Asus ROG Delta RGB

Headphone adalah sebuah alat yang sering digunakan oleh semua pengguna smartphone ketika mendengarkan musik. Headphone dapat memperjelas kualitas audio mp3 yang dihasilkan. Headphone sering kali dipakai khususnya oleh para gamers, pecinta lagu, sampai kegiatan olahraga santai seperti gym dan lari pagi. Headphone tidak hanya dipakai pada smartphone saja, akan tetapi banyak juga alat elektronik lain seperti : ipad, audio speaker, XBOX, dan laptop.

Headphone juga berguna ketika kita ingin mendengarkan music akan tetapi berada di keramaian / dalam situasi yang tidak kondusif. Dengan menggunakan Headphone, maka proses mendengarkan lagu akan lebih nyaman dan terjaga kualitasnya.

Headphone memiliki bentuk yang berbeda – beda di pasaran. Beberapa faktor lain yang mempengaruhi yaitu, kualitas suara yang dihasilkan, fitur konektifitasnya, frekuensi suara, sampai dengan harga. Beberapa perusahaan seperti : Sony, JBL, Sades sampai Brand Remax memproduksi berbagai jenis headphone. Tentu semuanya memiliki spesifikasi dan keunggulan masing – masing dari setiap produknya.

Banyak sekali pengguna smartphone yang ingin membeli headphone, namun mereka tidak tahu barang mana saja berkualitas terbaik dan bermutu tinggi.

Pada artikel kali ini, kita akan memberikan 7+ Rekomendasi Merk Terbaik Headphone Berkualitas dengan Berbagai Keunggulan yang bisa dipilih. Sebelumnya, perlu kita simak beberapa  tips ketika memilih headphone di bawah ini :

 

Tips Memilih Headphone Terbaik :

  • Pilih Headphone Berdasarkan Konektifitasnya

Headphone terbagi kedalam 2 jenis konektifitas :

  • Headphone kabel

Headphone kabel merupakan seri dari terdahulu yang banyak dipakai di pasaran. Type ini menjadi pelopor pertama terciptanya headphone. Kabel digunakan sebagai penghubung ke berbagai macam samrtphone. Headphone kabel biasanya digunakan untuk mendengarkan musik, bermain game, atau menonton sebuah video. Karena, kualitas suara yang dihasilkan akan minim noise dan stabil saat headphone di operasikan.

  • Headphone Nirkabel

Headpone nirkababel (tanpa kabel) merupakan terobosan terbaru dari teknologi headphone. Pada type ini, headphone dapat dikoneksikan ke smartphone menggunakan fitur buetooth. Kita tidak perlu repot – repot harus menyolokan kabel dari headphone ke smartphone. Headphone ini biasanya dipakai untuk keperluan ketika sedang diluar ruangan (outdoor) karena hedphone ini praktis saat dipakai dan mudah dibawa kemana saja. Selain itu, beberapa kegiatan olahraga juga cocok memakai headphone nirkabel.

  • Tentukan Jenis Bentuk Headphone

Bentuk Headphone terdiri dari 2 Type :

  • Headphone Type Head Bane

Headphone Type Head Bane biasanya memiliki bentuk yang besar. Headphone ini dipakai secara melingkar di atas kepala. Bentuk  Headphone ini merupakan pola yang secara umum beredar di pasaran. Terdiri dari 2 buah speaker yang bisa dipasangkan pada kedua telinga. Keduanya di satukan dengan sebuah komponen yang melingkar di atas kepala.

  • Headphone Type Neck Bane

Sesuai namannya, Headphone Type Neck Bane berarti hedaphone yang bisa di pasang pada kedua pundak. Headphone ini merupakan inovasi terbaru dari penciptaan sebuah headphone. Bentuknya lebih kecil bila dibandingkan dengan type (Head Bane). Cara pemakaianya yaitu bisa di letakan di atas pundak dengan posisi dudukan di belakang leher dan kedua speaker di letakan ke telinga.

  • Pilih Headphone Berdasarkan Penutup Headphone (Housting)

Housting adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menutup bagian luar dari speaker headphone. Macamnya ada 2 jenis :

  • Housting Open (Terbuka)

Housting terbuka merupakan komponen penutup bagian luar speaker headphone yang memiliki pori – pori penyaring suara. Housting pada headphone jenis ini dapat menimbulkan volume suara yang rendah. Biasa dipakai untuk mendengarkan musik ketika di dalam ruangan (indoor) / diwaktu santai.

  • Housting Lock (Tertutup)

Sedangkan untuk Housting tertutup yaitu komponen penutup bagian luar speaker headphone yang tertutup dan tidak dilengkapi pori – pori penyaring suara. Pola bahanya yang tertutup bisa menghasilkan volume frekuensi suara yang cukup besar dan konsisten. Hosting Lock cocok dipakai untuk keperluan di luar rungan (outdoor).

  • Pilih Headphone Berdasarkan Ear Pade

Salah satu komponen penting lain yang ada pada headphone adalah (Ear Pade). Ear pade berfungsi  sebagai bantalan dalam yang menjadi penghubung antara speakaer headphone dengan telinga. Ear Pade biasanya terbuat dari busa yang lembut dan nyaman ketika dipakai. Letaknya berada diantara bagian dalam cae speaker headphone dan telinga bagian luar. Terdiri dari 2 jenis Ear Pade :

  • Over Ear Pade (mengelilingi permukaan telinga)

Over Ear Pade dibentuk mengelilingi seluruh permukaan telinga. Over Ear Pade memberikan suara mesik yang stabil dan minim noise karena semua permukaan telinga tertutup. Meski demikian Ear Pade jenis ini tidak bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

  • On Ear Pade (menempel pada permukaan luar telinga)

Berbeda dengan Over Ear Pade, jenis ear pade ini bentuknya sedikit lebih kecil. On Ear Pade memberikan kenyamanan dan bisa dipakai untuk mendengarkan musik dalam jangka waktu yang lama.

  • Pilih Headphone Berdasarkan Kebutuhan

Sepeti yang telah dijelaskan di atas, headphone tidak hanya digunakan untuk mendengarkan musik saja, akan tetapi headphone juga dapat dipakai saat bermain game, melihat video, mendengarkan instrumen lagu saat les vocal, atau ketika berolahraga. Pilihlah headphone yang berfungsi sesuai dengan aktifitas yang akan dilakukan. Hal ini bertujuan agar headphone dapat berjalan dengan sempurna dan sesuai ekspektasi.

  • Pilih Headphone Dengan Frekuensi Suara Yang Normal Dan Stabil

Frekuensi suara adalah tingkat tinggi rendahnya audio yang dihasilkan oleh file musik. Headphone tentunya dapat menghasilkan frekuensi suara yang berbeda – beda pada setiap produknya. Ketentuan frekuensi suara dari headphone biasanya berkisar antara 20 Hz sampai 100 Hz. Pilihlah headphone yang memiliki frekuensi suaran normal dan stabil yaitu antara 30 Hz sampai 80 Hz agar tidak menimbulkan banyak efek radiasi berlebih dan nyaman dipakai. 

 

Berikut 7+ Rekomendasi Merk Terbaik Headphone Berkualitas dengan Berbagai Keunggulan :

  • Bluedio V2 5.0

Bluedio V2 5.0

Sebuah headphone yang memiliki berbegai macam keunggulan cocok untuk mendengarkan musik di area ourdoor dan bermain Game. Headphone Bluedio V2 5.0 hadir dengan fitur wireless bluetooth hingga versi 5.0. Headphone bermutu ini bisa menghilangkan suara dari luar dan sehingga menimbulkan kualitas audio yang maksimal. Komponen housting dibuat tertutup, menjaga frekuensi musik yang sedang diputar.

Terpasang fitur noise reduction yang bisa diaktifkan. Headphone ini memiliki desain yang fleksibel, dengan type on ear pad, sangat nyaman ketika dipakai dalam jangka waktu yang lama sekalipun. Bahan speaker terbuat dari neodyum magnetik berukuran 40 mm mebuat suara jadi lebih hidup Headphone Bluedio V2 5.0 terdiri dari 2 varian warna yaitu hitam dan putih, dibendrol seharga Rp. 1.200.000 sampai Rp. 1.400.000 per paketnya.

  • Bluedio Faith F2

Bluedio Faith F2

Tampil kece setiap Hari dengan headphone berkualitas terbaik seri kedua dari Brand Bluedio. Headphone ini dilengkapi teknologi Aliran Vektor pada bagian Over Ear Pad bisa meredam suara bising yang ada di dalam / luar ruangan. Fitur penting lainya adalah teknologi ”Active Noise Cancelling” dengan fitur tersebut, headphone bisa mengeluarkan suara bass yang bulat dan mereduksi semua noise secara sempurna.

Bluedio Faith F2 merupakan headphone nirkabel yang memakai bluetooth wireless v. 4.0 sebagai konektifitasnya. Pada bagian tengah headphone terbuat dari bahan polister yang halus dengan balutan warna cerah membuat tampilan yang semakin elegan. Untuk varian warna, tersedia dalam 3 varian, yaitu : hitam, coklat, dan pink. Harga jual dari headphone ini dibendrol dengan kisaran harga Rp. 750.000 sampai Rp. 850.000 per unit.

  • Headphone Marshall Major Premium

Headphone Marshall Major Premium

Brand terbaru headphone preminum yang menawarkan sejumlah fitur terbaik dengan konektifitas bluetooth wireless v. 5.0. Headphone Marshall Major Premium tampil dalam desain yang stylish. Pada permukaan speakernya di hubungkan dengan komponen berbahan stainless dan dapat di atur posisinya.

Headphone Marshall Major Premiumini termasuk jenis Over Ear Pad, terbuat dari busa pilihan, sangat lembut dan nyaman  ketika dipakai. Fitur ”Active Noise Cancelling” dengan kualitas terbaik yang terpasang pada headphone, bahkan sering dipakai oleh musisi papan atas ketika berlaga di atas panggung hiburan. Setiap produknya dibendrol dengan kisaran harga Rp. 400.000 sampai Rp. 450.000 per headphone.

  • Bluedio T2 Turbine Hurricane

Bluedio T2 Turbine Hurricane

Produk ketiga dari Brand Bluedio Ini wajib dimiliki karena memiliki berbagai macam fitur langka. Bluedio T2 Turbine Hurricane memiliki sepesifikasi Yang diunggulkan pada produk ini diantaranya : dilengkapi dengan bluetooth wireles v. 4.1 + EDR, yang menimbulkan Kemampuan bluetooth bisa diakses hingga jarak 10 meter dan hadir dalam 4 varian warna : hitam, putih, merah dan biru.

Beberapa fitur lain penting lain seperti : Audio Line-in, bisa melakukan stream musik menggunakan bantuan koneksi internet yang terhubung  secara langsung ke perangkat headphone. Selain itu, headphone tersebut juga support terhadap VOIP, yaitu sebuah fitur yang menghubingkan pada live chat. Untuk masalah harga, Headphone Marshall Major Premium dibendrol pada kisaran Rp. 300.000 sampai Rp. 450.000 per produk.

  • Takstar HD2000

Takstar HD2000

Headphone Takstar HD2000  menawarkan sebuah produk yang menawarkan kenyamanan ekstra pada setiap orang yang menggunakanya. Headphone ini dibalut oleh busa berkualitas tinggi mulai dari permukaan speaker hingga  ke seluruh bagian tengahnya. Desainya bertemanakan Headworn dalam Frekuensi 10Hz sampai 30 kHz.

Satu hal yang unik, kedua speaker pada heradphone Takstar HD2000 bisa duputar hingga 180 derajat. Headphone ini mempunyai 2 buah fitur, yaitu : fitur pencampuran audio dan  fiitur pemantauan studio rekaman. Jenis Over Ear Pad, berfungsi menjaga kualitas audio agar dapat diputar secara stabil dan minim noise. Headphone Takstar HD2000  dibendrol dalam kisaran harga Rp. 200.000 sampai Rp. 350.000 per unit.

  • Remax Rm-100h

Remax Rm-100h

Sebuah peruahaan Brand Remax turut mempelopori produk headphone di pasaran alat elektronik. Perusahaan tersebut membuat sebuah headphone yang tidak hanya diguanakan untuk mendengarkan musik saja, namun headphone ini juga dapat dipakai untuk kegiatan komunikasi seperti live chat, telpon seluler, dan lain – lain. Headphone Remax Rm-100h temasuk jenis headphone kabel yang memiliki panjang kabel 120 cm. Dilengkapi dengan tombol volume & Mic, memudahkan saat pengoprasian pada smartphone.

Sebuah fitur yang tidak kalah penting  yaitu fitur ”Optimized Sound Quality” berfungsi untuk mengoptimalkan suara audio pada setiap file music atau video yang sedang diputar  agar terdengar stabil. Headphone ini sangat cocok dibawa kemana saja, karena ukuranya kecil dan memiliki engsel sehingga dapat dilipat. Logo Anywhere pada kedua speaker menjadi ciri khas pada setiap produk nya dan dibendrol pada kisaran antara Rp. 200.000 sampai Rp. 300.000 per produk.

  • Behringer HPM1000

Behringer HPM1000

Headphone multifungsi dengan desain futuristik untuk menunjang berbagai macam kegiatan seperti : mendengarkan musik dan mengolah vocal / instrumen lagu di studio musik. Headphone ini memiliki fitur ”Respons frekuensi Ultra wide” yang mempunyai fungsi penting saat mengindentifikasi berbagai macam komposisi nada. Kita dapat mengetahui frekuensi yang dihasilkan oleh file lagu bahkan sampai tingkat nada bass nya.

Heaphone Behringer HPM1000 telah banyak dipakai oleh beberapa studio musik dan banyak yang menyukainya. 2  buah speaker berbentuk oval dan dilengkapi kabel pada satu bagianya. Terntu memudahkan saat dioperasikan. Bagian tengahnya juga dibalut oleh busa silikon yang super lembut dan nyaman di genggam. Behringer HPM1000 dibendrol seharga Rp. 250.000 sampai Rp. 350.000 per unit.

  • Sony MDR XB550AP

Sony MDR XB550AP

Sony merupakan Brand elektronik yang sangat populer dan meraih berbagai macam penghargaan bergengsi sebagai Brand perusahaan degan berbagai macam produk eketronik. Salah satunya adalah headphone. Sony telah merilis beberapa produk headphone ber mutu terbaik di pasaran. Salah satu produknya adalah Sony MDR XB550AP. Headphone ini dilengkapi oleh sebuah remot yang berfungsi untuk mengatur semua fungsi headphone dalam satu tombol.

Fitur ”Extra Bass” dipasang pada headphone berfungsi sebagai alat untuk menambah frekuensi bass pada setiap audio yang diputar. Dijuluki Portable Headphone Amplifier dimana speakernya termasuk kedalam type Over Ear Pad. Hadir dengan 5 pilihan warna diantaranya : hitam, coklat, putih, biru, dan merah sangat disukai banyak penggemar gadget. Setiap produknya dilengkapi garansi resmi Sony selama 12 bulan dan dibendrol seharga Rp. 475.000 sampai Rp. 475.000 pada setiap produkya.

  • Headphone Bluetooth JBL BD

Headphone Bluetooth JBL BD

Headphone Bluetooth JBL BD merupakan produk terlaris saat pertama kali rilis. Telah tercatat sebanyak lebih dari 1000 penjualan di pasaran. Sangat menakjubkan. Dengan type Over Ear Pad, headphone ini  mengungulkan beberapa fitur terbaru diantaranya : fitur bluetooth wireless v. 4.0, fitur radio FM, dan fitur Support TF Card. Headphone ini dapat menjalankan fitur radio FM hanya dalam satu perangkat. 

Selain itu, kita dapat memasukan Memory Card untuk memutar lagu – lagu favorit. Headphone Bluetooth JBL BD support untuk semua alat elektronik terutama semua jenis smartphone dan komputer. Untuk masalah harga, Headphone Bluetooth JBL BD dibendrol antara  kisaran Rp199.900 sampai Rp199.900 per unit.

  • Asus ROG Delta RGB 

Asus ROG Delta RGB

Maksimalkan pengalaman bermain game dengan headphone gaming yang dilengkapi oleh fitur ESS ”Quad-DAC Hi-res” yang berfungsi menghasilkan suara Super HD dan meningkatkan performa suara saat bermain game. Headphone Asus ROG Delta RGB telah meraih gelar sebagai produk headphone gaming terbaik yang pernah dirilis. Dengan bobot hanya 400 gram, sangat ringan ketika dibawa kemana saja.

Tampilanya dibuat semakin megah dengan sebuah lampu yang membentuk logo mata sebagai ciri khasnya. Headphone ini banyak dipakai oleh para gamers player baik itu Smartphone, PC, Playstation, maupun XBOX. Bluetooth wireless v.5.0 dijadikan sebagai konektifitas utamanya. Headphone Asus ROG Delta RGB dibendrol dalam kisaran harga Rp. 3.170.000 sampai Rp. 3.170.000 per paketnya.

  • Sony ExtraBass S400BT

Sony Extra Bass S400BT

Setelah Sony sukses dengan headphone perdananya, mereka kembali merilis sebuah produk yang sangat inovatif. ExtraBass S400BT merupakan terobosan terbaru headphone yang memiliki fitur esxtra bass. Headphone memiliki fitur utama yaitu bisa menghasilkan kualitas suara yang keras dengan bas bulat dan treble nada seimbang.

Dengan konektifitas bluetooth wireless v. 4.0, dilengkapi  fitur radio FM, dan slot memori SD – Card yang bisa  dilipat. Untuk type nya  sendiri termasuk dalam type Over Ear Pad.Headphone ini juga hadir dalam desain yang keren menambah sensasi  fashionable saat dipakai, dengan 4 varian warna yang bisa dipilih sesuka hati yaitu : emas, perak, hijau, dan pink. Harga dari Sony ExtraBass S400BT berkisar antara Rp. 150.000 sampai Rp. 250.100 per unit.

 

Kesimpulan : Kumpulan Hadphone pada list tadi bisa menjadi rekomedasi saat mencari headphone karena telah teruji secara nyata dan benar termasuk headphone yang berkualitas terbaik. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tipsnya sehingga tidak akan timbul rasa kecewa atau barang tidak sesuai dengan ekspektasi.