Kali ini kami hendak mangulas menimpa modul jaringan lagi, lebih tepatnya menimpa pengertian LAN, MAN, serta WAN.

LAN( Local Zona Network)

LAN melingkupi jaringan di dalam suatu gedung yang terdiri atas sebagian lantai. Kerapkali LAN digunakan buat pertukaran informasi ataupun printer dalam sebuh kantor yang besar. Kita bisa mempunyai suatu informasi center yang bisa diakses oleh segala karyawan kantor dalam satu gedung. Ataupun suatu tempat penyimpanan informasi yang terpusat. Mayoritas LAN berbasis pada teknologi IEEE 802. 3 Ethernet memakai fitur switch, yang memiliki kecepatan transfer informasi 10, 100, ataupun 1000 Mbit/ s.

Tidak hanya teknologi Ethernet, dikala ini teknologi 802. 11b( ataupun biasa diucap Wi- fi) pula kerap digunakan buat membentuk LAN. Tempat- tempat yang sediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi- fi biasa diucap wifi. Pada suatu LAN, tiap node ataupun pc memiliki energi komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump halte. Tiap pc pula bisa mengakses sumber energi yang terdapat di LAN cocok dengan hak akses yang sudah diatur. Sumber energi tersebut bisa berbentuk informasi ataupun fitur semacam printer.

MAN ( Metropolitan Zona Network)

MAN ialah wujud jaringan pc yang menghubungkan satu jaringan LAN dengan jaringan LAN yang lain. Umumnya MAN menghubungkan 2 ataupun lebih zona yang berbeda. Misalnya merupakan jaringan yang menghubungkan 2 kantor/ institusi yang berbeda, jaringan antara satu universitas dengan unversitas lain, serta lain sebagainya. MAN menghubungkan 2 ataupun lebih jaringan lokal. Jaringan MAN umumnya menggunakan Asynchronous Transfer Fashion( ATM), FDDI, serta SMDS. Teknologi ini saat ini dalam proses digantikan oleh Teknologi Ethernet berbasis koneksi( misalnya, Metro Ethernet) di mayoritas wilayah. MAN menghubungkan antara jaringan zona lokal ataupun LAN yang sudah dibentuk tanpa kabel baik memakai microwave, radio, ataupun laser link infra- merah.

WAN( Wide Zona Network)

WAN merupakan sesuatu tipe jaringan informasi yang luas mencangkup negeri serta daratan, fasilitas transmisi yang digunakan biasanya semacam telepon, kabel dasar laut serta satelit. Singkatnya WAN ialah tipe jaringan pc yang mencangkup negeri serta daratan, ataupun WAN ialah gabungan dari jaringan LAN( Local Zona Network) serta MAN( Metropolitan Zona Network). Protocol pada jaringan WAN tercantum kedalam physical layer yang terdapat dalam 7 layer OSI. Data- data pada WAN diatur dengan memakai seperangkat ketentuan yang ada pada Informasi Link 7 layer OSI. Pada sebagian besar WAN, komponen yang dipakai dalam berbicara umumnya terdiri dari 2 komponen, ialah kabel transmisi serta elemen switching. Kabel transmisi berperan buat memindahkan bit- bit dari suau pc ke pc yang lain, sebaliknya elemen switching disini merupakan suatu pc spesial yang digunakan buat menghubungkan 2 buah kabel transmisi ataupun lebih. Dikala informasi yang dikirimkan hingga ke kabel penerima, elemen switching wajib memilah kabel pengirim buat meneruskan paket- paket informasi tersebut.

Oke bisa jadi sekian dahulu menimpa apa itu LAN, MAN, serta WAN, mudah- mudahan bisa menolong.