Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Danau Toba 

Danau terbesar yang ada di Indonesia salah satunya adalah Danau Tiba yang terbentuk karena aktivitas vulkanik. Saat ini Danau Toba adalah salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi baik wisatawan daerah mau pun luar daerah. Wajar saja, sebab Danau Toba memiliki keindahan yang menakjubkan, maka dari itu jika kamu berkunjung ke Kota Medan, kamu wajib mampir ke Danau Toba. Untuk membuatmu lebih tertarik lagi, kami akan memberikan informasi seputar beberapa informasi menarik seputar Danau Toba. penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Tebentuk Karena Letusan Gunung

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya dimana Danau Toba adalah danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanik. Gunung berapi yang bernama Toba meletus dan membentuk sebuah danau yang sangat besar dimana danau tersebut diberikan nama Toba. Gunung tersebut termasuk salah satu gunung purba sebab, sudah ada sejak ratusan ribu tahun lalu. Diperkirakan bahwa gunung ini meletus sekitar 800.000 tahun yang lalu dan letusan kedua termasuk letusan yang sangat kecil dan terjadi sekitar 500.000 tahun yang lalu. Kamu tentu bertanya kapan Danau Toba terbentuk? Ya, Danau Toba terbentuk pada letusa ketiga yang terjadi pada 74.000 tahun yang lalu.

2. Gunung Toba

Karena sudah meletus berkali-kali jangan dikira bahawa Gunung Toba sudah kehabisan isi perutnya, faktanya Gunung Toba adalah gunung yang masih aktif. Gunung yang pernah meledak dengan ledakan dahsyat ini mampu membuat suhu seluruh samudera rutuh hingga 5 derajat celcius dan yang lebih parahnya adalah Gunung Toba kala itu membuat 60% populasi manusia yang tinggal disekitar gunung menjadi korban. Kamu tentu bisa membayangkan betapa Dahsyatnya ledakan yang pernah dikeluarkan oleh Gunung Toba bukan? Maka dari itu kita senantiasa berdo’a agar Gunung Toba tak lagi meletus.

3. Salah Satu Danau Terdalam

Dengan terbentuk dari ledakan yang sangat dahsyat tentu membuat Danau Toba menjadi salah satu danau yang paling dalam. Untuk ukuran dari Danau Toba sendiri memiliki panjang mencapai 100 kilometer, dan lebar mencapai 30 kilometer. Hal itu membuat danau Toba menjadi danau terbesar yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk kedalaman dari Danau Toba sendiri mencapai 505 meter atau sekitar 1657 kaki. Ketika kamu memilih untuk menyelam ke dasar danau maka kamu harus berhati-hati sebab, pencahayaan di danau tersebut sangat minim bahkan di kedalaman 40 meter saja kamu sudah kesulitan untuk melihat.

4. Terdapat 5 Pulau di Tengah Danau

Informasi menarik selanjutnya seputar Danau Toba yaitu memiliki lima pulau di tengah danau. Tentunya hal itu sangat jarang dimiliki oleh danau lain yang ada di Indonesia. Selain itu ternyata Danau Toba bukan hanya Pulau Samosir saja melainkan ada beberapa pulau lainnya seperti Pulau Talasm Pulau Sibandang, Pulau Malau, dan Pulau Tolping.

5. Danau di Tengah Danau

Informasi menarik seputar Danau Toba terakhir yang akan kami bahas yaitu terdapat danau di tengah danau yang menjadi keunikan tersendiri bagi Danau Toba. Letak dari keunikan tersebut berada di Pulau Samosir dimana terdapat dua danau kecil yang sudah dijadikan sebagai tempat wisata dan sekaligus membuat banyak orang penasaran akan keunikan tersebut.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkati informasi menarik seputar Danau Toba. semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.