VGA atau Video Graphic Array merupakan perangkat keras komputer yang memiliki peran cukup penting pada tampilan visual grafis di sebuah layar komputer. Fungsi VGA Card sendiri mengubah sinya ldigital pada komputer menajdi informasi yang akan tampil di layar monitor.

Setiap perangkat elektronik tidak akan lepas dari yang namanya kerusakan. Faktor umum yang menyebabkan VGA Card bisa lebih mudah rusak karena kurangnya perawatan dan penggunaan yang tidak tepat.

Gejala awal yang dapat dilihat ketika VGA card mengalami kerusakan adalah terdapat bintik-bintik pada layar komputer, garis horizontal, atau grafis aneh yang tidak semestinya ada pada layar.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa perangkat keras komputer bisa bertahan dengan lama tanpa adanya perawatan. Nyatanya tidak begitu, anda harus melakukan perawatan secara berkala agar tiap-tiap komponen komputer bisa aman dan tetap bagus.

Selain menjaga kebersihan, ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan agar VGA card yang dimiliki tidak mudah rusak. Berikut beberapa penyebab vga rusak yang sering ditemukan.

Penyebab VGA Rusak yang Sering Ditemukan

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat VGA menjadi rusak.

1. Overheat

Overheat memang menjadi masalah terbesar pada tiap perangkat keras komputer. Ini merupakan salah satu faktor mengapa VGA menjadi rusak atau menampilkan tampilan visual yang artifak.

Ada beberapa faktor yang membuat VGA bisa overheat diantaranya sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik atau menjalankan program-program yang membutuhkan sumber daya kartu grafis yang tinggi secara berlebihann.

2. Sering Melakukan Overclock

Seiring penggunaan overclock yang berlebihan memang bisa membuat VGA bisa mengalami kerusakan. Karena proses overclock ini membuat VGA card harus bekerja dari melebihi performa yang biasa dilakukannya.

Alhasil, inilah satu penyebab VGA Card bisa mengalami kerusakan. Karena proses overclock bisa menyebabkan suhu tiap bagian dalam komputer menjadi panas dengan temperatur tinggi.

3. Kualitas RAM yang buruk

Kualitas RAM yang buruk juga menjadi salah satu penyebab kerusakan pada VGA lho. Hal ini bisa terjadi karena terlalu seringnya kegagalan transfer informasi data yang berasal dari RAM. Faktor ini bisa menyebabkan performa dari VGA yang terpasang di komputer.

4. Kesalahan Instalasi Video Card pada Motherboard

Kesalahan instalasi VGA juga menjadi salah satu penyebab VGA tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika VGA card tidak dipasang dengan benar, maka VGA tidak bisa bekerja secara maksimal bahkan bisa mengalami kerusakan.

 

Kesimpulan

Berikut adalah penjelasan Penyebab VGA Rusak yang Sering Ditemukan. Setelah membaca artikel ini, sekarang anda sudah mengetahui beberapa penyebab VGA rusak yang sering dijumpai.

Oh iya baca juga artikel menarik lainnya terkait komponen komputer hanya di https://www.infokuy.net/