Catat! 4 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Tak sedikit anak yang enggan makan sayur, sehingga orangtua pun merasa cemas karena asupan nutrisi yang terkandung di dalam sayur tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh si Kecil. Bahkan tak jarang orangtua melakukan segala cara mengatasi anak susah makan sayur, mulai dari menyembunyikan sayur di dalam makanan hingga menyogok anak dengan iming-iming tertentu.

Tak perlu bingung, berikut ini terdapat beberapa tips ampuh yang bisa dilakukan jika si Kecil susah makan sayur.

  1. Mengajak Memilih Sayur

Ketika Anda berbelanja di supermarket ataupun pasar, ajaklah si Kecil untuk ikut andil memilih sayur apa yang akan dibeli. Biarkan ia memilih sayur apa saja yang menarik perhatiannya.

Nantinya ketika tiba di rumah ajak ia untuk membantu mencuci dan memotong sayur, tak lupa libatkan si Kecil ketika Anda memasak. Diharapkan ia akan merasa bangga dapat membeli dan mengolah sayur pilihannya, sehingga ia akan menyantapnya dengan senang hati.

  1. Kreasikan Dengan Makanan Kesukaannya

Cara menyiasati agar si Kecil mau makan sayur adalah mengkreasikan sayur dengan makanan kesukaannya. Misalnya si Kecil sangat menyukai ayam, sosis, atau makanan lainnya, Anda bisa memadukannya dengan sayur agar rasa sayur terasa lebih enak dan tidak hambar.

Anda juga dapat mengajaknya untuk turun tangan langsung mengkreasikan menu makannya, misalnya membentuk nasi dengan cetakan lucu lalu menghiasinya dengan aneka sayur dan makanan favoritnya.

  1. Hindari Menyembunyikan Sayur

Tak jarang orangtua yang menyembunyikan sayur di dalam olahan masakannya sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan sayur. Padahal cara ini dapat menjadi bumerang bagi anak, karena ia akan merasa tertipu dan berfikir sayur merupakan sesuatu yang tidak enak sehingga orangtua menyembunyikannya di dalam makanan.

Anda perlu untuk mengenalkan sayur dalam rasa dan bentuk yang asli agar si Kecil terbiasa, sehingga tak perlu disembunyikan dan diolah menjadi makanan lain.

  1. Berikan Contoh Kepadanya

Untuk dapat memperbaiki kebiasaan makan anak, Anda sebagai orangtua tentu perlu memberikan contoh langsung kepada anak. Tak perlu memaksa ataupun menggunakan kalimat bentakan, berikan contoh dengan lembut serta berikan pemahaman bahwa sayur mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Jika Anda menikmati makan sayur, si Kecil pun lambat laun akan mencontoh perilaku orangtuanya.

Apakah Memberikan Hadiah Setelah Anak Mau Makan Sayur Adalah Hal yang Benar?

Sebagai bentuk penghargaan setelah anak mau makan sayur, Anda tak perlu memberikan hadiah mainan ataupun makanan tidak sehat lainnya. Misalnya Anda mengatakan “jika adik menghabiskan wortelnya nanti ibu belikan burger”, nantinya ia akan tetap selalu memilih makanan lain yang tidak sehat.

Sehingga bentuk penghargaan yang tepat jika si Kecil suka makan sayur adalah dengan memberinya pujian untuk menyemangatinya, tanpa iming-iming apapun.

Cara mengatasi anak susah makan sayur rupanya tak sulit, tergantung bagaimana orangtua tetap bersemangat dan terus berusaha hingga si Kecil akhirnya terbiasa makan sayur. Semoga bermanfaat.