Halo sobat pintar gadget Laptop yang mudah kala dipakai buat bertugas ataupun juga main membuat kita aman memanfaatkannya, namun kenyamanan kita dapat saja tersendat bila laptop seketika hang. Kala perihal itu terjalin, kamu dapat mempraktikkan sebagian metode menanggulangi laptop hang yang terdapat di postingan ini.

Buat durasi dikala ini, laptop telah jadi keinginan utama untuk para siswa, guru, mahasiswa, ataupun wiraswasta. Disebabkan bentuk laptop yang gampang buat dibawa kemana saja, membuat laptop jadi salah satu fitur yang tak mungkin buat dipisahkan dari kehidupan beberapa besar banyak orang dikala ini.

Bersamaan kemajuan teknologi serta aplikasi internet, banyak konsumen laptop yang menginstall aplikasi tanpa memandang prioritas aplikasi yang diperlukan buat menolong profesi.

Perihal ini yang membolehkan laptop jadi hang atau not responding, lemot, apalagi hadapi crash sebab keunggulan bobot aplikasi serta tanpa memandang detail dari laptop itu sendiri.

Dilansir dari sumber pintar gadget Laptop yang hang bisa tiba dengan cara seketika tanpa kita duga tadinya. Perihal ini dapat terjalin pada sistem pembedahan windows apapun, bagus itu Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10 sekalipun.

Seluruhnya bisa hadapi hang bila juga. Lalu apa pemicu serta gimana metode menanggulangi laptop hang? Ikuti penjelasan selanjutnya ini;

Pemicu Laptop Hang

1. Kekurangan memory

Permasalahan laptop hang sebab sedikitnya RAM yang terpasang, perihal yang biasanya telah dikenal oleh seluruh konsumen laptop.

Buat itu cobalah lihat kapasitas memory yang terpasang, buat laptop selevel Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP serta aplikasi standar, hendaknya buat meng upgrade memory jadi minimun 1 GB.

2. Sangat banyaknya program yang terinstall

Periksalah program apa saja yang terpasang dengan metode klik Add atau Remove Program di Control Panel serta uninstall program- program yang tidak dibutuhkan.

3. Sangat banyak startup programs serta service yang berjalan

Perihal ini berhubungan dengan poin pada no 2, terus menjadi banyak program yang terinstall, hingga hendak terus menjadi banyak pula program serta service yang hendak dijalani kala windows startup.

Buat menonaktifkan startup program serta service yang berjalan otomatis itu, masuklah ke“ System Configuration Utility” dengan metode mengetikkan msconfig pada menu run, setelah itu pada tab service serta startup jalani uncheck kepada aplikasi- aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Buat memandang aplikasi apa saja yang lagi berjalan, kamu bisa memakai tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kamu bisa memandang serta menonaktifkan( kill) aplikasi apa saja yang tidak dibutuhkan ataupun dicurigai selaku virus.

4. Temporary File yang telah membengkak

Pemicu laptop hang selanjutnya merupakan membengkaknya file- file temporary( sedangkan). Buat Windows Xp posisi file itu ada di“ C: Documents and Settingsnama_userLocal SettingsTemp” serta“ C: WINDOWSTemp”.

Buat membersihkannya, lenyap file- file yang ada di kedua posisi itu ataupun jalankan program Disk CleanUp dengan metode klik start- run, setelah itu ketik“ cleanmgr” kemudian seleksi drive yang hendak di CleanUp.

5. Permasalahan pada harddisk

Hardisk ialah bagian kedua sehabis RAM yang bisa menimbulkan laptop jadi hang. Permasalahan laptop hang yang diakibatkan oleh harddisk ini antara lain sebab:

harddisk low ruang.

harddisk yang terfragmentasi.

harddisk yang telah lama, alhasil rpm nya menyusut.

harddisk error atau bad sector.

Kemudian metode menanggulangi laptop hang sebab permasalahan pada hardisk diatas merupakan:

upgrade kapasitas hardisk dengan menaikkan ataupun mengubah harddisk.

jalani defragmenter pada hardisk dengan cara berkala

jauhkan harddisk dari abu, goncangan serta panas yang berlebih.

perbaiki kehancuran pada harddisk dengan tool checkdisk ataupun dengan metode buku petunjuk:

Awal buka Windows Explorer, klik kanan pada harddisk C
Properties
Seleksi“ tools”
Check Now.

Kemudian centang“ scan for and attempt recovery of bad sector”.

Setelah itu klik mulai.

6. Sangat banyak program yang berperan selaku“ security program”

Security program semacam program antivirus serta firewall ialah aplikasi bonus yang wajib terdapat pada laptop, dengan memo janganlah sangat kelewatan. Contoh dengan menginstall 2- 3 program antivirus sekalian.

7. Terdapat corrupt pada System Files ataupun apalagi lenyap.

Umumnya terjalin sehabis laptop terkena virus, serta file- file yang terkena itu terlanjur cacat ataupun terhapus oleh antivirus. Pemecahan yang sangat gampang merupakan dengan merepair sistem pembedahan yang dipakai.

8. Terdapatnya virus, malware ataupun spyware pada laptop.

Bila laptop telah terlebih dulu terkena virus ataupun malware, hingga hendaknya jalankan Windows Safe Bentuk, matikan sarana system restore serta gunakanlah program Virus Cleaner.

Misalnya Norman Malware Cleaner buat mensterilkan virus ataupun malware itu serta lakukanlah pembaharuan pada sistem pembedahan.

9. Terdapatnya permasalahan konektifitas pada jaringan

Perihal ini bisa terjalin sebab traffic jaringan yang besar, hub ataupun switch yang hang ataupun ada virus yang berupaya masuk ke sistem laptop.

Buat menanganinya, cobalah melepas serta pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card ataupun Roset LAN, restart Switch atau hub serta maanfaatkan program Port scanner buat memandang paket informasi apa saja yang masuk serta pergi dari laptop.

10. Laptop hang sebab permasalahan perangkat keras overheat

Perangkat keras overheat, bagus itu terjalin pada hardisk, vga card, processor ataupun CPU dengan cara biasa bisa menimbulkan menyusutnya kemampuan laptop yang pada kesimpulannya laptop jadi hang, lelet ataupun apalagi kerap restart dengan sendirinya.

Buat itu yakinkan perputaran hawa pada bagian dalam CPU berjalan dengan bagus, sedemikian itu pula pada fan( kipas angin) supaya senantiasa bersih dari abu serta bisa berkeliling dengan mudah.

Metode Menanggulangi Laptop Hang di Windows

Kamu bisa melaksanakan langkah- langkah selanjutnya buat menanggulangi laptop hang atau not responding dikala terkini dihidupkan, dikala booting ataupun kala lagi kamu maanfaatkan.

Bila sukses umumnya cuma bertabiat sedangkan serta dapat tiba lagi kadang- kadang. Buat itu, kamu bisa menyimak nilai untuk nilai dibawah ini.

Menanggulangi permasalahan laptop hang dikala booting atau masuk BIOS

Restart laptop kamu terlebih dulu, kemudian masuk ke mode BIOS. Setiap laptop mempunyai tombol yang berlainan pada dikala hendak masuk ke dalam bentuk BIOS, samakan dengan merek laptop kamu.

Sehabis masuk bentuk BIOS, pilih Advanced BIOS Features kemudian cari yang berhubungan dengan BIOS cache. Bila telah, disable opsi itu.

Berikutnya simpan dengan menekan F10, kemudian tekan enter.

Metode menanggulangi laptop hang dikala terkini dihidupkan( starting)

Dikala startup serta hendak masuk windows, adakalanya laptop jadi hang dengan cara seketika. Perihal semacam ini bisa jadi diakibatkan sebab sebagian perihal, antara lain:

Program windows bermasalah, dapat dikarenakan missing file system, corrupt dan virus. Cobalah buat scan registry dengan CCleaner serta scan virus dengan antivirus.

RAM serta kotor pada kipas. Jalan keluarnya merupakan mensterilkan RAM memakai penghapus karet, kuas, ataupun vacum cleaner. Bila ragu buat menjajalnya, bawalah ke teknisi harapan kamu.

Mungkin yang lain dapat kamu analisa dengan lebih bagus. Bisa jadi saja ini diakibatkan oleh motherboard yang bermasalah. Bila mau berupaya buat membenarkan sendiri, bertanyalah pada banyak orang yang lebih pakar pada perihal itu.

Metode menanggulangi laptop yang not responding

Buat menanggulangi permasalahan yang satu ini, jalani perihal dibawah ini:

Tekan Ctrl+ Shift+ Esc, berikutnya pilih program yang not responding dan klik end task.

Buat pengganti lain, coba kamu tekan Ctrl+ Alt+ Del lalu seleksi salah satu alternatif. Bila mau memadamkan program, seleksi saja task manager dan jalani semacam uraian mulanya.

Sehabis itu, umumnya laptop hendak kembali wajar.

Metode menanggulangi laptop hang dikala main game

Terdapat sebagian pemicu lain yang menghasilkan laptop hang dikala dipakai main permainan, misalnya:

Detail laptop yang kurang mencukupi.

Kipas pada laptop yang mati.

Permasalahan pada harddisk.

Processor serta VGA card yang sangat panas.

RAM ataupun VGA Card yang hadapi kehancuran.

Metode menanganinya selaku selanjutnya:

Samakan detail laptop dengan permainan yang diinstall.

Pasang kipas bonus pada laptop.

Cek kondisi VGA card serta RAM.

Uninstall permainan itu.

Diatas merupakan macam- macam pemicu laptop hang serta metode menanganinya. Kamu bisa menganalisa kasus laptop yang seketika hadapi hang.