Inilah Jenis Dan Bentuk Dari CCTV

Inilah Jenis Dan Bentuk Dari CCTV

Nah perlu kalian ketahui bahwa CCTV sebagai kamera pengawas ini ternyata memiliki bentuk dan jenis yang beragam dan juga fungsi yang bermanfaat bagi kamu pengguna CCTV. Hal tersebut bisa kalian bedakan berdasarkan harga yang ditawarkan oleh para penjual tawarkan kepada kalian. Semakin mahal CCTV itu berarti menandakan bahwa CCTV memiliki fitur yang lengkap dan kualitas kamera yang tinggi.

Untuk pemilihan kamera harus sesuai dengan apa yang kalian butuhkan ,misalnya saja untuk pembangunan luar ruangan atau dalam ruangan ,penggunaan dengan skala kecil atau sekala besar,atau untuk siang hari ataupun malamhari. Walaupun sama sama CCTV  tapi nyatanya masing masing kamera memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda anatara satu dengan yang lainnya .

Baca Juga : CCTV Cilacap

Jika kalian sedang mencari fungsi CCTV yang pas dan cocok untuk rumah atau kantor kalian bisa menyimak informasi berikut ini .

Berikut adalah jenis dan bentuk CCTV yang bisa kalian ketahui :

1.CCTV Bullet Camera

Jenis CCTV yang pertama yakni jenis Bullet Camera. CCTV jenis ini umum ditemukan penggunaannya dalam beberapa lokasi. Seperti mall, kantor, toko, hingga hunian rumah. Bullet camera memiliki bentuk bulat memanjang. Jenis ini lebih sering berguna di luar ruangan dengan fitur weather-proof dan bentuk yang lebih kokoh daripada jenis lainnya.

Bullet Camera tahan terhadap air hujan dan terik matahari langsung, sehingga sangat cocok untuk pemakaian outdoor. Selain itu, kamera ini tipe fix yang mampu menangkap gambar dari area yang tetap terus-menerus dan tidak include fitur zoom, pan atau tilt control.

2.CCTV Dome Camera

Jenis kedua ini mirip dengan Bullet Camera, yakni memiliki bentuk bulat dan mirip kubah. Jenis ini juga sering untuk penggunaan luar ruangan karena ketahanan kamera yang tahan akan hujan dan matahari.

Dome Camera cenderung lebih fleksibel meski juga menggunakan tipe fix untuk beberapa merk. Jangkauan dari kamera juga beragam, bergantung pada series dan kebutuhan yang pengguna inginkan.

3.CCTV PTZ Camera

Yang ketiga memiliki bentuk hampir serupa dengan Dome Camera, namun kamera ini memiliki ukuran yang lebih besar. PTZ adalah singkatan untuk Pan Tilt Zoom, yang berarti kamera dapat bergerak kea rag kiri dan kanan, bisa bergerak ke atas dan ke bawah, serta mampu memperbesar objek gambar hingga beberapa kali lipat.

Kamera ini banyak digunakan untuk sudut pandang dan jangkauan wilayah yang cukup luas, seperti parkir outdoor, bandara hingga pusat perbelanjaan. PTZ Camera juga bisa memutar secara otomatis mengikuti arah gerak objek atau manual menggunakan controller di pusat kendali CCTV.

4.CCTV Day and Night Camera

Jenis keempat yakni day and night camera, yang sesuai dengan namanya, dapat Anda gunakan dalam berbagai jenis pencahayaan –mulai dari gelap hingga terang. Kamera ini mampu merekam gambar dengan pencahayaan yang minim maupun saat adanya backlight atau terik cahaya matahari yang langsung mengenai lensa kamera.

Umumnya, kamera ini sudah lengkap dengan infrared yang memungkinkan merekam gambar dengan pencahayaan terbatas, sehingga kamera tetap merekam meski saat malam hari.

5.CCTV IP Camera

IP Camera adalah Internet Protocol Camera yang dapat berfungsi dengan adanya koneksi internet. Kamera ini lebih dinamis dan lebih terjangkau harganya dibandingkan dengan jenis analog. IP Camera banyak produsen elektronik, seperti Panasonic, Samsung dan Xiaomi kembangkan.

IP Camera memudahkan penggunanya untuk bisa melihat rekaman secara real-life dan melakukan pengaturan dari aplikasi bawaan merk kamera. Keunggulan lain adalah kualitas gambar yang umumnya lebih bagus daripada dengan jenis analog.

6.CCTV HD Camera

Yang dimaksud dengan HD Camera adalah High Definition Camera atau kamera dengan resolusi dan kualitas gambar yang tinggi. Kamera ini lebih fleksibel karena dapat Anda gunakan dalam ruangan maupun luar ruangan. Saat ini banyak merk CCTV yang mengembangkan HD Camera dalam berbagai penggunaan, seperti untuk kantor, tempat parkir, hingga pabrik dan gudang.

HD Camera memungkinkan Anda melakukan zoom-in ke objek tanpa memperburuk kualitas gambar, seperti gambar yang buram atau pecah. Maka dari itu, sangat cocok untuk pengawasan di tempat umum.

Nah itu dia beberapa jenis CCTV dan bentuknya yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan rumah ataupun kantor kalian.