10 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah dan Praktis

Semakin lama dipakai maka performa dari laptop ini sudah pasti akan menurun. Proses saat loading juga akan jadi melambat, saat Anda hendak membuka aplikasi juga akan jadi tidak secepat dulu. Jika hal tersebut terjadi maka bisa di simpulkan jika laptop Anda kinerjanya sudah melambat atau lemot. Penyebab laptop lemot ini cukup banyak. Jika Anda mengalami hal ini Anda jangan langsung terburu-buru untuk mengganti laptop Anda karena Anda ini bisa melakukan beberapa hal untuk menggatasi hal ini.

 

Cara Mengatasi Laptop Lemot

·         Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Dalam laptop kita ini sering kali mencoba untuk menginstal berbagai jenis aplikasi, tapi satu hal yang harus Anda tahu jika Anda ini terlalu banyak menginstal aplikasi bisa membuat kapasitas penyimpanan di drive C jadi penuh dan menjadikan sistem melambat.  Untuk efek panjangnya hal ini bisa membuat laptop Anda menjadi lemot. Untuk mengatasi hal ini coba Anda cek aplikasi apa saja yang sudah jarang Anda gunakan, kemudian uninstall aplikasinya.

·         Pakai Antivirus

Salah satu alasan kenapa laptop lemot adalah adanya virus yang menyerang laptop. Sama seperti manusia laptop juga bisa terkena sebuah penyakit yang membuat performanya menurun. Supaya laptop Anda tidak lemot karena di serang oleh virus Anda ini bisa memasang antivirus yang paling baik untuk menghapus semua virus yang ada. Jangan lupa juga untuk mengupdate anti virus yang Anda gunakan supaya virus yang baru bisa terbaca.

·         Pakai Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Sebelumm Anda membeli laptop pastinya And ini sudah tahu mengenai spesifikasi laptop yang akan Anda beli. Hal ini juga bisa membantu Ada untuk menilai aplikasi mana ynag ingin Anda install di laptop. Misalnya jika Anda menginstall game dengan RAM dan juga prosesor yang tidak memadai jnagan memaksakan untuk menginstallnya karena hal ini bisa membuat laptop Anda jadi sangat lemot. Jadi Anda ini jangan sampai memaksakan kemampuan dari laptop Anda. solusinya adalah dengan memilih aplikasi alternatif yang punya spesifikasi ebih rendah. Jika spesifikasinya sesuai maka laptop lemot yang lemot bisa teratasi dengan baik.

·         Sesuaikan Penggunaan Aplikasi
Jika Anda menjalankan aplikasi secara berlebihan dan memaksakan kinerja pada RAM hal ini bisa membuat laptop Anda menjadi lemot. Contohnya jika Anda bermain game lalu Anda juga membuka aplikasi untuk memutar music secara bersamaan. Padahal untuk menjalankan game saja sudah berat lalu di tambah lagi harus memutarkan music. Salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan adalah task manager untuk mengontrol penggunaan RAM ketika menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.

·         Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop
Menyimpan banyak aplikasi di desktop juga bisa membuat laptop Anda menjadi lemot. Jika kapasitas laptop Anda besar hal ini bukanlah sebuah masalah. Banyaknya aplikasi yang ada di desktop bisa membuat laptop menjadi lambat merespon saat mendapatkan perintah.

·         Tambah Kapasitas RAM
Cara terakhir untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan menambah RAM. Biasanya di awal Anda membeli laptop Anda ini membeli laptop dengan harga yang murah maka Anda ini akan mendapatkan RAM yang kecil misalnya hanya 4 GB saja. Padahal jika Anda ini ingin memiliki laptop yang cepat Anda ini minimal memiliki kapastitas RAM 8 GB. Tapi jika sudah terlanjur Anda ini bisa menambah kapasitas RAM dengan mengeluarkan biaya tambahan.