Tempat tinggal yang aman dan nyaman menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki setiap orang karena rumah merupakan tempat beristirahat setelah penat lelah bekerja. Suasana di rumah pasti memberikan kenyamanan bagi pemiliknya.

Namun, bisakah Anda membangun rumah yang nyaman ketika lahan yang Anda miliki terbatas? Solusinya adalah dengan menciptakan rumah minimalis modern dengan konsep memanfaatkan lahan yang terbatas namun tetap nyaman sebagai hunian keluarga.

Membangun hunian minimalis modern alangkah baiknya jika menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah yang cocok untuk hunian di negara yang tidak terlalu besar.

Desain rumah minimalis tidak hanya bisa dikenali dari bentuk rumahnya saja, tapi komposisinya juga harus diperhatikan agar tercipta kesan minimalis di dalam rumah. Sehingga calon pemilik rumah merasa nyaman dengan desain rumah minimalis modern yang diinginkan.

Berikut 5 tips konsep hidup minimalis modern yang bisa Anda rekomendasikan.

1. Bangunan vertikal atau horizontal

Pertama, lihat seperti apa kondisi lahan rumah Anda. Apakah cocok untuk rumah dengan model vertikal atau horizontal? Jika lahan terasa sempit dan bukan berbentuk rumah horizontal, Anda bisa mendesain ulang rumah dengan bentuk vertikal, namun hal ini perlu didiskusikan terlebih dahulu dengan arsitek yang Anda pilih. K

euntungan berkonsultasi dengan arsitek ini adalah meminimalisir kesalahan dalam membangun rumah dan membuat perencanaan rumah lebih matang

Yang perlu diperhatikan saat merencanakan bangunan rumah vertikal adalah pondasi yang kuat dan bangunan kokoh di atas lantai dasar untuk menopang bangunan di atasnya. Ini untuk meminimalisir munculnya rambut compang-camping di dinding rumah. Jika Anda merasa memiliki lahan yang luas, maka tidak ada salahnya untuk membangun rumah dengan bentuk horizontal. Keuntungannya adalah rumah terlihat luas dan nyaman. Anda juga bisa mendesain rumah Anda dengan bebas.

2. Perencanaan tata ruang

Konsep penataan ruang dalam rumah juga berpengaruh pada kenyamanan penghuni rumah. Rencanakan dengan hati-hati di sekitar rumah jika Anda menginginkan ruang. Jika lahannya tidak terlalu luas, Anda bisa menyiapkan 2 kamar tidur dan satu lantai serta menentukan letak ruangan utama lainnya seperti dapur, kamar mandi, dll.

Selain itu, sebuah rumah memungkinkan Anda untuk menciptakan lebih banyak ruang di dalam rumah dengan penataan yang sederhana dan praktis.

Lahan yang luas juga lebih menguntungkan karena pemilik rumah dapat menambahkan ruangan yang berbeda ke rumahnya, mis. B. Halaman belakang, garasi, dll.

3. Desain interior dan eksterior

Desain dalam rumah juga perlu dipikirkan matang-matang. Ada 2 pilihan desain interior yang bisa digunakan dengan wallpaper atau cat tembok. Penggunaan wallpaper pada interior rumah harus dipadukan dengan furniture yang ada di dalam rumah agar tampilannya lebih sesuai dan tidak terlalu ramai.

Saat menggunakan cat tembok untuk interior rumah, bisa digunakan warna-warna netral yang bisa dikreasikan dengan furnitur di dalam rumah, maupun untuk ruang privat seperti kamar tidur, yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

4. Gunakan kanopi

Penggunaan lahan yang terbatas untuk konsep hunian minimalis bisa menggunakan kanopi untuk menggantikan peran garasi yang ada di dalam rumah. Area kanopi bisa Anda manfaatkan sebagai rumah untuk kendaraan dan juga sebagai tempat bermain anak agar tidak terkena terik matahari.

5. Ruang hijau dan teras minimalis

Lahan yang sempit bukan berarti tidak bisa menciptakan ruang hijau di halaman. Ruang hijau ini bisa membuat rumah Anda tampil lebih luas dan lebih enak dipandang. Teras rumah juga bisa dipadukan dengan ruang hijau di rumah minimalis Anda, karena teras adalah hal pertama yang dilihat tamu saat berkunjung ke rumah.

Selain itu, jangan pernah meletakkan furnitur berlebihan di teras rumah karena akan meninggalkan kesan berantakan dan sempit pada teras ruang tamu minimalis Anda.

Hal terpenting dalam membangun rumah minimalis modern adalah bagaimana memanfaatkan tanah yang ada dan membuat rumah terlihat luas dan enak dipandang. Anda juga bisa menggunakan jasa arsitek sebagai orang yang memberikan masukan dan ide sesuai dengan konsep rumah yang diinginkan.

Source: https://avantela.com/home.