Diet memang bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kombinasi antara kedisiplinan, olahraga teratur, dan juga pola makan yang sehat. Untuk urusan makanan program diet, biasanya Anda harus memperbanyak serat, protein, dan mengurangi karbohidrat. Selain itu bahan masakan pun harus berkualitas.

 

Jangan sampai usaha keras Anda berolahraga jadi tak berarti jika tak menjaga pola makan. Apalagi jika Anda makan sembarangan tanpa memperhatikan kalori. Jika Anda tak sempat berkonsultasi ke ahli gizi, Anda bisa gunakan panduan umum saja. Berikut ini ada rekomendasi menu untuk diet Anda.

 

Daftar Bahan Masakan yang Cocok untuk Program Diet

 

1. Telur Rebus

 

Jika Anda bingung dengan menu sarapan apa yang bisa menjaga berat badan, cobalah rutin konsumsi telur rebus saja. Sarapan telur rebus memang banyak dipraktikkan, bukan hanya di Indonesia saja. Bahkan faktanya sarapan telur bisa lebih lama mengenyangkan dibanding roti.

 

Makan 1 butir telur rebus bisa menahan lapar sampai 3 jam lamanya. Telur rebus juga kaya kandungan protein, omega 3, lemak baik, dan beberapa vitamin lainnya. Rutin sarapan telur akan menyeimbangkan insulin, gula darah, dan ghrelin.

 

2. Kacang-Kacangan

 

Kacang memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Serat ini bisa membuat Anda tahan lapar dalam waktu lama. Ada banyak jenis kacang yang dijual di pasar tradisional misalnya buncis, kacang polong, kapri, kacang merah, dan lain sebagainya. Anda bisa menjadikannya menu diet.

 

Protein yang tinggi pada kacang-kacangan bisa mengeluarkan hormon rasa kenyang. Hal ini bisa menstimulasi otak agar tidak cepat merasa lapar. Tapi konsumsi kacang tanah dan beberapa jenis kacang lain tidak disarankan bagi Anda yang punya alergi.

 

3. Buah Alpukat

 

Alpukat kaya sekali dengan kandungan omega 3, lemak tak jenuh, serat, dan vitamin. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai selai roti, salad sayur, salad buah, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengolah alpukat menjadi smoothie sehat dengan ditambah buah-buahan.

 

Orang yang suka mengonsumsi alpukat cenderung jadi gemar makanan berserat. Misalnya buah-buahan dan sayuran. Mereka akan terbiasa mengubah pola makan jadi lebih sehat. Faktor inilah yang bisa membantu menurunkan sindrom metabolik yang mungkin mengancam Anda.

 

4. Buah-Buahan Beri

 

Ternyata semua jenis beri sangat bagus untuk diet. Anda bisa konsumsi blackberry, blueberry, ataupun strawberry. Sarapan atau makan kudapan dari buah beri bisa membantu memperkaya serat, gula alami, mineral, dan juga vitamin. Tapi batasi asupannya untuk Anda yang punya maag.

 

5. Sayur Jenis Kucifer

 

Salah satu jenis sayuran kaya serat yang sangat cocok untuk program diet datang dari jenis kucifer. Contohnya adalah kembang kol, brokoli, kubis, atau kubis Brussel. Kandungan seratnya mencapai 6 gram per cangkir. Bahkan jumlah ini sudah mencukupi 25% kebutuhan sehat harian.

 

6. Kacang Almond

 

Sebutir kacang almond ternyata banyak mengandung protein, mineral, zat besi, dan juga vitamin. Kandungan dalam almond terbukti bisa menyehatkan jantung Anda. Asalkan Anda mengonsumsi sewajarnya. Kacang almond juga bisa dicampur dengan salad buah dan smoothie Anda.

 

7. Oatmeal

 

Gandum banyak mengandung serat, mineral, dan vitamin yang multifungsi. Anda bisa menambahkan sedikit oatmeal dalam menu sehari-hari. Oatmeal yang kaya serat ini bisa jadi pengganti karbohidrat dari nasi. Seratnya yang lebih banyak bisa mengenyangkan lebih lama.

 

Selain seratnya, oatmeal ternyata juga punya kandungan kalori total yang lebih rendah. Mengganti asupan karbohidrat dengan oatmeal bisa membantu meringankan olahraga Anda. Karena jumlah kalori yang harus dibakar lebih sedikit.

 

Semua bahan masakan di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di TaniHub. Situs penjualan bahan makanan segar ini bisa mengirimkan bahan apapun yang Anda butuhkan untuk menunjang pola makan yang lebih sehat. Anda tinggal download aplikasinya di ponsel dan lakukan pesanan pertama sekarang juga.