Kumpulan Artikel Tentang Cover Letter Terbaru - POPBELA.com
source gambar : popbela.com

Saat anda henda melamar pekerjaan tentu anda mengetahui bahwa ada syarat – syarat dokumen yang harus anda penuhi. Biasanya syarat tersebut diantaranya seperti pengumpulan CV, surat lamaran, dan juga portofolio. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya ada satu syarat dokumen lagi yang terkadang belum banyak orang yang tahu. Syarat lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah pengumpulan cover letter.

Meskipun jarang di dengar, ternyata pengumpulan cover letter ini menjadi salah satu dokumen penunjang yang cukup penting saat proses melamar kerja. Hal tersebut karena didalam cover letter biasanya berisikan tentang gambaran diri, pencapaian, hingga alasan mengapa pelamar layak untuk diterima bekerja di posisi tersebut.

Cover letter ini bisa dibilang seperti first impression yang dinilai oleh perusahaan tentang karakteristik dari si pelamar pekerjaan. Oleh karena itu konteks isian didalam cover letter harus sangatlah di pikirkan dan ditulis dengan baik agar perusahaan mendapatkan kesan pertama yang baik terhadap kita.

Kira – kira bagaimanakah contoh cover letter yang baik yang bisa mendapatkan penilaian yang baik dimata para HRD perusahaan ? Yuk kita simak beberapa contoh cover letter berikut ini yang bisa anda jadikan referensi penulisan.

  1. Cover Letter untuk pekerja magang

Dalam cover letter yang dibuat untuk mendapatkan posisi kerja magang atau internship di suatu perusahaan biasanya haruslah berisikan informasi yang lengkap tentang kegiatan anda dan juga alasan yang dapat menjelaskan mengapa anda menginginkan magang di tempat tersebut. Jangan lupa juga jelaskan kontribusi apa yang bisa anda lakukan selama magang di perusahaan tersebut.

  1. Cover letter untuk bekerja dengan pengalaman magang

Dalam cover letter untuk melamar suatu pekerjaan biasanya anda akan diminta memberikan informasi diri secara lengkap beserta jenjang pendidikan dan prestasi yang pernah anda raih sebelumnya. Dan jika sebelumnya anda pernah mengikuti program magang di suatu perusahaan, maka anda bisa mencantumkannya agar bisa menambah pengalaman dan juga nilai plus bagi anda.

  1. Cover letter untuk lulusan baru

Dalam cover letter untuk para fresh graduate biasanya anda belum memiliki pengalaman kerja. Maka untuk melengkapi data diri anda, anda bisa menambahkan prestasi yang pernah anda raih selama masa perkuliahan. Anda juga bisa menambahkan pengalaman organisasi apa saja yang pernah anda ikuti selama masa sekolah dan perkuliahan.

  1. Cover Letter untuk pekerjaan Desain Grafis

Dalam melamar pekerjaan yang berhubungan dengan desain maka anda sebaiknya tidak hanya menjelaskan tentang data diri anda saja. Anda juga harus memberikan keterangan terkait skill yang anda miliki yang mampu menunjang pekerjaan anda. Jangan lupa juga untuk melampirkan portofolio hasil pekerjaan anda agar pihak perusahaan bis sedikit melihat hasil pekerjaan anda.

  1. Cover Letter untuk anda yang menganggur sebelum bekerja

Dalam cover letter yang dituliskan oleh orang yang menganggur dulu sebelum bekerja anda tidak peril minder karena anda tetap bisa menonjolkan kemampuan diri yang anda miliki. Dengan menonjolkan hal tersebut maka pihak perusahaan tetap akan bisa menilai anda dari sisi lainnya.

  1. Cover Letter untuk pekerjaan paruh waktu

Biasanya dalam cover letter pekerja paruh waktu anda juga harus menjelaskan mengenai kegiatan utama anda diluar pekerjaan yang diinginkan. Jangan lupa juga sertakan motivasi dan juga alasan yang jelas mengapa anda menginginkan pekerjaan paruh waktu tersebut.