Inilah Beberapa Tips Mencegah Agar Baja Ringan Tidak Mudah Berkarat – Di jaman sekarang, kebanyakan rumah sudah tidak menggunakan kayu sebagai kerangka rumahnya. Akan tetapi, sudah menggunakan baja ringan untuk membuat kerangka rumah tersebut. Kenapa demikian? Karena material baja ringan mempunyai banyak keunggulan dibandingkan kayu, contohnya :
1. Perawatan baja ringan lebih murah dan mudah.
2. Mudah ditemukan dimanapun.
3. Baja ringan lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan kayu yang mudah diserang oleh hama ataupun jamur.
Akan tetapi, kelemahan baja ringan adalah karena menggunakan material logam yang dapat membuat korosi dan karat. Sehingga, para produsen baja ringan sedang berlomba-lomba untuk membuat baja ringan yang diklaim anti karat pada produknya. Namun faktanya, baja ringan yang beredar masih dapat terdampak karat akan tetapi dapat mencegahnya.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

CARA MENCEGAH KARAT PADA BAJA RINGAN

Pada umumnya produk baja ringan sudah pasti memiliki lapisan pelindung anti karat. Dengan lapisan tersebut, baja ringan dapat tercegah dari karat hingga kurang lebih 10 tahun lamanya. Akan tetapi pelindung tersebut tidak akan dapat bekerja maksimal jika waktu disimpan dan penangananya tidak tepat. Kedua hal ini harus sangat diperhatikan, karena jika lalai bisa saja dapat mengurangin umur pelindung baja ringan tersebut.

CARA MENGETAHUI JIKA BAJA RINGAN SUDAH MEMILIKI PELINDUNG ANTI KARAT
Cara mengetahui baja ringan sudah memiliki lapisan pelindung anti karat cukup mudah. Kita hanya perlu mencari kode “AZ100” yang tertulis pada produk baja ringan tersebut, pada umumnya kode AZ100 ini tertulis pada setiap sisi produk. AZ100 sendiri memiliki arti bahwa produk baja ringan tersebut sudah terlapisi pelindung anti karat dengan komposisi utama alumunium dan zinc setebal 100gr/m2.

BERIKUT ADALAH CARA MENYIMPAN BAJA RINGAN YANG TEPAT
1. Hindari goresan pada permukaan baja ringan
Jika baja ringan sering tergores dengan benda tajam bisa saja membuat lapisan pelindung karat akan tergores dan membuat baja ringan mudah berkarat. Jika sudah timbul berkarat akan susah dicegah, karena karat yang ada pada goresan tersebut akan mudah tersebar ke sisi baja ringan lainya.
Bila sudah terlanjut ada goresan yang berkarat, maka kita dapat mencegahnya dengan mengecat pada lapisan baja yang tergores tersebut agar dapat melindungi udara yang bisa mempercepat karat pada sisi tersebut.
2. Jauhkan dari adonan semen
Dalam pembangunan sebuah gedung atau rumah pasti tidak mungkin jika tidak menggunakan semen. Maka dari itu sebaiknya jauhkan baja ringan dari adonan semen tersebut, karena air semen yang tertempel pada sisi baja ringan dapat memancing reaksi kimia yang dapat merusak lapisan pelindung karat.
3. Hindari zat kimia yang bersifat asam (korosif)
Permukaan baja ringan sangat reaktif jika bersentuhan dengan cairan yang bersifat asam. Jika sudah terlanjur, maka lapisan pelindung akan mengelupas dan akan cepat timbul karat. Maka dari itu sebaiknya jauhkan larutan asam.
4. Pastikan pemasangan dan pengerjaan baja ringan harus rapi
Disaat kita sedang memasang atau mengerjakan baja ringan harus sangat teliti agar tidak membuat lapisan antikarat pada baja ringan terkelupas. Sebaiknya hindari penggunaan gerinda saat memotong baja ringan, lebih baik menggunakan gunting baja agar lebih aman.

Itulah beberapa tips mencegah karat pada baja ringan. Dengan menggunakan baja ringan anda juga bisa memangkas biaya yang ada, sehingga kita dapat mengkreasi rumah dengan lebih baik dan bagus. Maka dari itu pastikan anda memilih baja ringan yang bagus dan terjamin kualitasnya. AURI STEEL bisa menjadi tempat terbaik untuk membuat rangka, dinding, dan atap yang sudah terjamin kualitasnya dan dipastikan memiliki standar internasional. Atau anda dapat mengunjungi www.auristeel.com