angkasa sebagai aktivitas rutin. Pada tahun 2013, Bezos membeli The Washington Post, sebuah surat kabar yang terkenal di Amerika Serikat. Pembelian ini dilakukan atas nama perusahaan pribadinya, Bezos Expeditions.

 

Bezos juga dikenal karena filantropinya, Ia telah menyumbangkan jutaan dolar untuk berbagai organisasi amal dan kampanye, termasuk pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Pada tahun 2018, Bezos dan istrinya, MacKenzie Scott, mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka ke filantropi melalui Bezos Day One Fund.

 

Bezos juga dikenal sebagai salah satu pemimpin bisnis yang inovatif dan berpengaruh, yang membuat Amazon menjadi salah satu perusahaan terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Namun, ia juga menjadi kontroversi karena praktik bisnis Amazon, termasuk masalah upah karyawan dan perlakuan terhadap pedagang yang bekerja sama dengan Amazon. Namun, Bezos terus menjabat sebagai CEO dan pemimpin perusahaan hingga saat ini.