cat anti karat

Sangat umum untuk setiap proses industri membutuhkan permukaan cat anti karat. Telah terlihat bahwa industri logam khususnya selalu membutuhkan lapisan pelindung ini. Namun, terlepas dari fitur pelindung yang mereka berikan, cat ini sering menunjukkan tanda-tanda luntur. Oleh karena itu, perawatan yang tepat menjadi perlu. Bagaimana Anda memelihara lapisan anti karat untuk mesin industri Anda? Artikel ini akan membahas beberapa metode mudah untuk melindungi permukaan mesin.

Cat Anti Karat Mobil

cat anti karat mobil

Ada dua kategori utama cat anti karat yang digunakan untuk melindungi baja dari korosi. Ini adalah poliuretan dan seng kromat. Tiga jenis pelapis logam pelindung lainnya menurut kategori tahan korosi. 3 jenis pelapis anti karat komersial teratas untuk baja adalah campuran seng kromat dan poliuretan.

Sangat penting untuk menerapkan cat ini hanya setelah memastikan bahwa tidak ada bentuk perlindungan korosi lain yang tersedia untuk produk baja Anda. Anda harus memeriksa label bahan untuk memastikan bahwa itu mengandung pelarut khusus yang mengandung jumlah seng tertentu. Misalnya, ada pelarut tertentu yang mengandung lebih banyak seng daripada yang lain. Pelarut berbasis seng akan memberikan perlindungan korosi yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Beberapa produsen akan menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan profesional sebelum menerapkannya. Meskipun ini mungkin benar, itu masih akan lebih murah daripada membayar layanan pemeliharaan profesional untuk tujuan yang sama.

Untuk lebih lanjut Jenis cat anti karat yang disebutkan di atas memiliki tujuan yang sama – untuk memberikan perlindungan dari korosi. Tidak ada perbedaan sifat dari jenis cat ini, kecuali jenis pelapis yang digunakan. Semuanya akan memberikan beberapa jenis perlindungan korosi jika diterapkan dengan benar. Jadi, apa perbedaan mendasar antara lapisan yang berbeda? Jawabannya relatif sederhana – proses.

Pelapis umumnya berbasis akrilik dan poliester. Cat anti karat berbasis akrilik dan poliester dianggap lebih baik daripada yang lain karena menawarkan perlindungan yang lebih tinggi dengan mencegah pembentukan korosi melalui reaksi kimia antara mereka dan logam yang terkorosi. Ini adalah alasan utama mengapa sistem ini lebih mahal dibandingkan dengan yang lain – karena mereka menawarkan perlindungan yang lebih baik dari korosi. Di sisi lain, sistem yang paling mahal di pasar adalah sistem cor-pro interlocking galvanis yang menggunakan seng dan magnesium dan dianggap sebagai perlindungan korosi terbaik untuk kendaraan.

Zinc Chloride Coatings – agen perlindungan korosi yang digunakan pada substrat yang lebih kecil. Ini lebih mahal daripada jenis lainnya, tetapi tahan lama dan tidak perlu pelapisan ulang setelah jangka waktu tertentu. Mereka tidak bereaksi dengan logam lain dan memberikan perlindungan yang baik dan andal untuk kendaraan Anda. Mereka mencegah korosi pada hampir semua jenis logam termasuk aluminium, tembaga, kuningan, baja, fiberglass, paduan aluminium dan baja tahan karat.

Resin Sabun Cair – mereka adalah yang terbaik dalam hal perlindungan korosi. Mereka terdiri dari zat pengoksidasi seperti natrium hidroksida (soda api) dan bahan aktif seperti seng klorida (soda api). Dibandingkan dengan cat anti karat lainnya, cat ini menawarkan efek kerja yang lebih cepat. Ini berarti bahwa mereka tidak membiarkan serpihan karat terbentuk di permukaan dan karena itu merupakan pilihan yang lebih baik untuk mencegah korosi.

Spray Coatings – mereka digunakan sebagian besar untuk bagian baja yang lebih besar seperti tangki bahan bakar, radial, kolom kemudi, bellow, dll. Cat diterapkan pada mereka dan setelah mengering, seluruh tangki terlindung dari efek korosif air . Kelemahan menggunakan metode ini adalah bisa berantakan dan bisa menjadi mahal jika menggunakan pistol semprot yang mahal. Selain itu, dengan perawatan yang tepat, lapisan mungkin terkelupas dari permukaan logam; sehingga perlindungan yang tepat harus diambil untuk memastikan integritas tangki.