Kemunculan teknologi 4G LTE di Indonesia sejak tahun 2014 telah membawa angin segar bagi perkembangan mobile internet di tanah air. Pasalnya, dengan hadirnya teknologi mobile generasi keempat ini, masyarakat Indonesia semakin percaya diri dalam menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan.

Seperti diketahui, sebelum 4G masuk ke Indonesia, masyarakat menggunakan teknologi 2G dan 3G untuk mengakses internet melalui perangkat smartphone. Tentunya jika dibandingkan dengan 4G, kecepatan internet yang dihadirkan melalui dua teknologi sebelumnya tidak ada bandingannya atau bisa disebut sangat lambat.

Pasalnya, kecepatan maksimal yang ditawarkan 2G dengan mengandalkan Global General Packet Radio Services (GPRS) mencapai 53 Kbps. Kecepatan data dapat ditingkatkan dengan EDGE hingga 384 Kbps. Baru pada tahun 2005, Telkomsel menjadi yang pertama berhasil melakukan uji coba teknologi 3G di Indonesia. Kecepatan maksimal yang ditawarkan 3G diperkirakan mencapai 2 Mbps.

Baca juga yuk cara cek nomor telkomsel pada tautan tersebut.

Mungkin Anda yang pada saat itu menganggap hal tersebut biasa saja. Bahkan jika Anda terbiasa menggunakan 4G sekarang, mengakses kembali internet menggunakan teknologi 3G akan memiliki pengaruh atau perbedaan yang signifikan. Anda mungkin merasa kesal karena kecepatan internetnya tidak secepat 4G.

Ya, teknologi 4G sendiri memiliki kecepatan internet yang lebih cepat dari 3G. Secara teori, 4G dapat memberikan kecepatan hingga 200 Mbps. Untuk memahami perbedaannya, mari kita lihat tabel perbandingan di atas pada gambar utama.

Sejumlah Manfaat Layanan 4G

Tahukah Anda, seberapa penting internet cepat itu? Kalau bicara internet cepat, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan, antara lain:

1. Mendukung Gaya Hidup Digital

Salah satu manfaat utama menggunakan layanan 4G yang dapat dirasakan masyarakat adalah mendorong gaya hidup digital, seperti menonton video streaming lebih cepat, mendengarkan musik streaming lebih lancar, mendownload dan mengupload tanpa masalah, bermain video game tanpa lag .

Anda mungkin tidak bisa menikmati semua keuntungan jika masih menggunakan layanan 3G apalagi 2G. Anda juga tidak perlu ragu untuk menonton video streaming dalam kualitas HD, karena dapat dilakukan tanpa buffer.

2. Membantu Proses Bekerja dan Belajar Jarak Jauh

Tanpa disadari, kita kini sudah bisa menggunakan dan belajar menggunakan teknologi video call dari jarak jauh, terutama saat terjadi pandemi seperti saat ini. Untungnya saat pandemi ini terjadi, layanan 4G sudah menyebar dan banyak digunakan oleh masyarakat. Apa yang terjadi jika kita masih menggunakan layanan 3G saat terjadi pandemi?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tentunya kita bisa melakukan video call melalui jaringan 3G. Memang di era 3G kita bisa melakukan video call, tapi kualitas video call tersebut tidak sebaik saat menggunakan 4G. Akibatnya proses pertemuan dan proses belajar mengajar akan terganggu.

3. Meningkatkan Produktivitas

Internet cepat layanan 4G juga dapat meningkatkan produktivitas, terutama terkait dengan industri konten. Ini karena kecepatan internet yang dibuat dari 4G dapat membuat pengunduhan dan pengunggahan video menjadi lebih cepat. Alhasil, bagi Anda yang sering mendownload atau mengupload file dengan ukuran file yang besar tidak akan menjadi masalah lagi.

Dengan internet yang cukup banyak, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai kreator konten, juga bisa menjadi platform atau media sosial lainnya, seperti Instagram. Internet cepat 4G juga membuat aktivitas gaming menjadi tidak gratis yang akan mempengaruhi kemajuan industri gaming dan esports Indonesia.

4. Mendukung Aktivitas Keseharian

Di zaman modern seperti sekarang ini, aktivitas publik umumnya dilakukan di dunia digital. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dibuat untuk mendukung aktivitas sehari-hari, diantaranya aplikasi perbankan, e-learning, hingga e-health.

Dengan latensi yang lebih rendah, teknologi 4G sangat cocok digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Transaksi perbankan menggunakan aplikasi dapat dilakukan dengan cepat, serta menggunakan aplikasi e-health untuk konsultasi kesehatan.

Artikel ini ditujukan untuk bangjoehan.com yang bisa Anda baca-baca juga disana.

Apa yang disebutkan di atas adalah sebagian kecil dari sekian banyak manfaat yang bisa didapat saat menggunakan layanan 4G. Untuk kamu yang belum beralih ke 4G, segera tukarkan SIM Card lama kamu di GraPARI terdekat atau kamu bisa request permintaan ganti kartu secara online melalui Asisten Virtual Telkomsel dan media sosial Telkomsel. Anda bisa duduk-duduk saja di rumah, karena kartu SIM akan dikirim.