optimasi website dengan fixed broken link

Pernahkah Anda mengunjungi situs web bisnis dan mengeklik tautan… hanya untuk menemukan bahwa itu tidak membawa Anda ke mana pun? Tautan rusak sangat menyebalkan untuk dihadapi sebagai pelanggan, terutama ketika Anda mencari informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan yang Anda minati. Tahukah Anda bahwa tautan rusak tidak hanya mengganggu pelanggan Anda tetapi juga mempengaruhi SEO Anda secara negatif?

Jika Anda menggunakan layanan hosting WordPress , Anda sudah memiliki akses ke alat untuk meningkatkan SEO Anda. Namun, Anda harus memberi perhatian khusus pada tautan yang rusak, sehingga Anda tidak membuat pengguna frustrasi dan berdampak negatif pada peringkat pencarian Anda. Temukan cara terbaik untuk menemukan tautan rusak di situs web bisnis WordPress Anda – dan perbaiki untuk selamanya.

Tautan rusak 101

Hal pertama yang pertama: apa sebenarnya tautan yang rusak itu? Pada dasarnya, ini seperti lift yang tidak bisa kemana-mana. Anda menjadi bersemangat untuk sampai ke lantai Anda, tetapi itu tidak bergeming. Tautan rusak adalah tautan yang tidak membawa Anda ke halaman yang dikatakannya akan dibuka, tetapi malah mengirimkan pesan halaman kesalahan 404 kepada Anda.

Ada dua jenis utama tautan rusak:

Tautan internal: Ini adalah tautan dari situs WordPress Anda ke halaman lain di situs WordPress Anda. Misalnya, tautan dari laman Beranda Anda ke laman Layanan Anda adalah tautan internal.

Tautan eksternal: Ini adalah tautan dari situs web WordPress Anda ke situs web lain. Misalnya, link dari halaman Produk Anda ke halaman Amazon adalah link eksternal.

Mengapa Anda perlu menemukan tautan rusak itu

Menemukan tautan rusak di situs Anda tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi ada tiga alasan utama Anda ingin memastikan Anda memperbaikinya:

Tautan rusak mengganggu prospek dan pelanggan Anda: Jika pelanggan mencari informasi atau mencoba melakukan pembelian dan mereka terus mendapatkan tautan rusak, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali ke situs Anda. Mereka akan menuju ke pesaing tempat mereka dapat melakukan pembelian dengan cepat.

Tautan rusak memengaruhi peringkat SEO Anda dengan Google : Saat pelanggan mencapai jalan buntu, mereka meninggalkan situs Anda. Ini meningkatkan rasio pentalan Anda, yang merupakan salah satu metrik yang dilacak Google untuk peringkat pencarian Anda.

Misalnya ada link yang broken untuk kata kunci “Jual Baju Online“, maka anda harus menelusuri kesalahan tersebut dan memperbaikinya agar tidak merusak kinerja SEO anda.

Google akan menganggap orang-orang meninggalkan situs Anda karena mereka tidak menemukan informasi yang mereka cari, jadi mereka akan menurunkan situs web Anda dalam hasil pencarian mereka. Tautan rusak juga memengaruhi kemampuan laman Anda untuk diindeks. Google Spider tidak akan mengindeks halaman tautan yang rusak, yang menghalangi hasil pencarian Anda.

Tautan yang rusak membuat Anda kehilangan uang : Ini adalah kebenaran yang dingin dan sulit. Jika pelanggan tidak bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan di situs Anda, mereka tidak akan membeli dari Anda. Dan jika Google menganggap situs web Anda tidak berguna, itu tidak akan mencantumkannya sebagai hasil pencarian teratas untuk prospek. Ini adalah situasi rugi-rugi – kecuali Anda memperbaiki tautan yang rusak itu!

Berbagai cara untuk menghapus tautan rusak Anda

Jika Anda memiliki situs WordPress kecil dengan hanya beberapa halaman dan tidak banyak tautan eksternal, Anda dapat memeriksanya secara manual. Ini akan melibatkan mengklik semua tautan Anda untuk memastikannya berfungsi. (Lihat Cara Menghapus Tautan Rusak untuk detail lebih lanjut tentang itu.)

Namun, memeriksa sesuatu secara manual membutuhkan banyak waktu, terutama karena Anda idealnya harus memantau tautan rusak Anda setiap kali Anda membuat pembaruan situs. Dengan cara ini, Anda bisa yakin semuanya berjalan sebagaimana mestinya. Jika Anda tidak memiliki waktu berjam-jam untuk memeriksa tautan yang rusak, ada beberapa plugin dan opsi berbasis web yang dapat Anda coba, yang melakukan sebagian besar

Pemeriksa Tautan Rusak WordPress

Ini WordPress Patah Link Checker Plugin monitor dan tes semua link internal dan eksternal Anda. Itu melewati semua halaman Anda, posting, komentar, blog, dan bidang kustom, jadi tidak ada yang dibiarkan tidak dicentang. Jika menemukan tautan yang rusak, itu mengirimi Anda pemberitahuan. Anda kemudian mengedit tautan rusak dari plugin, jadi Anda tidak perlu memperbarui setiap halaman secara manual. Mudah digunakan dan sangat dapat dikonfigurasi.

Google Search Console

Sasaran Google Search Console adalah membantu Anda meningkatkan kinerja situs web Anda di penelusuran Google. Untuk melakukan itu, ini memungkinkan Anda menemukan dan memecahkan masalah tautan yang rusak. Google Search Console mencakup banyak fitur berbeda, salah satunya adalah pemeriksa tautan rusak.

Itu merayapi situs WordPress Anda dan kemudian memberi Anda laporan dengan semua laman kesalahan 404 Anda. Anda kemudian memperbaiki tautan yang rusak itu dan membantu situs web Anda naik melalui peringkat pencarian lagi.

Untuk anda yang sudah melakukan blogging, tentu saja isu tentang broken link ini sudah tidak asing. Tapi, perlu diketahui oleh para blogger pemula.

Alat Audit Ahrefs

Jika Anda tertarik dengan alat berbasis web daripada plugin, salah satu opsi terbaik Anda adalah Ahrefs . Secara otomatis memindai situs WordPress Anda untuk mencari kesalahan. Alat Audit Situs sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu membuat akun, lalu mengetik URL situs web Anda. Ahrefs memindai situs Anda secara mendetail, yang terkadang membutuhkan waktu sekitar 20 menit, bergantung pada situs Anda. Anda akan menerima laporan dari semua kesalahan 404 Anda, sehingga Anda dapat masuk dan membuat perubahan yang Anda butuhkan.

Katak Berteriak

Jika Anda tertarik dengan perangkat lunak desktop, maka Screaming Frog adalah pilihan yang bagus. Perangkat lunak ini adalah alat SEO yang dirancang untuk menemukan tautan rusak. Setelah diinstal di komputer Anda, Anda menambahkan URL situs WordPress Anda. Filter 404 halaman untuk melihat link rusak mana yang Anda miliki. Screaming Frog bekerja dengan Windows, macOS, dan Ubuntu. Bonus: ada opsi gratis.

6 Tips SEO Sederhana Untuk Bisnis Kecil

Kontrol kualitas

Jika Anda menginginkan solusi lengkap untuk memperbaiki sejumlah kesalahan yang berbeda, selain tautan rusak, di situs WordPress Anda, QualityControl adalah pilihan yang baik. Ini memindai situs Anda dan menemukan tautan internal dan eksternal yang rusak. Ini juga membantu Anda mendeteksi teks alt yang hilang untuk gambar Anda, yang merupakan cara lain untuk meningkatkan SEO. Tidak hanya itu, ia juga menemukan konten yang sulit dibaca di situs Anda sehingga Anda dapat membuatnya lebih dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas.

NetSpeak Spider

NetSpeak Spider adalah opsi desktop luar biasa lainnya untuk memeriksa beberapa masalah dengan cepat dan melakukan analisis sistematis terhadap situs WordPress Anda. Ini memungkinkan Anda menemukan tautan rusak, pengalihan rusak, dan banyak masalah lainnya. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk menemukan gambar yang rusak dan konten duplikat. Jika Anda tidak ingin itu merayapi seluruh situs web Anda, Anda dapat menyesuaikannya.

Pemeriksa Tautan W3C

Jika Anda menginginkan solusi yang cepat dan gratis untuk menemukan tautan rusak, lihat Pemeriksa W3C . Solusi berbasis cloud, W3C Checker sangat mudah digunakan. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan URL Anda – itu kemudian memindai situs web Anda dan memberi tahu Anda jika Anda memiliki tautan yang rusak. Anda akan mendapatkan daftar tautan rusak dan kesalahan lainnya hanya dalam beberapa menit, dengan detail di mana menemukannya. Anda kemudian harus pergi ke WordPress dan melakukan koreksi secara manual.

Tingkatkan SEO Anda dengan memperbaiki tautan rusak Anda

Ingat, tautan yang rusak tidak ada gunanya bagi siapa pun. Mereka tidak hanya mengganggu dan membuat frustrasi pengunjung situs web manusia Anda, tetapi mereka juga tidak disukai oleh pengunjung Google Anda. Pastikan peringkat mesin pencari situs web bisnis Anda tidak mengalami tautan rusak.

Setiap kali Anda membuat pembaruan situs, gunakan alat pemeriksa tautan rusak untuk memindai situs web Anda. Meskipun Anda belum mengubah tautan atau menambahkan yang baru, beberapa mungkin telah diedit secara tidak sengaja. Ini dapat menyebabkan tautan rusak yang tidak Anda sadari. Sisihkan beberapa menit setelah setiap pembaruan situs dan biarkan pemeriksa tautan yang rusak melakukan pekerjaan berat untuk Anda.

Lagi pula, beberapa menit yang dihabiskan untuk memeriksa dan memperbaiki tautan yang rusak berarti pengunjung situs web Anda dan Google akan senang – yang akan memengaruhi pendapatan Anda dalam jangka panjang.