Harus Tahu, Berikut Persiapan Prosesi Pertunangan Bagi Wanita

Harus Tahu, Berikut Persiapan Prosesi Pertunangan Bagi Wanita

Prosesi pertunangan adalah salah satu moment penting dalam hidup. Momen indah ini biasanya akan diiringi dengan pertukaran cincin oleh calon pasangan. Jenis cincin tunangan emas putih bisa menjadi pilihan yang cantik dan elegan. Tetapi apa saja yang harus disiapkan selain cincin? Berikut ulasan beberapa hal yang harus disiapkan untuk acara tunangan. 

Persiapan Pertunangan yang Harus Diperhatikan

  1. Lokasi dan Makanan

Hal yang pertama dan utama yag perlu disiapkan adalah lokasi pertunangan yang akan dilaksanakan. Lokasi bisa anda pilih di rumah ataupun di gedung. Selain itu lokasi seperti menyewa tempat makan atau café pun bisa menjadi alternatif yang menarik. Anda juga bisa memakai jasa Event Organizer untuk membantu kelancaran acara tersebut.

Tak hanya urusan lokasi yang harus diperhatikan, makanan yang disediakan pun menjadi faktor yang penting. Menyuguhkan pilihan makanan yang layak untuk tamu undangan adalah salah satu cara menghormati tamu yang datang. Walaupun tidak menggunakan bantuan Event Organizer, anda juga bisa lho menggelar acara pertunangan yang berkesan dan cantik. 

  1. Menjaga Hubungan yang Baik Dengan Keluarga Mertua 

Tak hanya menyiapkan cincin tunangan emas putih dan hantaran, tetapi calon pengantin juga harus memperhatikan faktor penting satu ini. Menjaga kedekatan antar dua keluarga adalah hal yang harus diperhatikan. Memang tak mudah menyatukan dua keluarga menjadi satu, tetapi memulai dengan suasana hangat akan membuat acara pertunangan makin berkesan. 

  1. Mendiskusikan Tanggal Pernikahan yang Tepat 

Prosesi yang tak kalah penting yang dilakukan saat pertunangan adalah mendiskusikan tanggal pernikahan. Tanggal pernikahan biasanya akan dirembuk oleh kedua belah pihak keluarga untuk mendapatkan tanggal yang cocok. Dalam adat Jawa misalnya, tanggal akan ditentukan dengan hati hati sesuai hari baiknya dan perhitungan Jawa khusus. 

Setelah kedua belah keluarga sepakat dengan penentuan tanggal pernikahan, kemudian akan mulai dilakukannya persiapan. Persiapan menjelang pernikahan ini juga tak kalah banyak dan membutuhkan perhatian khusus. Sehingga disini keluarga besar calon mempelai akan mulai merundingkan persiapan dan apa saja hal yang dibutuhkan. 

  1. Menyiapkan Cincin Tunangan

Menyiapkan cincin tunangan merupakan hal yang penting. Terdapat banyak jenis dan model cincin tunangan yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah cincin tunangan emas putih. Cincin jenis ini akan terlihat cantik dan elegan. Selain itu bentuknya yang bervariasi ditambah dengan hiasan cincin yang cantik akan membuat anda tampil semakin sempurna saat acara pertunangan. 

Acara pertunangan mempunyai adat dan kebiasaan yang berbeda dari beberapa daerah. Walaupun berbeda, rata rata prosesi acaranya hampir mirip. Seperti memberi hantaran pada calon pengantin wanita dan prosesi tukar cincin. Prosesi yang menyatukan dua keluarga besar ini tentu akan menjadi momen yang tak terlupakan di hidup anda.