Saat Anda menjadi orang tua baru, sulit untuk tidak membandingkan anak Anda dengan anak lain dan khawatir: apakah mereka berkembang secara normal?

Itu tidak membantu bahwa media sosial penuh dengan orang tua yang bangga – dan ada banyak buku dan aplikasi yang sedang tren yang dimaksudkan untuk memberi tahu dengan tepat kapan seorang anak harus melakukan setiap hal baru, mulai dari tersenyum hingga berguling hingga mengambil langkah pertama mereka. Hampir tidak mungkin untuk tidak bertanya-tanya: apakah anak saya tertinggal?

Sangat penting untuk mengawasi perkembangan anak Anda. Tetapi seperti yang Anda lakukan, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat.

Setiap anak berbeda. Ini benar-benar poin terpenting dari semuanya. Setiap anak itu unik, dari latar belakang yang berbeda, hidup dalam keluarga yang berbeda dan dalam keadaan yang berbeda. Tidak mungkin semua anak berkembang dengan cara yang persis sama—bahkan anak-anak yang dibesarkan oleh keluarga yang sama.

Ada kisaran normal. Misalnya, meskipun kami mengatakan anak-anak harus berjalan pada usia satu tahun, antara 9 dan 15 bulan tidak apa-apa. Meskipun rentang normal tersebut biasanya dalam cetakan halus dari semua buku dan aplikasi tersebut, satu usia tertentu biasanya ditekankan. Hal ini sangat disayangkan, dan dapat menimbulkan kekhawatiran yang tidak perlu bagi banyak keluarga.

Ada berbagai aspek perkembangan, dan anak-anak dapat bergerak melaluinya dengan kecepatan berbeda. Seorang anak mungkin dapat berjalan lebih awal, tetapi akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar berbicara karena mereka sangat suka berjalan. Seorang anak mungkin begitu asyik belajar berkomunikasi sehingga berjalan mungkin tampak tidak menarik.

Anak-anak belajar bagaimana menggunakan tubuh mereka, belajar bagaimana berkomunikasi, belajar bagaimana berinteraksi, belajar bagaimana memahami dunia di sekitar mereka — dan setiap anak melakukannya dengan cara mereka sendiri. Penting untuk melihat gambaran perkembangan anak secara keseluruhan, bukan hanya satu milestone.

Apa yang harus dilakukan dengan kekhawatiran Anda

Memahami gambaran besarnya tidak berarti Anda harus mengabaikannya ketika anak Anda tampak berkembang secara berbeda dari anak-anak lainnya. Itu juga tidak berarti bahwa semua aplikasi buruk; Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memiliki Pelacak Prestasi yang hebat, misalnya.

Tetapi sebelum Anda khawatir, Anda harus berbicara dengan dokter Anda. Anda juga dapat menghubungi program Intervensi Dini negara bagian Anda dan meminta evaluasi, yang gratis dan tersedia untuk anak di bawah usia 3 tahun jika orang tua atau dokter mengkhawatirkan perkembangan mereka. Jika seorang anak ditemukan memiliki masalah perkembangan, program bekerja sama dengan keluarga untuk mendukung mereka dalam membantu anak mereka.

5 tips untuk mendorong perkembangan yang sehat pada bayi dan anak kecil

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat mendorong perkembangan anak Anda:

·       Bermain dengan anak Anda! Berinteraksi dengan orang lain, terutama mereka yang menyayanginya, adalah cara terbaik bagi seorang anak untuk mempelajari keterampilan baru.

·       Matikan perangkat — bukan hanya milik anak Anda, tetapi milik Anda juga. Tidak ada yang menggantikan perhatian dan interaksi nyata.

·       Beri anak Anda waktu di lantai. Secara harfiah. Buatlah area yang bersih dan tempatkan mereka agar mereka dapat belajar merangkak dan menggunakan tubuh mereka.

·       Belikan anak Anda mainan sederhana yang membantunya belajar dan menggunakan imajinasinya. Mainan kerincingan atau generator suara lainnya dan mainan musik, balok, boneka, bola, dan mobil sangat bagus, begitu pula peralatan dan peralatan dapur pura-pura. Ini sebenarnya lebih baik jika tidak membutuhkan baterai!

·       Bacakan untuk anak Anda! Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengajari mereka kata-kata baru – dan untuk menyukai buku, yang merupakan hadiah yang luar biasa. Ini juga cara yang sangat bagus untuk memperkuat hubungan Anda dengan anak Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perkembangan anak dan apa yang dapat dilakukan orang tua dan masyarakat untuk mendukungnya, kunjungi situs dari produsen Jual Alat Terapi Autis untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.