Tingkatkan Daya Kognitif, 5 Manfaat Jamur bagi Kesehatan

Jamur crispy merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Baik di cafe kelas atas, coffee shop, sampai warung makan dan warung kopi memiliki menu jamur crispy. Harga yang murah, mudah didapatkan, dan lezat menjadi alasan mengapa jamur crispy memiliki pasar yang besar. Jamur crispy juga bisa kalian gunakan untuk lauk sehari-hari karena jamur memenuhi cakupan gizi seperti protein dan vitamin B.

Bagi sebagian teman-teman, memasak jamur crispy menjadi tantangan. Tentu teman-teman pernah menemui jamur crispy yang lembek dan sangat berminyak kan ? Jangan risau kalian tidak perlu sampai membeli jamur crispy di restoran karena kalian bisa membuatnya sendiri. Berikut aku rangkum buat kalian cara membuat jamur crispy yang teksturnya benar-benar renyah, tahan lama, dan lezat tentunya :

 

  1. Pilih jamur tiram dan harus fresh

Sebenarnya banyak sekali jenis jamur seperti jamur kuping dan jamur shitake namun kedua jamur tersebut lebih cocok digunakan pada masakan basah. Oleh karena itu pilihlah jamur tiram karena sangat cocok untuk digoreng dan kebanyakan bahan utama jamur crispy memang jamur tiram. Untuk teman-teman yang ingin jamurnya tidak lembek dapat memilih jamur tiram dengan kualitas yang baik dan segar. Jika tidak saat digoreng jamur akan menyerap terlalu banyak minyak sehingga membuatnya lembek. Oleh karena itu pastikan kalian memilih jamur yang segar selain agar tidak lembek, jamur kualitas baik tentu akan menciptakan rasa khas jamur yang lezat.

  1. Jangan cuci jamur

Pastikan agar teman-teman untuk tidak mencuci jamur dengan air ya. Kalian tidak perlu khawatir dengan kehigienisan jamur kalian, cukup dengan menggunakan tisu kering jamur kalian sudah bisa bersih kok. Sifat jamur yang menyerap menjadi alasan mengapa kalian tidak perlu mencucinya, jika menyerap air jamur kalian tidak mudah kering saat digoreng dan akan membuat jamur susah crispy.

  1. Siapkan bumbu

Jamur crispy yang gurih berasal dari bumbu yang tepat dipilih. Bumbu seperti bawang putih, merica bubuk, garam, dan bubuk kaldu sudah sangat cukup untuk membuat lidah kalian bergetar. Jangan lupa untuk menghaluskan bawang putihnya atau teman-teman juga bisa menggunakan bawang putih bubuk sebagai pengganti.

  1. Siapkan tepung pelapis (kering dan basah)

Ada dua macam adonan tepung yang perlu teman-teman siapkan yaitu adonan tepung basah dan kering. Pada umumnya dengan dua adonan tersebutlah jamur kalian menjadi crispy. Untuk tepung pelapis basah dapat menggunakan tepung terigu berprotein tinggi yang sangat cocok bagi masakan yang renyah. Kalian juga dapat menambahkan tepung maizena untuk menambah kelezatan dan membuatnya semakin renyah. Untuk tepung pelapis kering kalian dapat menggunakan tepung terigu berprotein sedang agar tidak terlalu lengket dan menggumpal. Alternatif lain kalian dapat menggunakan tepung beras dan juga tepung maizena sebagai tepung pelapis kering.

  1. Tambahkan susu bubuk atau soda kue

Agar kerenyahan jamur crispy kalian tahan lama kalian dapat menggunakan susu bubuk. Susu bubuk memiliki protein tinggi yang mengikat cairan sehingga membuat adonan tepung dan jamur dapat dicampur dengan mudah yang otomatis akan membuatnya semakin renyah dan tahan lama. Pastikan untuk memilih susu bubuk tanpa rasa ya agar rasa jamur crispy kalian tidak rusak. Selain itu kalian juga dapat menggunakan soda kue sebagai pengganti susu bubuk.

  1. Gunakan telur atau air dingin

Kalian dapat menggunakan telur sebagai pengganti air agar tekstur jamur tetap renyah. Namun air tetap perlu ditambahkan sedikit agar adonan tepung tidak tebal dan menggumpal. Alternatif lain teman-teman dapat menggunakan air dingin untuk menjaga soda kue agar lebih tahan lama jika kalian menggunakannya.

  1. Goreng sampai matang

Pastikan teman-teman menggoreng jamur dengan tingkat kematangan yang pas sampai kecoklatan atau istilah kerennya golden brown ya.

 

Itulah cara membuat jamur crispy yang mudah untuk dibuat. Sangat enak jika dimakan saat sore hari atau saat hujan.